Home » » Obat Radang Tenggorokan Alami

Obat Radang Tenggorokan Alami

Posted by Flash Droid Pedia on Monday, August 27, 2018

Doktersehat - Radang Tenggorokan
Photo Credit: Flickr.com/medkumo digital

DokterSehat.Com – Penyakit radang banyak sekali macamnya di Indonesia, seperti radang paru-paru, radang sendi, dan radang tenggorokan. Dalam artikel ini DokterSehat akan mencoba membahas tentang obat radang tenggorokan dan cara menyembuhkan radang tenggorokan, namun sebelumnya akan dijelaskan tentang penyebab dan gejala radang tenggorokan.

Radang tenggorokan sudah cukup terkenal di Indonesia, bahkan penderitanyapun cukup banyak. Dalam bahasa medis, radang tenggorokan disebut faringitis, adalah peradangan atau inflamasi pada tenggorokan atau faring.

Ketika seseorang menderita radang tenggorokan, hal ini akan menyebabkan suara serak atau kehilangan suara lengkap karena iritasi pada lipatan vokal (pita suara). Disfonia merupakan istilah medis untuk gangguan vokal, serta salah satu penyebab radang tenggorokan.

Radang tenggorokan dikategorikan sebagai radang tenggorokan akut jika berlangsung kurang dari beberapa hari, jika dikategorikan sebagai radang tenggorokan kronis, dan dapat berlangsung lebih dari tiga minggu. Bentuk kronis dari penyakit radang tenggorokan ini kebanyakan terjadi pada usia pertengahan dan lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.

Penyebab Radang Tenggorokan

Penyakit radang tenggorokan disebabkan hal-hal berikut ini:

  1. Infeksi virus
  2. Infeksi bakteri atau jamur
  3. Asam reflux disease
  4. Peradangan akibat berlebihan dari pita suara
  5. Batuk yang berlebihan, merokok, atau konsumsi alkohol
  6. Alergi
  7. Penggunaan kortikosteroid inhalasi untuk pengobatan asma.

Gejala Radang Tenggorokan

Berikut beberapa gejala radang tenggorokan yang perlu Anda ketahui:

  1. Suara serak
  2. Kering, sakit tenggorokan
  3. Batuk, yang dapat menjadi penyebab radang tenggorokan
  4. Kesulitan menelan
  5. Sensasi pembengkakan di daerah laring
  6. Dingin atau gejala seperti flu
  7. Pembengkakan kelenjar getah bening di tenggorokan, dada, atau wajah
  8. Demam
  9. Batuk keluar darah
  10. Kesulitan bernapas (biasanya terjadi pada anak-anak)
  11. Kesulitan makan
  12. Peningkatan produksi air liur dalam mulut.

Obat Radang Tenggorokan

Berikut ini obat sakit tenggorokan alami yang bisa Anda buat di rumah:

1. Jahe dan kayu manis

Obat alami radang tenggorokan pertama adalah jahe dan kayu manis. Air rebusan jahe dan kayu manis dapat membantu menyembuhkan radang tenggorokan, tambahkan gula merah atau madu jika ingin menambahkan rasa. Lakukan 2 kali sehari dan hindari penggunaan berlebihan karena akan menyebabkan perut Anda panas.

2. Garam dan air hangat

Campuran 1 sendok teh garam dan 200 ml air hangat yang dapat membunuh bakteri di tenggorokan, air yang digunakan harus hangat dan dapat diminum, jangan gunakan air panas. Lakukan 2-3 kali sehari selama masa pengobatan.

3. Madu dan Air hangat

Satu sendok makan madu yang dicampur air hangat dan lemon adalah obat alami yang baik untuk radang tenggorokan, ramuan madu dan campuran air hangat ini dapat melapisi tenggorokan dan menenangkan iritasi.

4. Cuka apel

Campur 200 ml cuka apel dan 100 ml madu. Untuk mengonsumsinya campurkan 2 sendok teh campuran cuka apel dan madu ini dengan 250 ml air mineral. Lakukan 3 kali sehari.

5. Bawang putih

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bawang putih adalah antibiotik alami, dengan mengunyah 2 siung bawang putih setiap hari, tubuh akan terbantu melawan bakteri dan virus yang menyebabkan radang tenggorokan.

6. Air jeruk nipis

Air jeruk nipis adalah minuman menyegarkan dan juga sebagai obat alami radang tenggorokan. Jeruk nipis dapat mengurangi rasa sakit tenggorokan yang terjadi saat pilek atau flu.

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan senyawa yang dapat menenangkan sakit tenggorokan dan membantu penyembuhan. Ini juga meningkatkan jumlah air liur, yang dapat membantu menjaga selaput lendir tetap lembap.

Mencampurkan air jeruk nipis dengan air hangat dan sedikit madu atau air garam mungkin merupakan cara menyembuhkan radang tenggorokan terbaik.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}