Home » » Makanan Manis Sebabkan Nyeri Sendi

Makanan Manis Sebabkan Nyeri Sendi

Posted by Flash Droid Pedia on Monday, October 1, 2018

Martabak-manis-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Maurina Rara

DokterSehat.Com– Banyak orang yang berpikir jika masalah nyeri sendi hanya dialami oleh para lansia. Padahal, dalam realitanya siapa saja bisa mengalami masalah kesehatan ini jika tidak menjaga gaya hidup tetap sehat, termasuk dalam hal mengonsumsi makanan dengan sembarangan. Yang tidak disangka adalah, kebiasaan mengonsumsi makanan manis ternyata bisa menjadi salah satu penyebab masalah kesehatan ini.

Makanan manis memang cenderung membuat kita ketagihan. Tak percaya, kita tentu cenderung ingin terus mengonsumsi kue, biskuit, roti, hingga jajanan pasar yang manis terus-menerus, bukan?

Terlalu sering mengonsumsi makanan manis ternyata bisa menyebabkan gangguan nyeri sendi sekaligus meningkatkan risiko terkena berbagai masalah kesehatan yang cukup serius seperti kegemukan, diabetes, dan penyakit jantung.

Selain makanan manis, makanan yang terbuat dari produk susu seperti yoghurt dan keju kemasan jika dikonsumsi dengan berlebihan ternyata juga bisa membuat jaringan yang ada di sekitar persendian mengalami iritasi dan akhirnya memicu peradangan.

Minuman beralkohol dan produk tembakau seperti rokok ternyata juga bisa menyebabkan dampak yang sama. Dalam penelitian, dihasilkan fakta bahwa penggemar minuman beralkohol dan perokok cenderung lebih rentan terkena salah satu jenis nyeri sendi, yakni rheumatoid arthritis. Sayangnya, kebanyakan penggemar dua hal ini tidak begitu mempedulikan risiko dari kebiasaannya karena sudah kecanduan.

Kebiasaan mengonsumsi gorengan ternyata juga bisa menyebabkan masalah nyeri sendi. Memang, makanan ini sudah dikenal luas sebagai makanan yang tidak baik bagi kesehatan tubuh karena kaya akan lemak jahat, namun, karena rasanya yang enak, kita cenderung terus ingin mengonsumsinya sering-sering. Konsumsi gorengan terlalu sering atau berlebihan bisa memicu peradangan pada persendian.

Konsumsi tomat diduga juga ikut menjadi pemicu nyeri sendi. Memang, hasil dari penelitian yang menyebutkan bahwa 20 persen penderita nyeri sendi cenderung rutin mengonsumsi tomat masih menjadi perdebatan pakar kesehatan, namun, penderita masalah nyeri sendi sepertinya memang sebaiknya mempertimbangkan konsumsi sayuran ini demi mencegah gejalanya.

Salah satu cara untuk menghindari nyeri sendi akibat mengonsumsi makanan manis adalah dengan menurunkan jumlah asupan dari makanan-makanan tersebut.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}