Home » » Berbahayakah Sering Buka Puasa dengan Sirup?

Berbahayakah Sering Buka Puasa dengan Sirup?

Posted by Flash Droid Pedia on Friday, May 25, 2018

doktersehat_sirup
Photo Source: Flickr/David Joyce

DokterSehat.Com– Banyak orang yang suka berbuka dengan yang manis-manis. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi minuman sirup yang diberi tambahan es batu. Minuman manis dan dingin ini akan menyegarkan kerongkongan yang sebelumnya tidak mendapatkan asupan cairan apapun seharian.

Hanya saja, pakar kesehatan mewanti-wanti kita untuk tidak sering mengonsumsi minuman sirup atau minuman-minuman lain yang juga dicampur dengan sirup seperti es buah, es campur, es kelapa muda, dan minuman lainnya. Hal ini disebabkan oleh kandungan gula yang sangat tinggi di dalam sirup yang membuatnya memiliki rasa yang manis.

Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa mengonsumsi minuman manis bisa membuat kita meningkatkan risiko terkena penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung, obesitas, hingga diabetes tipe 2. Sebagai informasi, diabetes tipe 2 bisa memicu komplikasi yang jauh lebih mengerikan seperti kebutaan, amputasi pada tubuh bagian bawah, impotensi, serangan jantung, hingga kematian dini.

Jika kaum hawa kerap mengonsumsi minuman manis, termasuk saat berbuka puasa, maka risiko untuk terkena diabetes bisa meningkat hingga dua kali lipat jika dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi minuman manis kurang dari 1 gelas setiap hari. Sementara itu, anak-anak yang rajin mengonsumsi minuman manis juga meningkatkan risiko terkena obesitas hingga 60 persen dan terkena masalah gigi berlubang.

Pakar kesehatan lebih merekomendasikan kita untuk mengonsumsi air putih saat berbuka puasa. Jika ingin mengonsumsi makanan manis yang bisa mengembalikan energi tubuh, kita bisa mengonsumsi buah kurma yang jauh lebih baik bagi kesehatan. Hanya saja, jika kita memang ingin mengonsumsi minuman manis seperti sirup, pastikan untuk sesekali saja meminumnya agar tidak memberikan dampak buruk bagi tubuh.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}