Home » » Kanker Lidah – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Kanker Lidah – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Posted by Flash Droid Pedia on Thursday, October 11, 2018

Doktersehat-ciri-ciri-kanker-lidah

DokterSehat.Com – Kanker lidah adalah salah satu jenis kanker yang tumbuh pada sel-sel lidah. Kanker lidah paling sering tumbuh dan berkembang pada sel-sel skuamosa yang ada di permukaan lidah.

Perlu diketahui, lidah manusia terdiri dari dua bagian, yaitu bagian depan yang terletak dalam mulut dan bagian pangkal yang terletak di dekat tenggorokan. Kanker lidah dapat berkembang pada kedua bagian tersebut.

Penyebab Kanker Lidah

Alkohol dan tembakau diduga menjadi penyebab kanker lidah yang paling berisiko, karena keduanya memiliki sifat karsinogenik atau mudah menyebarkan kanker. Zat-zat yang bersifat karsinogenik umumnya mengandung unsur kimia yang dapat merusak DNA di dalam sel dan memicu kemunculan kanker.

Sekitar 85 persen kanker pada area kepala dan leher, termasuk lidah, disebabkan oleh konsumsi tembakau. Selain itu, konsumsi alkohol secara rutin dalam jumlah yang relatif banyak juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker lidah. Konsumsi alkohol apabila dikombinasikan dengan merokok akan semakin meningkatkan risiko seseorang untuk terjangkit kanker lidah.

Disamping itu, penderita human papillomavirus (HPV) juga bisa mengalami gangguan kanker pada mulut, khususnya area lidah. Penularan virus ini dapat terjadi jika Anda bersentuhan langsung dengan kulit pengidap atau benda yang terkontaminasi virus HPV atau melalui kontak seksual, seperti hubungan intim, seks anal, maupun seks oral.

Meski penyebab kanker lidah belum diketahui secara pasti, higienitas mulut yang rendah juga bisa menjadi penyebab kanker lidah. Oleh karenanya, penting untuk menjaga kebersihan mulut dan mengobati luka yang terjadi dalam rongga mulut sesegera mungkin. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bahwa orang dengan kebersihan mulut yang buruk berisiko 2 hingga 3 kali lebih tinggi untuk mengalami kanker rongga mulut, termasuk kanker lidah.

Faktor Risiko Kanker Mulut

Siapa pun bisa mendapatkan kanker mulut, namun beberapa faktor dapat meningkatkan kemungkinan mengembangkan penyakit ini. Seperti banyak kanker, risiko terkena kanker mulut meningkat seiring bertambahnya usia. Pria dua kali lebih mungkin mengembangkan kanker mulut daripada wanita, dengan kebanyakan orang berusia di atas 55 tahun. Berikut ini faktor risiko yang menyebabkan kanker lidah, seperti dilansir Cancer Center.

1. Umum

  • Jenis Kelamin: Kanker mulut dan kanker oropharyngeal dua kali lebih sering terjadi pada pria seperti pada wanita. Perbedaan ini mungkin terkait dengan penggunaan alkohol dan rokok, faktor risiko kanker mulut utama yang terlihat lebih sering pada pria daripada wanita.
  • Usia: Usia rata-rata saat diagnosis untuk kanker mulut adalah 62 tahun, dan dua pertiga orang dengan penyakit ini berusia di atas 55 tahun.
  • Sinar ultraviolet: Kanker bibir lebih umum di antara orang-orang yang bekerja di luar ruangan atau orang lain dengan paparan sinar matahari yang berkepanjangan. Nutrisi yang buruk: Studi telah menemukan hubungan antara diet rendah buah dan sayuran dan peningkatan orofaring dan risiko kanker mulut.

