Home » » Ketahui 9 Penyebab Darah Tinggi Ini!

Ketahui 9 Penyebab Darah Tinggi Ini!

Posted by Flash Droid Pedia on Monday, October 22, 2018

inilah-penyebab-darah-tinggi-doktersehat

DokterSehat.Com – Tidak sedikit orang-orang di dunia ini yang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Masalah tekanan darah tinggi disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab darah tinggi ini penting untuk Anda ketahui. Jadi, bagi Anda yang bukan penderita hipertensi bisa menghindari hal-hal yang menjadi penyebab darah tinggi.

Informasi ini juga penting untuk diketahui oleh Anda yang telah memiliki hipertensi sehingga Anda bisa memahami mengapa Anda bisa menderita tekanan darah tinggi. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang hal-hal yang menjadi penyebab darah tinggi.

Apa itu tekanan darah tinggi?

Tekanan darah tinggi adalah sebuah kondisi di mana tekanan darah terhadap dinding arteri sangat tinggi. Semakin banyak darah yang dipompa oleh jantung maka akan semakin tinggi tekanan darah dan semakin sempit dinding arteri maka semakin tinggi pula tekanan darah.

Anda bisa mengetahui tekanan darah tinggi dengan melihat nilai dari tekanan darah Anda. Apabila tekanan darah sistol Anda mencapai 120 atau lebih dan tekanan darah diastol Anda mencapai 80 atau lebih maka bisa dikatakan Anda terindikasi memiliki tekanan darah tinggi.

Jadi, orang yang memiliki tekanan darah mencapai 120/80 atau lebih maka ini bisa dikatakan ia telah memiliki kondisi tekanan darah tinggi. Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi dengan nilai 130/80 maka terdiagnosis memiliki tekanan darah tinggi stadium 1.

Nilai tekanan darah 140/90 merupakan kondisi tekanan darah tinggi stadium 2. Para penderita hipertensi dengan nilai tekanan darah hingga 180/120 maka ini disebut hipertensi yang krisis. Kondisi tekanan darah tinggi yang tidak diobati bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti gagal jantung, stroke, gangguan ginjal, dan lainnya.

Penyebab darah tinggi secara umum

Penyebab darah tinggi secara umum masih belum diketahui secara pasti. Selain itu, kondisi hipertensi tidak disebabkan oleh satu hal saja. Ada beberapa hal yang bergabung sehingga menyebabkan terjadinya darah tinggi.

Beberapa hal yang menjadi penyebab umum tekanan darah tinggi, di antaranya adalah:

  • usia
  • kebiasaan merokok
  • konsumsi alkohol
  • kelebihan berat badan
  • tidak banyak beraktivitas
  • jenis kelamin
  • riwayat hipertensi
  • menderita penyakit ginjal
  • memiliki gangguan tiroid
  • masalah kelenjar adrenal
  • dan lainnya

Penyebab di atas merupakan penyebab darah tinggi secara umum. Akan tetapi, Anda perlu mengetahui bahwa kondisi medis tekanan darah tinggi atau hipertensi terdiri dari dua jenis. Perbedaan jenis hipertensi ini ikut menentukan perbedaan penyebab darah tinggi.

Kedua jenis tekanan darah tinggi tersebut, yaitu tekanan darah tinggi primer dan tekanan darah tinggi sekunder. Penyebab darah tinggi primer memiliki perbedaan dengan penyebab darah tinggi sekunder.

Penyebab darah tinggi primer

Hipertensi atau tekanan darah tinggi primer sering juga disebut sebagai hipertensi esensial. Sebagian besar penderita hipertensi termasuk ke dalam jenis hipertensi primer ini. Kondisi hipertensi primer biasanya berkembang secara bertahap.

Tahap perkembangan tekanan darah tinggi primer terjadi selama bertahun-tahun. Penyebab darah tinggi primer tidak dapat diidentifikasi secara pasti. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang memiliki kontribusi untuk menyebabkan terjadinya darah tinggi primer.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang turut menjadi penyebab darah tinggi primer:

1. Umur yang semakin bertambah

Umur bisa menjadi faktor yang menyebabkan terjadinya darah tinggi primer. Semakin tua usia Anda maka akan semakin tinggi risiko Anda memiliki tekanan darah tinggi.

2. Jenis kelamin

Penyebab darah tinggi ternyata juga dipengaruhi oleh jenis kelamin. Pria dewasa cenderung memiliki risiko hipertensi lebih tinggi daripada wanita.

3. Riwayat keluarga hipertensi

Apabila Anda memiliki keluarga yang terkena hipertensi primer maka Anda memiliki risiko untuk terkena hipertensi juga.

4. Gaya hidup yang tidak sehat

Gaya hidup yang tidak sehat bisa memicu terjadi tekanan darah tinggi jenis primer. Beberapa gaya hidup yang biasanya menjadi penyebab darah tinggi primer seperti konsumsi alkohol, merokok, dan lainnya.

5. Kelebihan berat badan

Orang-orang yang memiliki berat badan berlebih apalagi obesitas maka cenderung mengalami hipertensi primer. Beberapa hal yang menyebabkan seseorang memiliki berat badan berlebih di antaranya seperti pola makan yang tidak seimbang dan kurangnya aktivitas fisik.

Penyebab darah tinggi sekunder

Berbeda dengan tekanan darah tinggi primer yang terjadi secara bertahap, tekanan darah tinggi sekunder terjadi secara cepat. Kondisi hipertensi sekunder ini bahkan lebih berat dari hipertensi primer. Penyebab darah tinggi sekunder bisa diketahui dengan jelas.

Beberapa hal yang menjadi penyebab darah tinggi sekunder di antaranya adalah:

  • sleep apnea
  • penyakit ginjal
  • penyakit diabetes
  • cacat jantung
  • penyempitan dinding arteri
  • gangguan tirod
  • efek samping obat sepert pil KB
  • efek samping narkoba
  • masalah kelenjar adrenalin
  • adanya tumor endokrin


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}