Home » » Serum Wajah: Manfaat, Efek Samping, Cara Pakai

Serum Wajah: Manfaat, Efek Samping, Cara Pakai

Posted by Flash Droid Pedia on Friday, August 17, 2018

serum-wajah-doktersehat

DokterSehat.Com – Berbicara tentang produk perawatan wajah tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan serum wajah. Serum wajah merupakan gel eliksir yang berwarna jernih, teksturnya ringan, dan juga oil free. Serum wajah mengandung bahan aktif yang mampu untuk menembus bagian terdalam kulit lebih cepat dan merata dibandingkan dengan pelembab biasa.

Jika dibandingkan dengan pelembab biasa, harga serum juga jauh lebih mahal dan ukurannya lebih kecil. Hal ini dikarenakan serum wajah memiliki kandungan bahan aktif yang lebih kuat dibandingkan dengan pelembab wajah. Serum wajah juga memiliki manfaat yang lebih spesifik untuk mengatasi berbagai masalah kulit yang lebih kompleks.

Manfaat Serum Wajah

Meskipun serum wajah memiliki harga yang relatif mahal, tapi bentuk perawatan wajah yang satu ini memang sangat diminati karena mampu menyelesaikan berbagai permasalahan kulit yang cukup kompleks.

1. Mengontrol produksi minyak di wajah

Manfaat serum wajah yang pertama adalah dapat mengontrol produksi minyak di wajah. Formulanya yang oil-free memang membuat serum wajah menjadi perawatan yang sangat cocok untuk kulit berminyat. Meskipun begitu, masih terdapat juga serum wajah yang bisa digunakan untuk jenis kulit lainnya.

Anda bisa memilih produk serum wajah yang memiliki klaim baik untuk semua jenis kulit. Selain itu, untuk pemilik kulit kering dan sensitif, disarankan untuk menunggu 15 menit setelah membersihkan wajah, baru diperbolehkan mengaplikasikan serum ke wajah. Tujuannya adalah agar serum dapat menyerap perlahan pada kulit dalam keadaan kering.

2. Mencegah gejala penuaan

Manfaat serum wajah yang kedua adalah dapat mencegah gejala penuaan. Manfaat serum wajah yang satu ini bisa dikatakan sebagai manfaat serum wajah yang paling populer. Paparan sinar UV dan radikal bebas sangat perpotensi untuk menimbulkan gejala penuaan lebih cepat.

Tugas dari serum adalah menangkal radikal bebas dan juga menutrisi kulit kembali agar tidak muncul gejala-gejala penuaan seperti dark spot dan keriput di wajah. Anda pun tidak perlu khawatir lagi jika harus beraktivitas di luar di bawah paparan sinar matahari.

3. Mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam

Masalah kecerahan kulit dan juga noda hitam di wajah juga termasuk ke dalam masalah kulit wajah yang meresahkan para wanita. Kandungan antioksidan dan vitamin dalam serum akan membantu memperbaiki kulit dari kedua masalah tersebut. Kulit yang ternutrisi dengan baik akan terlihat lebih sehat dan akan beregenerasi dengan baik juga.

Efek Samping Serum Wajah

Selain mengetahui manfaat serum wajah, tentunya kita juga harus mengetahui apa saja efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan serum wajah. Perlu diketahui bahwa efek samping ini tidak selalu terjadi, semuanya bergantung pada kondisi kulit masing-masing dan produk yang Anda gunakan. Berikut adalah 3 efek samping serum yang perlu Anda waspadai!

1. Iritasi

Selain manfaat serum, Anda juga perlu mengetahui efek samping dari serum. Efek samping serum wajah yang pertama adalah dapat menimbulkan iritasi. Efek samping ini biasanya muncul pada pemilik kulit sensitif dan kulit berjerawat. Hal ini terjadi akibat bahan aktif serum yang lebih kuat dibandingkan dengan pelembab wajah atau krim wajah lainnya.

Maka dari itu, jika kulit dalam keadaan sensitif atau berjerawat, sebaiknya Anda menghindari penggunaan serum terlebih dulu, kecuali Anda menggunakan serum wajah khusus untuk perawatan wajah sensitif dan berjerawat.

