Home » » Skizofrenia – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Skizofrenia – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Posted by Flash Droid Pedia on Tuesday, August 21, 2018

skizofrenia-doktersehat

DokterSehat.Com -Apa itu skizofrenia? Skizofrenia adalah salah satu diagnosis gangguan jiwa yang ditandai antara lain dengan terganggunya kemampuan menilai realita dan penurunan fungsi peran. Biasanya skizofrenia mulai diderita pada usia dewasa muda. Gangguan jiwa yang terjadi pada seseorang, termasuk skizofrenia disebabkan oleh interaksi manusia sebagai makhluk bio-psiko-sosio-spiritual.

Secara biologis, skizofrenia disebabkan karena peningkatan neurotransmitter dopamin di otak, sehingga dapat timbul gejala-gejala perilaku, gangguan persepsi (mendengar suara meskipun tidak ada sumber suara), gangguan isi pikir yang berupa keyakinan-keyakinan tertentu yang tidak wajar, dan lain-lain.

Jumlah penduduk Indonesia yang menderita penyakit gangguan jiwa berat atau skizofrenia cukup besar, menurut hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2007, terdapat 0,46 persen penduduk atau 1.093.150 orang Indonesia yang mengidap skizofrenia. Dari jumlah itu, ternyata hanya 3,5 persen saja atau 38.260 orang yang terlayani dengan perawatan memadai di rumah sakit jiwa, rumah sakit umum maupun pusat kesehatan masyarakat.

Baca juga: Skizofrenia Terkait Dengan Komplikasi Kehamilan

Penyebab Skizofrenia – Gen dan Lingkungan

Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa skizofrenia menurun dalam garis keluarga. Penyakit ini terjadi pada 1% dari populasi umum, tetapi terjadi pada 10% orang yang memiliki saudara sedarah tingkat pertama dengan skizofrenia, seperti orangtua, saudara laki-laki, atau saudara perempuan.

Orang-orang yang memiliki hubungan saudara tingkat dua (bibi, paman, kakek, atau sepupu) dengan penyakit skizofrenia juga berpotensi skizofrenia lebih sering daripada populasi umum. Risiko tertinggi adalah untuk kembar identik dari penderita skizofrenia, dengan kesempatan 40 – 65% persen.

Kita mewarisi gen kita dari kedua orangtua. Para ilmuwan percaya beberapa gen yang dikaitkan dengan peningkatan risiko skizofrenia, tapi tidak ada gen alami yang menyebabkan penyakit dengan sendirinya. Bahkan, penelitian terbaru telah menemukan bahwa orang dengan skizofrenia cenderung memiliki tingkat mutasi genetik yang langka. Perbedaan genetik ini melibatkan ratusan gen yang berbeda dan mungkin mengganggu perkembangan otak.

Penelitian terbaru lainnya menunjukkan bahwa skizofrenia dapat melibatkan gen tertentu yang merupakan kunci untuk membuat zat neurotransmiter kimia otak yang penting menjadi malfungsi. Masalah ini dapat memengaruhi bagian otak yang terlibat dalam mengembangkan keterampilan fungsi yang lebih tinggi. Penelitian gen ini sedang berlangsung, sehingga belum memungkinkan menggunakan informasi genetik untuk memprediksi potensi penyakit skizofrenia.

Meskipun demikian, tes yang memindai gen seseorang dapat dibeli tanpa resep atau saran dokter. Iklan untuk tes menunjukkan bahwa dengan sampel air liur, sebuah perusahaan dapat menentukan apakah klien berisiko untuk memiliki penyakit tertentu, termasuk skizofrenia. Namun, para ilmuwan belum tahu semua variasi gen yang berkontribusi terhadap skizofrenia. Oleh karena itu, “genome scan” tidak mungkin untuk memberikan gambaran yang lengkap dari risiko seseorang memiliki gangguan mental seperti skizofrenia.

