Home » » Buscopan Plus – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Buscopan Plus – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Posted by Flash Droid Pedia on Wednesday, September 12, 2018

efek-samping-buscopan-plus-doktersehat
Photo source: Ilmediconline.it

DokterSehat.Com – Buscopan plus obat apa? Buscopan plus adalah obat komersial yang digunakan pada kelas terapi antimuskarinik yang mengandung hiosin butilbromida dan parasetamol. Obat buscopan plus biasa dipakai untuk mengatasi kram perut dan kram menstruasi.

Baca lebih lanjut untuk mengetahui lebih lanjut tentang indikasi buscopan plus, kontraindikasi buscopan plus, bentuk sediaan buscopan plus, manfaat buscopan plus, dosis buscopan plus, dan efek samping buscopan plus.

  • Nama: Buscopan plus
  • Kelas Terapi: Antimuskarinik
  • Monografi Obat: Hiosin Butilbromida + Parasetamol
  • Nama Dagang Lain: Scopamin Plus, Buscotica, Scopma, Dormi, Sercopan, Compositum, Spashi, Gitas, Spashi, Hiopar, Spaslic, Hyomida, Spasmacine, Spasmid, Hyorex, Spasmolit, Hyscopan, Stomica, Kolicgon, Midaz, Parios, Truscine, Procolic,Vellios

Indikasi Buscopan Plus

Obat buscopan plus bisa diberikan kepada pasien atau konsumen yang menderita gangguan saluran cerna dan saluran kemih. Gangguan tersebut biasanya ditandai dengan spasmus otot polos.

Orang yang menderita penyakit lambung atau usus halus biasanya mengalami nyeri paroksismal. Para penderita penyakit tersebut bisa diberikan obat buscopan plus secara oral sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Pada wanita yang mengalami kram haid atau dismenore memiliki indikasi untuk menggunakan obat buscopan plus. Pada pasien atau konsumen yang memiliki kerusakan fungsi traktus biliaris bisa diberikan obat buscopan plus.

Kontraindikasi Buscopan Plus

Anda perlu mencermati informasi terkait kontraindikasi dari obat buscopan plus. Pemberian obat buscopan plus sebaiknya dihindari kepada pasien atau konsumen yang mengalami porfiria. Janganlah meminum obat buscopan plus bila Anda menderita porfiria.

Obat buscopan plus yang merupakan kelompok obat antimuskarinik juga dihindarkan untuk orang-orang yang memiliki angle-closure glaucoma. Selain itu, pada penderita miastenia gravis, stenosis pilorik, ileus paralitik, dan yang mengalami pembesaran prostat jangan menggunakan terapi obat buscopan plus.

Para pasien atau konsumen yang memiliki gangguan pada fungsi hati juga sebaiknya tidak menggunakan obat buscopan plus. Begitu pun dengan orang yang memiliki kelainan hepotoselular tingkat berat. Hal ini bisa membahayakan keselamatan jiwa.

Bentuk Sediaan Buscopan Plus

Obat buscopan plus yang beredar di pasaran memiliki bentuk sediaan dalam bentuk tablet salut selaput. Pada bentuk sediaan tersebut mengandung hiosin butilbromida sebanyak 10 mg dan parasetamol sebanyak 500 mg.

Manfaat Buscopan Plus

Obat buscopan plus memiliki beberapa manfaat terkait saluran pencernaan dan terkait organ wanita. Manfaat buscopan plus bisa untuk mengatasi penyakit divertikular dan digunakan pada Irritable Bowel Syndrome.

Manfaat buscopan plus yang lain adalah untuk mengatasi beberapa penyakit lambung dan usus halus. Obat buscopan plus memiliki manfaat yang cukup baik untuk mengatasi gangguan saluran cerna tersebut. Pada wanita yang mengalami nyeri haid atau dismenore juga bisa diatasi dengan minum obat buscopan plus.

Buscopan plus juga bermanfaat untuk mengobati spasme yang terjadi di otot polos saluran cerna. Meskipun kandungan Hiosin butilbromida memiliki absorpsi yang sangat kecil tetapi obat buscopan plus dalam bentuk sediaan injeksi memiliki manfaat pada endoskopi dan radiologi.

Dosis Buscopan Plus

Dosis buscopan plus adalah 1-2 tablet sebanyak 3 kali dalam sehari. Tidak boleh mengonsumsi obat buscopan plus lebih dari 6 tablet. Jumlah tersebut bisa menjadi overdosis yang akan memberikan efek samping yang tidak diinginkan.

Minumlah obat buscopan plus sesuai dosis yang tertera pada kemasan atau sesuai anjuran dokter. Anda harus makan terlebih dahulu untuk bisa minum obat buscopan plus. Hal ini bertujuan untuk mencegah iritasi lambung.

 

Efek Samping Buscopan Plus

Efek samping buscopan plus yang biasanya terjadi adalah sembelit, mual, muntah, pusing, sulit buang air kecil, mulut kering, kulit kering dan memerah. Selain itu, efek samping buscopan plus juga bisa menyebabkan glaukoma, palpitasi, aritmia, takikardia, dilatasi pupil, dan forofobia.

Gangguan sistem peredaran darah juga bisa terjadi sebagai efek samping buscopan plus. Selain itu, Anda tetap perlu waspada apabila ternyata memiliki alergi dengan kandungan buscopan plus yaitu hiosin butilbromida dan parasetamol.

Segeralah hubungi dokter apabila memiliki tanda-tanda alergi berupa gatal-gatal, mual, muntah, pusing, dan adanya pembengkakan pada wajah, mata, dan bibir. Jangan dibiarkan dan segerala mencari bantuan medis agar mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Sumber:

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id

 


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}