2. Berubah menjadi prooksidan

Efek samping yang kedua serum wajah yang seharusnya menjadi antioksidan, bisa menjadi prooksidan yang merupakan kebalikan dari antioksidan. Jika antioksidan berguna untuk merawat kulit, dapat dipastikan bahwa prooksidan memiliki efek sebaliknya yaitu merusak kulit.

Hal ini bisa terjadi pada serum vitamin C. Ketika kita mengaplikasikan serum vitamin C pada kulit, vitamin C bisa bereaksi dengan senyawa lainnya dan menciptakan senyawa baru yang menghasilkan efek prooksidan.

3. Menyebabkan takifilaksis

Takifilaksis adalah keadaan dimana respon kita menurun terhadap pemberian obat yang sudah berulang dengan dosis yang sama. Hal ini bisa terjadi pada Anda yang menggunakan serum Anti penuaan di usia muda. Umumnya serum wajah, seperti serum vitamin C, bermanfaat untuk memicu pertumbuhan kolagen. Padahal pada usia 20-30 tahun, kulit kita masih bisa memproduksi kolagen sendiri.

Ketika sudah menginjak usia yang sudah lebih tua dimana prosuksi kolagen alami kulit sudah jauh berkurang, tentunya dosis serum yang sama tidak akan lagi memberikan efek yang sama pada wajah Anda.

baca juga : Mengenali Perbedaan Serum, Emulsion dan Essence

Cara Pakai Serum Wajah

Perawatan menggunakan serum wajah baru bisa maksimal jika Anda mengetahui cara pakai serum yang benar. Serum wajah umumnya berada pada urutan terakhir skin care rutin. Berikut adalah langkah cara pakai serum yang benar.

  1. Bersihkan wajah dari make up dan kotoran menggunakan perbersih wajah yang biasa Anda gunakan, Jenis pembersih make up yang direkomendasikan untuk membersihkan wajah dengan maksimal adalah miceller water, kemudian diikuti dengan mencuci wajah menggunakan sabun pencuci wajah.
  2. Setelah wajah kering, aplikasikan toner agar wajah lebih maksimal dan segar. Toner terdiri dari dua jenis yaitu exfoliating toner dan hydrating toner. Fungsi exfoliating toner adalah untuk membersihkan, baru kemudian diikuti dengan penggunaan hydrating toner yang bisa membuat kulit terhidrasi dengan baik.
  3. Langkah selanjutnya adalah menggunakan essence. Tujuan dari penggunaan essence adalah agar kulit lebih siap untuk mendapatkan asupan dari serum wajah. Tetapi ada juga yang melewatkan tahapan satu ini, semuanya tergantung pada jenis produk yang Anda gunakan. Ada produk serum wajah yang tidak membutuhkan essence dan juga sebaliknya.
  4. Setelah essence menyerap di wajah, aplikasikan serum di wajah. Cara pakai serum adalah dengan mengambil satu atau dua tetes serum saja lalu aplikasikan hingga merata pada kulit. Tepuk-tepuk wajah agar serum semakin meresap ke dalam kulit.

Jadi, Apakah Serum Wajah Baik untuk Digunakan?

Setiap perawatan wajah tentunya selalu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu juga dengan serum. Sebenarnya serum bisa dikatakan sebagai produk perawatan wajah yang relatif aman, tapi tetap perlu perhatian untuk dalam penggunaannya.

Pertama-tama Anda harus memilih produk serum wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Contohnya seperti lebih baik menghindari produk perawatan penuaan, ketika usia Anda masih sangat muda. Selain itu, jika Anda memiliki masalah kelainan kulit, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dulu pada dokter tentang penggunaan serum ini.

Serum wajah yang memiliki bahan aktif yang cukup kuat juga mengharuskan Anda untuk teliti ketika memilih produk serum wajah. Pastikan serum tidak mengandung bahan-bahan yang mungkin akan memberikan efek buruk jika diaplikasikan ke kulit dalam jangka waktu yang panjang.

Menggunakan serum atau tidak, itu kembali ke pilihan Anda. Tidak ada salahnya menggunakan serum untuk membantu mengatasi berbagai masalah kulit Anda. Tapi tetap jangan lupakan untuk selalu menjadi pengguna yang bijak.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}