Home » » Cara Mudah Obati Tangan Kram dan Kesemutan

Cara Mudah Obati Tangan Kram dan Kesemutan

Posted by Flash Droid Pedia on Tuesday, November 13, 2018

Doktersehat-tangan-kebas

DokterSehat.Com – Kesemutan bisa menyerang beberapa bagian tangan, di antaranya pada pergelangan tangan, ibu jari, jari terunjuk, dan jari tengah. Apabila kondisi tersebut tidak segera ditangani dengan obat tangan kesemutan, otot pada telapak tangan sisi ibu jari akan mengecil. Panas atau nyeri (terutama ketika malam), sering disertai kesemutan.

Keluhan nyeri terjadi pada lengan bawah dan siku, terkadang juga di area bahu. Rasa nyeri itu biasanya sedikit berkurang, apabila penderita memijat atau mengistirahatkan tangan dengan meletakkannya pada posisi yang lebih tinggi.

Siapa yang berisiko mengalami tangan kram?

Kesemutan pada jari-jari tangan sering dialami oleh siapa saja saat ini, tidak memandang jenis kelamin dan pekerjaan, mulai dari wartawan, mekanik sampai ibu rumah tangga. Carpal tunnel syndrome (CTS) dalam bahasa Indonesia disebut sindrom terowongan karpal adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh terjepitnya saraf medianus di daerah pergelangan tangan.

Penyebab Tangan Kram

Sebelum lebih lanjut apa obat tradisional kesemutan tangan kanan, ketahui apa saja penyebab kram tangan.

Penyebab kram tangan mungkin termasuk:

  • Ketidakseimbangan elektrolit
  • Dehidrasi
  • Latihan dalam suhu tinggi
  • Cedera berlebihan
  • Sindrom tangan kaku diabetik
  • Radang sendi

Dalam keadaan biasa, kontraksi otot adalah hasil dari proses normal di dalam tubuh termasuk komunikasi antara otak, sumsum tulang belakang, dan otot-otot.

Bahan kimia dan protein tertentu juga terlibat dalam kontraksi otot normal dan bertanggung jawab untuk pemendekan dan relaksasi serat otot.

Otak bertanggung jawab untuk memberi sinyal pada otot untuk berkontraksi melalui proses sinyal listrik dan pelepasan kimia.

Selama proses kontraksi otot, sinyal otak dikirim melalui sumsum tulang belakang dan langsung ke otot. Bahan kimia dan protein berinteraksi di dalam otot menyebabkan pemendekan dan relaksasi otot.

Ketika ada gangguan abnormal dalam proses kontraksi otot ini, kejang otot dan kram dapat terjadi. Seringkali, rasa sakit ini sembuh sendiri dalam beberapa menit.

Otot berkedut juga bisa menyertai kejang otot atau kram dan dapat hadir selama periode istirahat atau dalam waktu setelah kontraksi otot.

Baca juga: Tangan Sering Kesemutan? Jangan Abaikan!

Tips Mengobati Kram Tangan

Jika Anda mengalami kram tangan kanan atau kesemutan jari-jari tangan, berikut 8 cara mengatasi tangan kesemutan atau kram:

1. Istirahatkan tangan

Obat kesemutan tangan yang pertama, biarkan tangan Anda beristirahat selama 15 menit saat jari-jari tangan Anda mulai terasa kram atau kaku, memaksa jari tangan Anda untuk terus bekerja saat kram atau kesemutan sudah terasa hanya akan memperburuk kondisi Anda.

2. Regangkan tangan

Lakukan peregangan di jari-jari tangan, tingkatkan fleksibilitas otot-otot di tangan Anda. Salah satu caranya adalah dengan menekankan telapak tangan ke lantai, lalu gunakan jari telunjuk tangan satunya untuk mengangkat satu per satu jari di tangan yang satunya. Tahan selama lima detik untuk setiap jari.

3. Banyak minum air putih

Obat kesemutan tangan hanya dengan minum banyak air putih. Saat tubuh Anda kekurangan cairan, otot-otot tangan akan mudah terasa kram dan kesemutan.

4. Membunyikan ruas jari

Bunyikan ruas-ruas jari Anda. Meskipun kebiasaan ini sangat tidak direkomendasikan, tetapi ada fakta yang menunjukkan bahwa mobilitas sendi Anda bisa meningkat setelah Anda membunyikan ruas-ruas jari tangan Anda.

5. Gunakan obat kram tangan

Gunakan atau oleskan resep obat kram tangan atau rasa sakit jika rasa kram dan kesemutan di jari-jari Anda tidak juga reda.

6. Asupan magnesium

Cara mengatasi tangan kesemutan berikutnya meningkatkan asupan magnesium dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran hijau, polong-polongan, dan biji-bijian utuh. Minumlah suplemen magnesium (atau magnesium dan kalsium). Jika Anda mengalami sakit perut, cobalah magnesium chelate, yang lebih mudah dicerna.

7. Olahraga

Pertahankan kadar glukosa darah yang tepat, dan cobalah latihan untuk memperkuat tangan dan membuatnya tetap lentur, seperti melempar bola. Dokter Anda mungkin juga meresepkan terapi fisik.

8. Hubungi dokter jika kram sulit diobati

Bila kram tangan dan kesemutan tidak juga sembuh selama berhari-hari, jangan ragu untuk menghubungi dokter.

Baca juga: Tangan Sering Kesemutan, Waspada Gejala Carpal Tunnel Syndrome

Obat Kram Tangan Alami

Obat kram tangan alami dapat membantu meringankan gejala, di antaranya:

  • Menghentikan aktivitas apa pun yang menyebabkan tangan kram
  • Peregangan otot
  • Memijat atau menggosok otot
  • Kompres dengan air panas atau dingin
  • Meningkatkan asupan cairan

Seperti halnya kondisi medis, evaluasi dan perawatan oleh dokter dianjurkan untuk mengobati penyebab yang mendasari kondisi tersebut. Seorang dokter juga dapat memberikan rekomendasi untuk perawatan berdasarkan riwayat kesehatan dan kesehatan individu seseorang.

Dalam kebanyakan kasus kram tangan, penyebabnya ringan dan tidak mengancam jiwa. Namun, ada beberapa kasus di mana kram tangan disebabkan oleh sesuatu yang lebih parah, seperti penyakit Lou Gehrig, iritasi saraf, atau penyakit dan kondisi lainnya.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Tangan Kesemutan Bisa Jadi Menandakan Hal Ini

Pencegahan Kram Tangan

Pencegahan tangan kram tergantung pada penyebab kondisi tersebut. Sebagai contoh, jika dehidrasi setelah latihan intens di bawah paparan panas matahati yang berlebihan menyebabkan tangan kram, pertimbangkan untuk berolahraga dalam suhu yang lebih dingin dan tetap terhidrasi. Beri waktu untuk jari-jari tangan beristirahat selama beberapa menit sekali ketika bekerja.

Cara lain untuk mencegah tangan kram meliputi:

  • Peregangan cukup
  • Menghindari dehidrasi
  • Latihan penguatan otot
  • Melakukan latihan ringan, seperti bersepeda, berenang, atau berjalan
  • Menggunakan alat-alat tangan yang benar untuk menghindari mengerahkan kekuatan yang berlebihan.

Dokter akan merekomendasikan untuk mencegah kram tangan tergantung pada penyebab spesifik. Kondisi yang mendasari harus ditangani oleh profesional kesehatan yang berkualifikasi.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}