2. Genetik

  • Sindrom genetik: Beberapa mutasi genetik yang diwariskan, menyebabkan sindrom yang berbeda dalam tubuh, membawa risiko tinggi kanker mulut dan orofaring. Ini termasuk:
  • Fanconi anemia: Kondisi darah ini disebabkan oleh kelainan bawaan pada beberapa gen. Masalah dapat dimulai pada usia dini dan sering menyebabkan leukemia atau anemia aplastik. Risiko kanker mulut di antara orang-orang dengan anemia Fanconi adalah hingga 500 kali lebih tinggi daripada di antara populasi umum.
  • Dyskeratosis congenita: Sindrom yang terkait secara genetik ini juga dapat menyebabkan anemia aplastik, dan membawa risiko kanker mulut dan kerongkongan yang sangat tinggi yang terjadi pada usia dini.

3. Gaya hidup

  • Penggunaan tembakau: Sekitar 80% orang dengan rongga mulut dan kanker oropharyngeal menggunakan tembakau dalam bentuk rokok, tembakau kunyah atau tembakau. Risiko terkena kanker mulut tergantung pada durasi dan frekuensi penggunaan tembakau. Merokok dapat menyebabkan kanker di mulut atau tenggorokan, dan produk tembakau oral dikaitkan dengan kanker di pipi, gusi, dan permukaan bagian dalam bibir.
  • Alkohol: Sekitar 70% orang yang didiagnosis menderita kanker mulut adalah peminum berat. Risiko ini lebih tinggi untuk orang yang menggunakan alkohol dan tembakau. Bagi orang yang merokok dan minum banyak, risiko kanker mulut secara signifikan lebih dari risiko bagi orang yang tidak merokok atau minum.
  • Betel quid: Banyak orang di Asia Tenggara, Asia Selatan, dan bagian lain dari dunia mengunyah daun sirih dan pinang. Mengunyah gutka, kombinasi sirih dan tembakau, juga umum. Kedua zat ini terkait dengan peningkatan risiko kanker mulut.

4. Kondisi lain

  • Human papillomavirus (HPV) infection: Virus papilloma manusia, atau HPV, termasuk sekitar 100 virus serupa. Banyak HPV menyebabkan kutil, tetapi beberapa di antaranya terlibat dalam kanker. Yang paling penting, HPV terkait dengan perkembangan kanker serviks. HPV juga merupakan faktor risiko untuk kanker mulut dan orofaringeal. Sekitar 25 persen pasien dengan kanker ini terinfeksi dengan HPV yang sama seperti yang terlihat dengan kanker serviks. Secara khusus, ada hubungan kuat antara HPV-16 dan kanker orofaringeal. HPV tampaknya menjadi faktor risiko yang lebih serius untuk kanker orofaring daripada kanker rongga mulut. Orang dengan kanker mulut yang terkait dengan HPV cenderung bukan perokok atau peminum, dan biasanya memiliki prognosis yang baik. Biasanya, infeksi HPV di mulut dan tenggorokan tidak menghasilkan gejala apa pun, dan hanya sebagian kecil dari infeksi ini berkembang menjadi kanker. Baca tentang peningkatan terbaru pada kanker terkait HPV.
  • Penekanan sistem kekebalan: Menggunakan obat yang menekan sistem kekebalan tubuh, seperti yang digunakan untuk mencegah penolakan organ transplantasi atau untuk mengobati penyakit kekebalan tertentu, dapat meningkatkan risiko kanker mulut.
  • Lichen planus: Orang-orang dengan kasus parah penyakit ini, yang biasanya menyebabkan ruam gatal tetapi kadang-kadang muncul dengan garis putih atau bintik-bintik di mulut dan tenggorokan, mungkin memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker mulut. Lichen planus biasanya memengaruhi orang setengah baya.
  • Penyakit Graft-versus-host (GVHD): Kondisi ini dapat terjadi setelah transplantasi sel induk, di mana sumsum tulang diganti setelah terjadinya kanker atau pengobatan. Sel punca baru mungkin memiliki respons imun terhadap sel pasien sendiri, dan jaringan di dalam tubuh dapat dihancurkan sebagai hasilnya. GVHD meningkatkan kemungkinan kanker mulut, yang dapat berkembang segera setelah 2 tahun kemudian.

