Pertumbuhan bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia yang tengah naik, sudah semestinya terus ditopang oleh ekosistem yang kuat.Ekosistem ini dibentuk serta dipengaruhi oleh beberapa hal, mulai dari regulasi, akses kepada modal yang mudah serta ruang kerja yang memadai bagi UMKM melakukan bisnisnya.
Sebagai startup yang menawarkan pemesanan ruang kerja secara online, XWORK konsisten berperan aktif dalam membantu menjaga ekosistem tersebut sebagai penyedia solusi bagi masalah ruang kerja dengan memanfaatkan teknologi, khususnya website bagi para penggunanya.
Kenaikan pertumbuhan UMKM dicatatkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian beberapa waktu lalu, dengan mengungkapkan bahwa peranan UMKM pada perekonomian nasional terhitung cukup besar, yakni mencapai lebih dari 90% dan penyerapan tenaga kerja mencapai 97%.
UMKM pun berhasil menyumbang pertumbuhan terhadap Produk Domestik Bruto hingga 60,34%.Dalam keperluan ruang kerja, banyak UMKM mulai mempercayai virtual office sebagai solusi beberapa tahun terakhir ini, dari market research yang dilakukan oleh XWORK hal ini didasari oleh harganya yang lebih bersahabat.
Selain itu, para pelaku UMKM pun sudah mengerti akan konsep dari virtual office.“Virtual office adalah sebuah jasa sewa ‘alamat kantor’ dimana klien menyewa alamat guna korespondensi surat dan penerimaan tamu. Klien tidak memiliki lokasi fisik, tapi memiliki alamat terdaftar yang tetap.
Ini sangat berguna bagi mereka yang sifat pekerjaannya selalu berpindah, namun tetap ingin memiliki alamat untuk urusan surat-menyurat mereka,” kata Direktur XWORK, William Budihardjo dalam keterangan, kemarin.Para pengguna virtual office yang sekarang menggunakan XWORK masih di dominasi oleh UMKM hingga startup yang masih dalam tahap yang sangat dini, atau usaha-usaha yang membutuhkan pekerjanya untuk berpindah-pindah.
Dengan virtual office, mereka dapat menghemat anggaran sewa kantor secara signifikan hingga diatas 50%.“XWORK menyediakan berbagai macam ruangan, termasuk ragam paket virtual office dengan penawaran menarik dan terjangkau yang sekarang sedang menjadi pilihan bagi banyak UMKM.
Kami memiliki komitmen untuk senantiasa menyediakan layanan yang bisa membantu UMKM dalam menjalankan bisnisnya,” tambah William.Dari manfaatnya yang dapat dirasakan banyak pihak hingga kesempatan baru yang dimungkinkan oleh cara kerjanya, virtual office telah berubah menjadi tren baru yang akan meningkat pesat 5 tahun ke depan.
Ini karena konsep tersebut memungkinkan usaha-usaha UMKM dapat beroperasi dengan biaya yang lebih ringan. Banyak perusahaan baru akan muncul dan lebih terdorong untuk berkarya, sehingga memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia.
Konsep yang dulunya diragukan dan hanya dianggap tren, kini telah menjadi gambaran masa depan dan akan berintegrasi dengan budaya bisnis.XWORK sebagai platform online hadir sebagai wadah yang mempermudah akses klien kepada virtual office dan Klien dapat memilih paket virtual office sesuai kebutuhan dan anggaran mereka melalui website https://xwork.co yang mudah diakses dan dimengerti.
Ini dimungkinkan karena XWORK telah bekerjasama dengan penyedia jasa dan virtual office di Indonesia sejak awal keberadaannya di tahun 2016.
Baca juga berita startup lainnya.
Sumber https://indoint.com/
0 comments:
Post a Comment