Home » , » Begini Cara Ampuh Mengatasi Touchscreen Android Yang Tidak Berfungsi

Begini Cara Ampuh Mengatasi Touchscreen Android Yang Tidak Berfungsi

Posted by Flash Droid Pedia on Tuesday, August 7, 2018

Jika touchscreen pada smartphone kau tiba-tiba tidak berfungsi dan kau galau apakah harus menggantinya atau tidak. Maka di sini mastekno akan memperlihatkan beberapa tips dan trik untuk mengatasi touchscreen yang tidak berfungsi. Memang aneka macam kasus touchscreen smartphone yang tidak sanggup berfungsi sama sekali.


Nah mari kita simak ulasannya kenapa touchscreen pada smartphone kau tidak berfungsi dengan baik dan cara untuk mengatasi biar touchscreen pada smartphone kembali berjalan dengan baik. Karena kalau touchscreen pada smartphone kita tiba-tiba tidak berfungsi maka hal tersebut akan sangat menjengkelkan apalagi kalau kita sedang main game ataupun melaksanakan hal-hal penting.


 


5 Cara Mengatasi Touchscreen HP Android yang Rusak Tidak Berfungsi


#1. Ponsel Terjatuh


Jika smartphone android yang kau miliki terjatuh dari ketinggian yang tidak terlalu tinggi maka hal tersebut sanggup diperbaiki. Caranya yaitu silahkan kau bongkar smartphone kau secara hati – hati dan lihatlah apa kerusakanya. Jika sudah ketemu silahkan kau bersihkan dengan penghapus kemudian tutup kembali dan nyalakan kalau sudah dibersihkan.


Kamu sanggup masuk ke pengaturan wacana kalibrasi atau calibration. Disitu niscaya terdapat pengaturan tersebut namun kalau tetap tidak mengerti atau ponsel kau mempunyai kerusakan yang parah silahkan kau tiba ke service center terdekat saja dan serahkan kepada ahlinya.


 


#2. Periksa Kapasitas RAM


Cara untuk memperbaiki touchscreen smartphone yang tidak berfungsi dengan baik yaitu dengan mengecek kapasitas RAM pada smartphone kamu. Karena persoalan tidak hanya terjadi pada hardware saja namun juga sanggup terjadi alasannya yakni softwarenya. Periksa lah kapasitas RAM pada smartphone kau apakah masih longgar atau  tidak.


Jika touchscreen pada smartphone kau tidak berfungsi dengan baik ataupun tidak responsif ketika dipakai mungkin hal tersebut terjadi alasannya yakni kapasitas RAM pada smartphone kau sudah terlalu penuh alasannya yakni pada umumnya smartphone android merupakan salah satu platform yang memakan banyak kapasitas memori.


Untuk mengatasi persoalan tersebut cobalah kau lihat kapasitas RAM pada smartphone kau kalau sudah terlalu penuh hapuslah aplikasi-aplikasi yang berdasarkan kau tidak penting atau jarang digunakan. Karena kalau kapasitas RAM pada smartphone kau sedikit longgar maka touchscreen akan berjalan dengan baik dan juga responsif.


 


#3. Ponsel Terkena Air


Nah biasanya persoalan yang terjadi pada touchscreen yang tidak berfungsi dengan baik yaitu alasannya yakni smartphone tersebut pernah terkena air atau masuk ke dalam air. Untuk cara mengatasinya yaitu silahkan kau bongkar seluruh smartphone kau dengan hati-hati. Agar lebih kondusif silahkan kau lihat pada buku panduan untuk membongkar nya.


Jika sudah dibongkar, masukkan komponen-komponen dan juga smartphone kau kedalam beras pendam lah hingga semua ponsel tidak terlihat dan tunggulah sekitar 1-2 hari. Jika sudah angkat dan bersihkan smartphone kau secara menyeluruh dan cobalah rakit kembali dan hidupkan smartphone kamu. Menurut survey cara yang satu ini cukup ampuh. Karena butiran butiran beras sanggup menyerap partikel-partikel air tersebut.


 


#4. Cek Menggunakan Aplikasi MultiTouch Tester


Mungkin kerusakan pada touchscreen kau yang kurang responsif atau tidak berfungsi dengan baik yaitu alasannya yakni mempunyai persoalan dengan multi touch nya sehingga smartphone kau terlihat rusak padahal  touchscreen pada smartphone kau hanya mengalami lag atau lemot saja. Kamu sanggup mengatasi masalah  tersebut dengan menggunakan sebuah aplikasi.


Aplikasi yang sanggup kau buat yaitu aplikasi MultiTouch Tester yang sanggup kau unduh dan gunakan secara gratis di Google Play Store [DISINI]. Sehingga dengan menggunakan aplikasi ini kau sanggup mengetahui apakah touchscreen pada smartphone android kau rusak atau  tidak.


Untuk cara mengetes nya silahkan kau buka aplikasi MultiTouch Tester kemudian tempelkan lima jari kau apakah terhitung semua atau tidak. Pada umumnya aplikasi MultiTouch Tester akan mendeteksi sebanyak 5 jari atau 10 jari bahkan lebih tergantung smartphone yang kau gunakan. Dengan itu maka kau kini sudah mengetahui apakah touchscreen smartphone kau rusak atau tidak.


 


#5. Jangan Memakai Charger yang Tidak Sesuai dengan Ponsel


Jika touchscreen smartphone kau mengalami lag atau lemot pada ketika di charger, maka hal tersebut sanggup terjadi alasannya yakni kau menggunakan charger yang tidak sesuai dengan ponsel yang kau gunakan contohnya watt yang tidak sesuai ataupun anutan listrik yang tidak sesuai. Hal tersebut bukan persoalan pada software maupun hardware pada smartphone kau namun hal tersebut alasannya yakni charger yang tidak cocok dengan smartphone kamu.


Memang persoalan menyerupai ini seringkali terjadi alasannya yakni biasanya ketika kita melaksanakan charger hp kita tidak melihat terlebih dahulu berapakah watt dan anutan listrik yang digunakan. Apalagi kalau sedang dalam kondisi terdesak atau sedang main keluar dan tidak membawa charger tentunya kita akan menggunakan charger seadanya.


Maka dari itu janganlah sembarangan dalam menggunakan charger. Karena pada umumnya smartphone android yang kita gunakan tidak cocok dengan ponsel tipe lain contohnya Blackberry ataupun jenis android yang berbeda.


 


Nah itulah artikel dari mas techno mengenai 5 cara mengatasi touchscreen android yang tidak berfungsi dengan baik dijamin ampuh yang sanggup mastekno sampaikan. Semoga sanggup membantu dan menambah wawasan kamu. Selamat mencoba dan semoga berhasil.



Sumber https://timeslib.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}