5. Faktor risiko yang tidak terbukti

Dalam beberapa tahun terakhir, kekhawatiran telah dikemukakan tentang beberapa produk yang meningkatkan risiko kanker mulut. Kekhawatiran ini kontroversial dan belum terbukti dalam studi ilmiah. Beberapa produk percaya untuk meningkatkan faktor risiko kanker termasuk:

  • Obat kumur: Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara obat kumur yang tinggi kandungan alkohol dan risiko kanker mulut dan orofaring. Namun, penelitian lain telah menimbulkan keraguan tentang kekhawatiran ini. Seringnya penggunaan obat kumur oleh orang yang merokok dan minum — dua faktor risiko kanker mulut yang dikonfirmasi — menyulitkan untuk menjalin hubungan yang jelas antara obat kumur dan kanker mulut.
  • Iritasi akibat gigi palsu: Gigi palsu yang tidak pas yang menyebabkan iritasi jangka panjang pada lapisan mulut juga menjadi perhatian pada risiko kanker mulut. Tautan ini belum dikonfirmasi dalam beberapa penelitian. Namun, gigi palsu lepas dapat menangkap substansi yang diketahui menyebabkan kanker mulut, seperti alkohol dan tembakau. Individu yang memakai gigi palsu harus yakin untuk diperiksa oleh dokter gigi secara teratur, keluarkan pada malam hari, dan bersihkan dan bilas secara menyeluruh setiap hari.

Gejala Kanker Lidah

Ciri-ciri kanker lidah sendiri biasanya berupa adanya sariawan, bintik-bintik berwarna merah atau putih, dan juga benjolan yang sulit untuk disembuhkan. Disamping itu, lidah yang cenderung hambar dan disertai dengan rasa sakit pada tenggorokan dan juga saat menelan juga bisa menjadi ciri-ciri kanker lidah – khususnya jika disertai dengan beberapa kali pendarahan pada lidah tanpa sebab dan disertai dengan rasa sakit pada organ telinga.

Selain itu, jika masalah tersebut Anda rasakan lebih dari tiga minggu, bisa jadi Anda mengalami gejala kanker lidah dan sebaiknya harus segera diperiksakan ke dokter. Dalam beberapa kasus, kanker lidah yang dibiarkan begitu saja bisa membesar hingga ke area kelenjar getah bening yang berada di area leher.

Pengobatan Kanker Lidah

Kanker lidah sendiri jika belum menyebar jauh dari area mulut, bisa diobati dengan operasi yang disertai dengan kemoterapi atau radioterapi. Sayangnya, jika kanker lidah sudah menyebar ke beberapa bagian tubuh lain layaknya kelenjar getah bening di area leher, maka bisa jadi persentase untuk mendapatkan kesembuhan total menjadi jauh berkurang.

Cara mengobati kanker lidah seperti radioterapi dan kemoterapi dilakukan untuk membantu proses pencegahan sel kanker. Kedua langkah ini memiliki efek samping seperti mual, nyeri pada mulut, kelelahan, mulut kering, serta sariawan. Beberapa obat-obatan kemoterapi yang umumnya digunakan adalah cisplatin, carbloplatin, dan fluorouracil.

Sedangkan jika kanker sudah menyebar ke bagian tubuh lain, misalnya kelenjar getah bening pada leher, maka peluang Anda untuk bisa sembuh sepenuhnya sangat kecil. Tujuan utama pengobatan ini adalah untuk menghambat perkembangan kanker dan mengurangi gejala kaznker lidah.

Prosedur operasi dilakukan jika ukuran kanker lidah Anda termasuk besar, operasi pengangkatan bisa dilakukan sebagian atau seluruh lidah. Operasi besar ini disebut glosektomi.

Setelah menjalani operasi, lidah akan direkonstruksi untuk menggantikan lidah yang diangkat. Tetapi prosedur ini bisa memengaruhi kemampuan bicara serta menelan Anda secara permanen.

Selain pengangkatan sel-sel kanker melalui glosektomi, kelenjar getah bening pada leher Anda mungkin akan diangkat. Proses ini bertujuan untuk mencegah kembalinya sel-sel kanker.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}