Home » » 11 Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh

11 Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh

Posted by Flash Droid Pedia on Tuesday, November 13, 2018

manfaat-markisa-doktersehat

DokterSehat.Com – Apakah Anda termasuk penggemar buah markisa? Buah yang dikonsumsi bersama dengan bijinya ini merupakan buah yang tidak asing  lagi di Indonesia. Buah markisa mudah ditemukan dan sering diolah menjadi berbagai makanan atau minuman. Selain memiliki rasa yang lezat dan menyegarkan, ternyata terdapat beberapa manfaat markisa untuk kesehatan yang sayang sekali untuk dilewatkan!

Kandungan Markisa

Markisa terdiri dari beberapa jenis, yang paling umum ditemukan di Indonesia adalah markisa kuning (Passiflora edulis) dan markisa kuning (Passiflora flavicarpa). Markisa ungu memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan markisa kuning, tetapi rasanya biasanya markisa ungu memiliki rasa yang lebih manis.

Markisa memiliki kandungan nutrisi seperti serat, vitamin C, vitamin A, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, kalsium, tembaga, selenium, dan zinc. Buah ini juga memiliki kandungan vitamin B kompleks dan vitamin E meskipun dalam jumlah sedikit. Markisa termasuk ke dalam buah rendah kalori karena hanya mengandung rata-rata 17 kalori dalam setiap buahnya. Kandungan senyawa lain yang ada dalam markisa adalah seperti karotenoid dan polifenol.

Manfaat Markisa

Kandungan nutrisi dalam satu buah markisa memang hanya memenuhi sebagian kecil nutrisi harian. Meskipun begitu, markisa tetap masuk ke dalam kategori buah yang sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari demi terpenuhinya nutrisi tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin, berikut adalah manfaat markisa yang bisa Anda dapatkan:

1. Mencegah dan mengatasi diabetes

Manfaat markisa yang pertama adalah dapat mencegah diabetes. Konsumsi buah dan makanan lain yang rendah GI (glycemic index) dan mengandung serat yang tinggi sangat penting untuk mencegah diabetes. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa serat dalam markisa membuat buah ini cocok untuk diet penderita diabetes karena adanya efek hipoglikemik atau penurunan gula darah.

2. Menurunkan kolesterol

Manfaat markisa yang kedua adalah dapat menurunkan kolesterol. Orang yang memiliki kondisi gula darah tinggi umumnya akan memiliki kadar kolestrol HDL yang rendah dan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat dan trigliserida lebih tinggi. Gula darah yang tinggi memaksa tubuh untuk memproduksi insulin lebih banyak sehingga kadar kolesterol LDL dan trigliserida juga meningkat. Markisa dapat memberikan efek hipoglikemik sehingga tubuh tidak harus meningkatkan produksi insulin.

3. Penambah darah

Manfaat markisa selanjutnya adalah sebagai buah penambah darah. Kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan anemia yang umumnya ditandai dengan gejala seperti kelelahan, kulit pucat, dan pusing. Kandungan mineral seperti kalium, tembaga, dan zat besi dalam markisa dapat menjaga produksi sel darah merah agar gejala anemia dapat ditasi.

4. Menjaga tekanan darah

Selain dapat meningkatkan produksi sel darah merah, markisa juga dapat menjaga tekanan darah. Kalium yang terkandung dalam buah markisa dapat membantu relaksasi aliran darah dan meningkatkan aliran darah. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa markisa baik digunakan untuk terapi menurunkan tekanan darah.

5. Menjaga kesehatan jantung

Melihat dari manfaat markisa yang sudah disebutkan di atas, dapat dikatakan juga bahwa markisa merupakan buah yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Tingginya tekanan darah dan terhambatnya sirkulasi darah merupakan salah satu penyebab dari terganggunya kerja jantung.

Tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah juga sangat berpotensi untuk membentuk plak yang akan menghambat pembuluh darah. Sehingga jika Anda terhindar dari masalah seperti diabetes, kolesterol tinggi, dan juga hipertensi, maka risiko dari berbagai penyakit kardiovaskular juga akan menurun.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat markisa selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan penceraan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa buah markisa merupakan sumber serat yang baik. Kandungan serat dalam markisa akan membantu untuk melancarkan pencernaan dan juga mencegah konstipasi atau sembelit.