Selain itu, penyebab skizofrenia tidak hanya sekadar gen. Para ilmuwan berpikir interaksi antara gen dan lingkungan juga diperlukan untuk skizofrenia. Banyak faktor lingkungan yang mungkin terlibat, seperti terpapar virus atau kekurangan gizi sebelum kelahiran, masalah selama kelahiran, penggunaan ganja atau ketergantungan obat yang berat, dan faktor psikososial lainnya yang belum diketahui.

Struktur Kimia Neurotransmiter Otak

Para ilmuwan berpikir bahwa ketidakseimbangan dalam reaksi kimia yang saling terkait di kompleks otak yang melibatkan neurotransmitter dopamin dan glutamat, dapat berperan dalam skizofrenia. Neurotransmitter adalah zat yang memungkinkan sel-sel otak untuk berkomunikasi satu sama lain. Para ilmuwan belajar lebih banyak tentang kimia otak dan hubungannya dengan skizofrenia.

Jalur kecil di otak orang dengan skizofrenia terlihat berbeda dibandingkan orang sehat. Misalnya, pada rongga berisi cairan di tengah otak, yang disebut ventrikel, lebih besar pada beberapa orang dengan skizofrenia. Otak orang dengan skizofrenia juga cenderung kurang abu-abu di area yang seharusnya abu-abu (substansia grisea), dan beberapa daerah otak memiliki lebih sedikit atau lebih banyak aktivitas daripada orang normal.

Penelitian dari jaringan otak setelah kematian juga telah mengungkapkan perbedaan dalam otak orang dengan skizofrenia. Para ilmuwan menemukan perubahan kecil dalam distribusi atau karakteristik dari sel-sel otak yang mungkin terjadi sebelum kelahiran. Beberapa ahli berpikir masalah selama perkembangan otak sebelum kelahiran dapat menyebabkan koneksi di otak rusak.

Masalah klinis yang diakibatkan kerusakan otak ini kemungkinan tidak muncul pada penderita skizofrenia sampai pubertas. Otak mengalami perubahan besar selama pubertas, dan perubahan ini bisa memicu gejala psikotik. Para ilmuwan telah belajar banyak tentang skizofrenia, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membantu menjelaskan bagaimana penyakit skizofrenia berkembang.

Gejala Skizofrenia

Ciri-ciri skizofrenia meliputi tindakan yang menyimpang, halusinasi (melihat/merasa/mendengar sesuatu padahal sesungguhnya obyek tersebut tidak ada), perasaan ketakutan dan paranoia.

Psikiater mengevaluasi gejala, tes, dan riwayat medis, serta resep obat dan psikoterapi untuk pengobatan.

Gejala skizofrenia bervariasi dari orang ke orang.

  • Lebih sering berhalusinasi dan delusi.
  • Gejala kognitif skizofrenia: gejala ini sangat menegangkan dan mengganggu kemampuan untuk menjalani hidup normal. Seseorang dengan skizofrenia akan terganggu dari segi pengambilan keputusan, tindakan sehari-hari (misal suka jalan-jalan sambil telanjang, suka keluyuran tanpa tujuan, suka menyiram tubuhnya dengan air, dan sebagainya)

Skizofrenia bisa sulit dilihat ketika remaja.

Baca juga: Merokok Berhubungan Erat Dengan Skizofrenia

Jenis Skizofrenia

Terdapat 5 jenis skizofrenia, masing-masing memiliki gejala yang sama, namun ada pula yang berbeda.

1. Skizofrenia paranoid 

Skizofrenia paranoid yaitu penderita skizofrenia diikuti pemikiran bahwa dirinya sedang terancam, diteror, dibicarakan tetangga-tetangga rumahnya, merasa ada yang akan membunuh, dan sebagainya yang merupakan gejala paranoid..

2. Gangguan skizoafektif

Bagi sebagian orang, depresi atau gangguan bipolar juga dapat timbul bersamaan dengan skizofrenia.

3. Gangguan psikotik akut

Seperti namanya, gejala relatif singkat tapi masih cukup parah.

4. Schizophreniform disorder

Gangguan mental yang didiagnosis ketika gejala skizofrenia hadir untuk sebagian besar waktu dalam periode satu bulan, tetapi tanda-tanda gangguan tidak hadir selama enam bulan penuh yang diperlukan untuk diagnosis skizofrenia.

