Home » » 5 Tips Traveling Sehat Selama Bulan Puasa

5 Tips Traveling Sehat Selama Bulan Puasa

Posted by Flash Droid Pedia on Thursday, May 24, 2018

doktersehat traveling saat puasa
photo credit: Pexels by Riccardo

DokterSehat.Com – Sebagian besar orang selalu menganggap puasa adalah halangan untuk bisa lebih aktif. Padahal, dengan berpuasa pun tubuh tetap sehat dan bisa aktif melakukan apa saja.

Puasa bukan halangan untuk melakukan berbagai aktivitas seru dan menantang seperti traveling. Anda masih bisa melakukan aktivitas itu dengan baik, tapi dengan beberapa syarat.

Nah, kalau Anda tahu seperti apa syarat yang bisa dilakukan agar saat pelesir, tubuh tetap sehat, kuat, dan puasanya bisa pol. Simak beberapa tips traveling saat menjalankan puasa di bawah ini dengan saksama ya.

  1. Memilih lokasi yang tepat

Sebelum Anda memutuskan untuk pelesir saat puasa, ada beberapa hal yang harus Anda sadari dan pahami. Saat puasa asupan nutrisi akan turun khususnya siang hari saat kita tidak makan dan minum selama 13 jam lebih.

Asupan nutrisi yang kurang ini tentu bisa menurunkan energi dan stamina. Anda bisa cepat lelah dengan perjalanan yang tidak terlalu berat.

Kalau tubuh tidak kuat saat melakukan penjelajahan, Anda bisa saja pingsan atau lemas. Kondisi ini tentu tidak menguntungkan karena rencana perjalanan bisa gagal total.

Sebelum melakukan perjalanan coba pilih lokasi ya g tepat. Kalau kita sedang lemas tidak mungkin melakukan trekking ke gunung. Selanjutnya Anda juga tidak mungkin ke pantai untuk berpanas-panasan dan tubuh jadi dehidrasi.

  1. Sahur yang cukup

Saat sedang sahur, makanlah yang cukup dan usahakan nutrisinya yang lengkap. Jangan hanya minum air putih saja karena melakukan sahur on the road.

Kalau ingin traveling dengan lancar, penuhi semua nutrisi yang dibutuhkan mulai dari lemak, protein, dan karbohidrat. Sebisa mungkin makan sahurnya tetap menggunakan kaidah empat sehat lima sempurna.

Energi yang besar di dalam tubuh akan membuat Anda jadi kuat. Bahkan meski harus berjalan di bawah terik matahari pun puasa masih bisa berjalan dengan lancar.

  1. Minum air yang cukup

Minum air putih yang cukup setiap harinya khususnya menjelang keberangkatan. Saat sahur pastikan untuk minum sebanyak 3-4 gelas air putih tanpa terlewat.

Saat traveling Anda akan banyak berada di luar rumah. Tubuh akan sering terpapar matahari sehingga minum yang cukup akan membuat Anda lebih kuat dan tidak gampang lemas.

Kalau Anda hanya minum seperlunya saja saat sedang sahur, tubuh akan lemas. Kondisi ini akan menyulitkan Anda dalam melakukan penjelajahan. Bahkan, semakin Anda memaksakan diri tubuh bisa semakin tidak kuat.

Begitu waktu berbuka puasa tiba segera minum air putih 1-2 gelas sebelum makan yang lain. Usahakan di dalam tas ada air mineral meski Anda tidak menenggaknya saat siang.

  1. Membawa makanan penambah energi

Saat sedang melancong bisa saja Anda kesulitan mendapatkan tempat makan. Agar tubuh bisa segera mendapatkan asupan nutrisi, usahakan untuk membawa camilan kecil yang bisa mengisi tenaga secara instan.

Anda bisa membawa biskuit yang memiliki rasa manis atau kurma. Dengan dua makanan di atas, Anda bisa segera mengganjal perut sebelum akhirnya makan besar.

  1. Konsumsi suplemen

Kalau ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan kuat, jangan lupakan suplemen. Anda bisa mengonsumsi suplemen seperti tablet vitamin atau susu protein yang bisa diserap oleh tubuh dengan cepat.

Dengan tambahan suplemen ini aktivitas traveling yang Anda lakukan bisa berjalan dengan lancar. Bahkan, puasa tetap dilakukan dengan lancar mulai awal sampai akhir.

Nah, pada momen puasa tahun ini, Anda lebih suka di rumah saja atau keluar untuk pelesir meski hanya kecil-kecilan?


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}