7. Cocok untuk menurunkan berat badan

Kandungan serat dalam markisa tidak hanya membuat markisa dapat menjaga kesehatan pencernaan, tetapi juga menjadikan markisa sebagai buah yang cocok untuk menurunkan berat badan. Meskipun belum terdapat studi ilmiah secara langsung pada efek markisa untuk menurunkan berat badan, tetapi memasukkan markisa ke dalam menu diet tetap patut dicoba karena memang konsumsi buah sengat direkomendasikan bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan.

8. Menjaga saluran pernapasan

Selain memiliki manfaat untuk saluran pencernaan, manfat markisa selanjutnya adalah untuk menjaga saluran pernapasan. Kandungan antioksidan seperti karotenoid dan polifenol dalam markisa membuat buah ini dapat memberikan efek positif pada saluran pernapasan. Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak kulit markisa diketahui dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pengobatan untuk asma.

9. Mencegah kanker

Manfaat markisa selanjutnya yang tidak dapat dilewatkan adalah dapat mencegah kanker. Tentunya manfaat ini didapatkan dari kandungan antioksidan tinggi dalam markisa. Zat antioksidan dalam markisa akan melindungi Anda dari serangan radikal bebas dan mencegah terjadinya kerusakan sel dalam tubuh.

10. Baik untuk kesehatan tulang dan sendi

Markisa memiliki kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, dan juga fosfor. Mineral-mineral tersebut merupakan mineral yang dapat menjaga kesehatan tulang. Jika mineral yang dibutuhkan oleh tulang terpenuhi kebutuhannya akan menurunkan risiko tulang keropos atau osteoporosis. Ekstrak kulit buah markisa juga diketahui mampu untuk menajadi agen antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi gejala radang sendi.

11. Mengatasi gangguan tidur

Gangguan tidur atau insomnia dapat disebabkan oleh beberapa sebab. Dibandingkan dengan menggunakan obat tidur yang mungkin dapat menimbulkan efek samping, lebih baik untuk mengonsumsi makanan tertentu yang dapat memberikan efek sedatif atau menenangkan bagi tubuh.

Anda bisa mengonsumsi buah atau jus markisa di malam hari untuk membantu lebih rileks dan agar mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Markisa juga dipercaya dapat membantu mengatasi gangguan kesemasan.

12. Meningkatkan sistem imun

Menurunnnya sistem imun akan menyebabkan seseorang jadi mudah terserang penyakit. Kandungan polifenol, karoten, dan vitamin C dalam markisa dapat bertindak sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Markisa juga memiliki sifat antiinflamasi sehingga baik digunakan untuk mencegah infeksi dalam tubuh.

13. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat markisa yang terakhir adalah menjaga kesehatan kulit. Markisa yang kaya akan antioksidan dan juga dapat melancarkan peredaran darah menjadi buah yang tidak hanya diambil manfaatnya untuk kesehatan tetapi juga untuk kecantikan.

Markisa dipercaya dapat meningkatkan kompleksitas kulit dan juga menghindarkan kulit dari berbagai masalah seperti penuaan dini, kulit kering, dan jerawat. Selain itu perawatan kulit secara rutin dengan markisa dapat mencerahkan serta mengancangkan kulit.

Cara Mengonsumsi Markisa

Markisa bisa dikonsumsi dengan berbagai cara mulai dari dikonsumsi langsung, diolah menjadi jus, maupun dicampurkan pada salad maupun yogurt. Sedangkan untuk mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan kulit, markisa bisa dimakan atau dapat juga dijadikan sebagai masker wajah.

Sebelum konsumsi buah markisa, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan seperti kemungkinan munculnya alergi, karena markisa merupakan buah yang berpotensi menimbulkan alergi meskipun kasusnya juga jarang ditemui. Jika timbul gejala alergi, segera hentikan konsumsi buah ini. Anda juga sebaiknya mengonsumsi markisa secukupnya saja dan tidak berlebihan agar Anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi lainnya melalui makanan lainnya.

Beberapa manfaat markisa di atas belum memiliki bukti ilmiah, sehingga tidak dapat dipastikan hasilnya. Manfaat yang dirasakan setiap orang juga mungkin berbeda-beda, sehingga tidak bisa dijadikan sebagai ukuran. Meskipun begitu, markisa tetap menjadi buah bernutrisi yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}