5. Gangguan delusi

Delusi adalah fitur utama dari kondisi serius ini.

Komplikasi Skizofrenia

Jika tidak diobati, skizofrenia dapat menyebabkan masalah berat yang memengaruhi setiap aspek kehidupannya. Komplikasi yang mungkin menyebabkan skizofrenia atau dikaitkan dengan hal berikut ini:

1. Bunuh diri dan skizofrenia

Bunuh diri adalah penyebab nomor satu kematian dini pada pasien dengan skizofrenia. Penting untuk mengetahui tanda-tanda peringatan dan bagaimana pasien bereaksi ketika sedang memulai mencoba bunuh diri.

2. Penyalahgunaan zat, nikotin, & skizofrenia

Penyalahgunaan zat dapat mengganggu pengobatan skizofrenia karena penggunaan narkoba mengacaukan sistem neurotransmiter di otak.

3. Kekerasan Perilaku & Skizofrenia

Orang dengan skizofrenia rentan terhadap kekerasan. Biasanya penderita lebih memilih untuk dibiarkan sendiri. Terkadang, penderita juga berpotensi melukai orang-orang di sekitar dan merusak barang-barang di rumah.

Diagnosis Skizofrenia

Mendiagnosis skizofrenia didasarkan pada mengamati pola tindakan pasien. Tapi dokter menggunakan tes tertentu untuk memastikan tidak ada penyakit fisik lain yang mendasari.

Psikiater dan psikolog menggunakan teknik khusus untuk mendiagnosa penyakit mental seperti skizofrenia. Untuk mendiagnosa skizofrenia, pertama dokter akan menyingkirkan penyakit medis yang mungkin bisa menyebabkan perubahan perilaku. Setelah penyebab medis tidak ditemukan, penyakit psikotik seperti skizofrenia bisa dipertimbangkan.

Cara Mengobati Skizofrenia

Pengobatan skizofrenia melibatkan obat-obatan dan terapi untuk mengurangi risiko episode psikotik di kemudian hari dan meningkatkan potensi penderita skizofrenia agar mampu hidup berbaur dengan masyarakat dan mengendalikan gejalanya. Cara mengendalikan gejala adalah dengan terus menjaga agar kadar neurotransmiter otak dalam batas normal, yaitu dengan mengonsumsi obat antipsikotik.

Obat Skizofrenia

Jika Anda atau seseorang yang dicintai memiliki skizofrenia, Anda tahu bahwa menjaganya dengan obat membuat semua perbedaan. Tapi ada menangkap: Banyak orang berhenti dengan cara medis. Kadang-kadang mereka hanya lupa untuk membawa mereka. Atau mereka mungkin berpikir sekarang cukup baik bahwa mereka tidak membutuhkannya lagi. Di situlah obat tahan lama dapat membantu. Anda hanya perlu mengobati sekali atau dua kali sebulan.

Baca juga: Haloperidol/Obat Skizofrenia – Interaksi obat

Terapi untuk Skizofrenia

Melalui terapi, orang dapat mengembangkan keterampilan sosial dan bekerja untuk memperbaiki kehidupan dan hubungan mereka. Pelajari lebih lanjut tentang manfaat terapi.

1. Electroconvulsive Terapi (ECT) dan Skizofrenia

ECT sering disalahpahami, tapi sangat efektif untuk beberapa jenis skizofrenia. ECT adalah pengobatan dengan cara memberi aliran listrik eksternal ke otak penderita sehingga kekacauan neurotransmiter otak dapat di-restart lagi.

2. Skizofrenia dan Keluarga

Keluarga dan teman-teman dapat membantu dengan memainkan peran aktif dalam perawatan pasien. Penting untuk menjadi pengawas minum obat pasien sehingga kadar neurotransmiter otak dapat diatur dan tidak terjadi kekambuhan skizofrenia karena akan menurunkan kualitas hidup pasien.

3. Pengelolaan hidup

Dengan perawatan yang tepat, banyak orang dengan skizofrenia dapat menjalani kehidupan dengan memuaskan.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}