Home » » Demacolin – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Demacolin – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Posted by Flash Droid Pedia on Thursday, September 13, 2018

efek-samping-demacolin-doktersehat

DokterSehat.Com – Demacolin obat apa? Demacolin adalah obat yang digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit seperti demam, pilek, flu, sakit gigi, sakit, kepala, mata berair, dan lainnya. Obat demacolin mengandung paracetamol, pseudoefedrin hidroklorida, dan klorfeniramin maleat .

Baca lebih lanjut untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat demacolin termasuk informasi mengenai indikasi demacolin, kontraindikasi demacolin, bentuk sediaan demacolin, manfaat demacolin, dosis demacolin, dan efek samping demacolin.

  • Nama: Demacolin
  • Monografi Obat: Paracetamol + pseudoefedrin hidroklorida & klorfeniramin maleat

Indikasi Demacolin

Para pasien atau konsumen yang tidak memiliki indikasi demacolin tidak bisa menggunakan demacolin. Hal ini tentunya bisa mengganggu kesehatan tubuh. Obat demacolin baru bisa diberikan kepada orang-orang yang menderita sakit kepala, sakit gigi, sakit telinga, hidung tersumbat, flu, pilek, demam, dan bersin-bersin.

Selain itu, ada beberapa indikasi lain yang bisa menggunakan obat demacolin untuk mengatasinya. Beberapa indikasi lainnya yaitu alergi, mata berair, nyeri haid, nyeri sendi, tenggorokan gatal, urtikaria, dan rhinitis.

Kontraindikasi Demacolin

Obat demacolin memiliki beberapa kontraindikasi yang harus diperhatikan dengan seksama agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Orang yang memiliki gangguan pada fungsi hati, jantung, dan ginjal tidak boleh menggunakan obat demacolin.

Selain itu, kontraindikasi obat demacolin juga berlaku bagi penderita glaukoma, diabetes mellitus, dan hipertiroid. Obat demacolin tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia 4 tahun. Obat demacolin juga sebaiknya tidak diberikan kepada ibu hamil dan menyusui.

Bentuk Sediaan Demacolin

Obat demacolin yang tersedia di pasaran memiliki dua bentuk sediaan. Ada obat demacolin dengan bentuk sediaan sirup dan bentuk sediaan tablet. Bentuk sediaan demacolin sirup hanya diperuntukkan bagi anak-anak, sedangkan bentuk sediaan demacolin tablet bisa untuk orang dewasa.

Demacolin dalam bentuk sirup dikemas di dalam sebuah botol kaca dengan jumlah 60 mL. Di dalam setiap 5 mL demacolin sirup mengandung monografi yakni parasetamol sebanyak 120 mg, klorfeniramin maleat sejumlah 1 mg, dan pseudoefedrin hidroklorida dengan jumlah 7,5 mg.

Pada obat demacolin dalam bentuk sediaan tablet mengandung monografi obat yang sama dengan demacolin sirup. Perbedaan terletak pada jumlah masing-masing monografi, yaitu, parasetamol sebanyak 500 mg, pseudoefedrin hidroklorida sebanyak 7,5 mg, dan klorfeniramin maleat sebanyak 2 mg.

Manfaat Demacolin

Obat demacolin memiliki banyak manfaat untuk mengobati beberapa gejala dan penyakit. Manfaat demacolin bisa untuk meredakan sakit kepala, sakit gigi, sakit telinga, pilek, flu, kedinginan, demam, bersin-bersin, hidung tersumbat, nyeri haid dan nyeri sendi.

Selain itu, beberapa kondisi medis seperti alergi, mata berair, tenggorokan gatal, urtikaria, dan rhinitis. Manfaat demacolin lainnya juga bisa untuk mengobati sinus, cerebral palsy, apnea prematuritas, dan hipotensi ortostatik.

Dosis Demacolin

Sama seperti obat lainnya yang memiliki dosis tertentu yang harus dipatuhi oleh setiap pasien dan konsumen, obat demacolin juga memiliki beberapa jenis dosis. Dosis demacolin sirup yang diperuntukkan bagi anak-anak usia 2-5 tahun adalah 1 sendok takar (5 ml) sebanyak 3 kali sehari.

Dosis demacolin sirup bagi anak-anak usia 6-12 tahun adalah sebanyak 2 sendok takar (10 ml) dengan frekuensi 3 kali sehari. Obat demacolin dalam bentuk sediaan tablet memiliki dosis yang pastinya berbeda dengan demacolin sirup. Dosis demacolin tablet untuk dewasa adalah 1 tablet sebanyak 3 kali sehari, sedangkan untuk anak usia 6-12 tahun adalah 1/2 tablet sebanyak 3 kali sehari.

Pemberian obat demacolin sirup maupun demacolin tablet bisa diberikan setelah makan ataupun sebelum makan. Simpanlan obat demacolin pada tempat yang kering dan berada di lingkungan dengan suhu di bawah 30 derajat celsius.

Efek Samping Demacolin

Efek samping demacolin bisa menyebabkan rasa kantuk dan insomnia. Ganggguan pencernaan, sembelit, rasa gelisah, rasa gugup, sulit dan merasa sakit saat buang air kecil juga bisa dialami bagi orang yang telah menggunakan obat demacolin.

Selain itu, efek samping demacolin lainnya bisa menyebbabkan tremor, takikardi, aritmia ventrikuler, palpitasi, dan mulut kering. Penggunaan obat demacolin dalam dosis banyak dan untuk jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan hati.

Ada juga beberapa efek samping demacolin lainnya seperti sesak, otot melemah, telinga terasa berdering, penglihatan kabur, dan hipotensi. Segeralah temui dokter Anda apabila Anda memiliki efek samping yang telah disebutkan di atas dan tanda-tanda alergi.

 

Sumber:

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}