Home » » Pria Gay dan Biseksual Berisiko 6 Kanker Ini

Pria Gay dan Biseksual Berisiko 6 Kanker Ini

Posted by Flash Droid Pedia on Wednesday, September 12, 2018

penyakit-gay-doktersehat_1111042631

DokterSehat.Com– Gay adalah istilah yang digunakan merujuk pada seorang homoseksual atau sifat homoseksual. Istilah ini awalnya untuk mengungkapkan perasaan “bebas atau tidak terikat”, “bahagia” atau “cerah dan menyolok.”

Berbeda dengan biseksual adalah ketertarikan seksual atau perilaku seksual terhadap laki-laki dan perempuan, atau ketertarikan seksual kepada orang-orang dari segala jenis kelamin atau identitas gender; aspek terakhir ini kadang-kadang disebut sebagai pansexuality.

Sementara LGBT adalah akronim dari lesbian, gay, biseksual, dan transgender. Istilah LGBT digunakan semenjak 1990-an dan menggantikan frasa komunitas gay karena istilah ini lebih mewakili kelompok-kelompok yang telah disebutkan, seperti dilansir Wikipedia.

Gay dan biseksual ternyata juga tidak luput dari penyakit seksual berbahaya, seperti kanker. Jenis kanker yang paling umum di antara pria gay dan biseksual seperti di Amerika Serikat adalah kanker prostat, paru-paru, usus besar, dan kulit. Kanker dubur dan testis juga ditemukan pada pria.

Risiko Kanker pada Pria Gay dan Biseksual

Brikut ini jenis penyakit kanker yang paling berisiko bagi pria gay dan biseksual, seperti dilansir cancer.org:

1. Kanker prostat

Kebanyakan kanker prostat terjadi pada pria yang lebih tua dari 50 tahun. Seperti pria Afrika Amerika lebih cenderung mengembangkan kanker prostat daripada pria dari ras lain. Memiliki satu atau lebih kerabat dekat dengan kanker prostat juga meningkatkan risiko seorang pria.

Baca juga: Pakar: Penyakit Ini Muncul Gara-Gara LGBT Semakin Marak

2. Kanker paru-paru

Orang yang merokok memiliki risiko terbesar terkena kanker paru-paru. Bukti saat ini menunjukkan bahwa laki-laki gay dan biseksual jauh lebih mungkin merokok daripada laki-laki heteroseksual. Merokok bertanggung jawab untuk 80% dari semua kematian kanker paru-paru di AS. Merokok juga terkait dengan banyak jenis kanker lainnya dan menyebabkan penyakit terkait tembakau lainnya, juga, seperti penyakit jantung, bronkitis, stroke, dan emfisema.

Penelitian lebih lanjut telah menunjukkan bahwa merokok secara signifikan mengurangi harapan hidup laki-laki HIV-positif yang memiliki virus di bawah kontrol

Merokok biasa terjadi di bar dan klub di mana pria gay dan biseksual dapat bersosialisasi. Bahkan jika Anda tidak merokok, paparan ini meningkatkan risiko kanker paru-paru dan penyakit lain yang disebabkan oleh asap rokok orang lain.

3. Kanker usus besar

Sebagian besar kanker usus besar atau nama lainnya kolorektal, ditemukan pada orang yang berusia 50 tahun atau lebih tua. Orang dengan riwayat pribadi atau keluarga dari penyakit, polip usus besar atau rektum, penyakit radang usus, atau diabetes tipe 2 memiliki risiko yang lebih besar. Kelebihan berat badan, makan makanan tinggi daging merah dan diproses, penggunaan alkohol berat, merokok, dan perokok pasif yang terpapar asap rokok juga meningkatkan risiko.

4. Kanker kulit

Siapa pun bisa terkena kanker kulit, meskipun itu lebih sering terjadi pada orang-orang yang menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari. Orang-orang dengan kulit yang cerah, terutama mereka yang berambut pirang atau merah, memiliki risiko lebih besar daripada orang-orang dengan pewarnaan yang lebih gelap. Mereka yang memiliki sistem kekebalan yang lemah atau anggota keluarga dekat dengan kanker kulit juga berisiko tinggi untuk kanker kulit.

5. Kanker dubur

Infeksi dengan human papilloma virus (HPV) meningkatkan risiko kanker dubur. Risiko HPV meningkat dengan melakukan seks anal dan memiliki banyak pasangan seks. Merokok juga meningkatkan risiko Anda terkena kanker ini. Faktor risiko lain adalah sistem kekebalan tubuh yang lemah karena infeksi HIV atau faktor lainnya.

6. Kanker testis

Sekitar setengah dari kanker testis terjadi pada pria antara usia 20 dan 34. Pria kulit putih memiliki risiko lebih tinggi daripada pria dari ras lain. Salah satu faktor risiko utama untuk kanker testis adalah suatu kondisi yang disebut cryptorchidism, atau testis tidak turun. Riwayat kanker testis dalam keluarga juga meningkatkan risiko seorang pria. Beberapa bukti menunjukkan bahwa laki-laki dengan HIV, terutama mereka penderita AIDS, memiliki risiko yang lebih besar.

Baca juga: Biseksual: Pengertian, Ciri, dan Penyebab

Komunitas LGBT memiliki risiko yang lebih tinggi dari banyak faktor risiko yang terkait dengan kanker. Ubahlah kebiasaan yang Anda bisa, dan berikan motivasi pada orang-orang yang Anda sayangi untuk melakukan pencegahan, seperti berikut ini:

  • Berhentilah merokok atau jauhi asap rokok orang lain.
  • Kontrol atau jaga berat badan yang sehat.
  • Batasi minum alkohol per hari

Ini adalah beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan untuk menjadi sehat dan membantu mencegah kanker:

  • Makan makanan sehat seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran.
  • Aktif secara fisik.
  • Batasi perilaku yang tidak aktif seperti duduk, berbaring, menonton TV, dan bentuk hiburan berbasis layar lainnya.

Penting juga untuk cek kesehatan ke rumah sakit secara teratur. Pelajari tentang manfaat dan keterbatasan pengujian untuk kanker secara dini, kemudian dapatkan tes yang tepat untuk Anda. Ingat, deteksi dini – temukan kanker saat kecil, sebelum Anda memiliki gejala, dan sebelum menyebar – memberi Anda kesempatan terbaik untuk mendapatkan perawatan yang berhasil.

_

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!

*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}