Home » » Radang Sendi – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Radang Sendi – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Posted by Flash Droid Pedia on Thursday, October 11, 2018

doktersehat-sendi-otot

DokterSehat.Com– Radang sendi atau yang biasa disebut dengan arthritis adalah rasa sakit atau penyakit pada persendian. Ada berbagai macam jenis radang sendi dengan penyebab yang berbeda tetapi memiliki gejala yang hampir mirip satu sama lain.

Ketika Anda memikirkan tentang radang sendi, Anda juga memikirkan tentang peradangan. Peradangan adalah sebuah proses di mana sel-sel darah putih pada tubuh dan protein kekebalan tubuh membantu melindungi kita dari infeksi dan zat asing seperti bakteri dan virus.

Namun, ada kalanya dalam beberapa penyakit sistem kekebalan tubuh memicu respons perdangan (inflamasi) jika tidak ada zat asing untuk dilawan. Dalam penyakit ini, yang disebut penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuh secara normal pelindung tubuh menyebabkan kerusakan pada jaringan sendiri. Tubuh merespons seperti jika jaringan normal yang terinfeksi atau abnormal.

Penyakit apa yang berhubungan dengan peradangan?

Beberapa, tetapi tidak semua jenis arthritis, adalah hasil dari peradangan sendi yang salah arah. Maksudnya adalah kekebalan tubuh menyerang sel tubuh sendiri di sendi, padahal tidak ada zat asing (kuman atau virus) yang dilawan, dan kondisi ini disebut dengan kondisi autoimun. Arthritis adalah istilah umum yang menggambarkan peradangan sendi. Beberapa jenis arthritis yang berhubungan dengan peradangan meliputi:

Bentuk yang paling umum dari arthritis yang disebut osteoarthritis (juga dikenal sebagai artritis degeneratif) sebenarnya adalah penamaan yang sedikit keliru karena penyebabnya bukanlah peradangan sebagaimana arthritis lainnya melainkan karena proses degeneratif (penurunan kondisi tubuh seiring usia). Kondisi menyakitkan lain dari sendi dan sistem muskuloskeletal yang tidak berhubungan dengan peradangan selain osteoarthritis adalah fibromyalgia, nyeri otot pinggang (muscular low back pain), dan nyeri otot leher (muscular neck pain).

Penyebab Radang Sendi 

Ketika peradangan terjadi, bahan kimia dari tubuh dilepaskan ke dalam darah atau jaringan yang terkena. Rilis bahan kimia ini meningkatkan aliran darah ke daerah cedera atau infeksi dan dapat menyebabkan kemerahan dan kehangatan. Beberapa bahan kimia menyebabkan kebocoran cairan ke dalam jaringan, sehingga terjadi pembengkakan. Proses ini dapat merangsang saraf dan menyebabkan nyeri.

Tidak ada penyebab tunggal dari semua jenis arthritis. Penyebab radang sendi bervariasi sesuai dengan jenis atau bentuk radang sendi.

Kemungkinan penyebab radang sendi termasuk:

  • Cedera, menyebabkan artritis degeneratif
  • Metabolisme abnormal, menyebabkan gout dan pseudogout
  • Keturunan, seperti pada osteoartritis
  • Infeksi, seperti pada arthritis penyakit Lyme
  • Disfungsi sistem kekebalan tubuh, seperti RA dan SLE

Sebagian besar jenis arthritis terkait dengan kombinasi faktor, tetapi beberapa tidak memiliki penyebab radang sendi yang jelas dan tampaknya tidak dapat diprediksi dalam kemunculannya.

Beberapa orang mungkin secara genetis lebih mungkin mengembangkan kondisi artritis tertentu. Faktor tambahan, seperti cedera sebelumnya, infeksi, merokok dan pekerjaan yang menuntut fisik, dapat berinteraksi dengan gen untuk lebih meningkatkan risiko radang sendi.

Diet dan nutrisi dapat memainkan peran dalam mengelola radang sendi dan risiko radang sendi, meskipun makanan tertentu, kepekaan terhadap makanan atau intoleransi tidak diketahui menyebabkan radang sendi.

Makanan yang meningkatkan peradangan, terutama makanan yang berasal dari hewan dan diet tinggi gula halus, dapat memperburuk gejala, seperti mengonsumsi makanan yang memancing respons sistem kekebalan.

Gout adalah salah satu jenis radang sendi yang terkait erat dengan diet, karena ini disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat yang dapat menjadi hasil dari diet tinggi purin.

Makanan yang mengandung makanan tinggi purin, seperti makanan laut, anggur merah, dan daging, dapat memicu gout. Sayuran dan makanan nabati lainnya yang mengandung kadar purin tinggi tidak muncul untuk memperburuk gejala-gejala gout.

Gejala Radang Sendi 

Gejala radang sendi meliputi:

  • Kemerahan
  • Pembengkakan sendi
  • Nyeri sendi
  • Kekakuan sendi
  • Kehilangan fungsi sendi

Seringkali, hanya beberapa gejala radang sendi yang timbul. Peradangan juga dapat dikaitkan dengan gejala radang senddi seperti “flu” termasuk:

  • Demam
  • Menggigil
  • Kelelahan atau kehilangan energi
  • Sakit kepala
  • Kehilangan selera makan
  • Kekakuan otot

Faktor Risiko Radang Sendi

Faktor-faktor risiko tertentu telah dikaitkan dengan arthritis. Beberapa di antaranya dapat diubah sementara yang lain tidak.

Faktor risiko artritis yang tidak dapat diubah:

  • Umur: risiko mengembangkan sebagian besar jenis radang sendi meningkat seiring bertambahnya usia.
  • Jenis kelamin: sebagian besar jenis radang sendi lebih sering terjadi pada wanita, dan 60 persen dari semua orang dengan arthritis adalah wanita. Gout lebih sering terjadi pada laki-laki daripada perempuan.
  • Faktor genetik: gen spesifik dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi dari beberapa jenis radang sendi, seperti rheumatoid arthritis (RA), lupus eritematosus sistemik (SLE) dan ankylosing spondylitis.

Faktor risiko arthritis yang dapat diubah:

  • Kegemukan dan obesitas: kelebihan berat badan dapat membantu perkembangan radang sendi lutut.
  • Cedera sendi: kerusakan pada sendi dapat membantu perkembangan osteoartritis di sendi tersebut.
  • Infeksi: banyak agen mikroba dapat menginfeksi sendi dan memicu perkembangan berbagai bentuk radang sendi.
  • Pekerjaan: pekerjaan tertentu yang melibatkan tekukan lutut berulang dan jongkok berhubungan dengan radang sendi lutut.

Komorbiditas

Lebih dari separuh orang dewasa di Amerika Serikat misalnya, yang mengidap radang sendis melaporkan mengalami tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dikaitkan dengan penyakit jantung, komorbiditas paling umum di antara orang dewasa dengan artritis.

Sekitar 1 dari 5 orang dewasa di AS yang menderita radang sendi adalah perokok. Merokok dikaitkan dengan kondisi pernapasan kronis, komorbiditas paling umum kedua di antara orang dewasa dengan artritis.

Radang sendi – Halaman Selanjutnya : 1 2


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}