Home » » Perbedaan Layar qHD, HD, Full HD, QHD, dan Ultra HD pada Smartphone

Perbedaan Layar qHD, HD, Full HD, QHD, dan Ultra HD pada Smartphone

Posted by Flash Droid Pedia on Monday, August 20, 2018

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, ada banyak inovasi baru untuk sebuah smartphone, yang mana salah satunya adalah dari sisi layarnya. Bagi anda pengamat smartphone, pastinya sering atau sangat familiar dengan istilah layar HD, layar Full HD, qHD ataupun layar Ultra HD. Lantas, tahukah Anda apa yang dimaksud, perbedaan dari berbagai jenis layar tersebut?


Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi Perbedaan Layar qHD, HD, Full HD, QHD, dan Ultra HD pada Smartphone


Sebelum membahas tentang perbedaan dari beberapa jenis layar tersebut, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu mengenai perkembangan dari jenis-jenis layar tersebut. Yang mana tentunya, jenis-jenis tersebut ada karena perkembangan teknologi yang selalu ada pembaharuan/perbaikan. Dimulai pada tahun 2011, smartphone pada umumnya hanya memiliki layar dengan resolusi 640 x 480 piksel saja. Layar tersebut dikenal dengan nama SD atau standard definition. Baru kemudian setelah beberapa tahun berselang, setiap smartphone minimal memiliki resolusi HD.


Dan pastinya, smartphone dengan resolusi layar yang rendah akan memiliki kualitas gambar yang juga rendah. Sebaliknya, apabila ponsel pintar Anda memiliki layar dengan resolusi tinggi, kualitas gambarnya tentu akan lebih baik. Dan hal tersebut, biasanya berbanding lurus dengan harga smartphone tersebut. Makin mahal suatu smartphone pastinya makin terkini/canggih teknologi yang tersemat didalamnya.


Oke, kembali ke pembahasan awal, berikut ini telah kami rangkum mengenai perbedaan layar jenis qHD, HD, WXGA, FHD, QHD dan Ultra HD. Langsung saja untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini.


Jenis-Jenis Layar Smartphone



  • Layar dengan Resolusi qHD


Jenis yang pertama, yang kami ulas adalah jenis layar smartphone yang menggunakan resolusi qHD. Oya, perlu anda ketahui, bahwa qHD dengan QHD itu berbeda. Penggunaan “q” dengan huruf kecil berarti “quarter” atau seperempat. Artinya, layar hanya memiliki resolusi seperempat dari resolusi full HD. Ukuran resolusi layarnya adalah 960 x 540 piksel. Rasio layarnya sebesar 16:9 atau memanjang. Resolusi qHD bisa dibilang yang paling sederhana.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah




  • Layar dengan Resolusi HD


Berikutnya adalah layar dengan resolusi HD. Saat ini, hampir semua smartphone paling minim memiliki resolusi HD atau High Definition. Nama lain dari resolusi HD adalah 720p. Ukuran resolusi layarnya adalah sebesar 1280 x 720 pixel. Rasio layarnya mencapai 16:9. Untuk menampilkan gambar dengan standar unggul, minimal sebuah smartphone harus menggunakan layar dengan resolusi HD.



  • Layar dengan Resolusi WXGA


Nah, untuk jenis layar yang satu ini memang jarang digunakan untuk ponsel biasa. Karena layar WXGA ini biasanya digunakan untuk perangkat tablet. Ukuran resolusinya sedikit lebih besar dari layar HD, yaitu sebesar 1366 x 768 piksel.



  • Layar Dengan Resolusi FHD


Kualitas layar dengan resolusi FHD tentu lebih baik dari HD serta qHD Ukuran resolusinya adalah sebesar 1920 x 1080 pixel. Dan untuk ponsel pintar dengan layar berukuran 5 sampai 5.5 inci, sepertinya wajib menggunakan layar dengan resolusi FHD ini untuk mendukung performanya.



  • Layar dengan Resolusi QHD


Penggunaan “Q” dengan huruf besar berarti “Quad”. Layar dengan resolusi QHD berarti memiliki ukuran total piksel empat kali lebih besar dari resolusi HD. Ukurannya mencapai 2560 x 1440 piksel. Ponsel-ponsel kelas atas yang terbaru banyak menggunakan layar dengan resolusi QHD. Dengan resolusi yang sangat besar ini, kualitas gambar dijamin akan lebih bagus.



  • Layar dengan Resolusi Ultra HD


Yang terakhir adalah layar smartphone yang menggunakan layar ultra HD. dan bisa dibilang, layar jenis inilah yang paling bagus atau versi terupdate untuk saat ini. Ultra HD memiliki ukuran resolusi yang sangat besar, yaitu mencapai 3840 x 2160 piksel. Dan pastinya, hanya smartphone tertentu yang menggunakan layar Ultra HD ini. Jumlah ini empat kali lebih besar dibandingkan dengan layar Full HD. Bisa dibayangkan sendiri setajam apa gambar yang mampu dihasilkan oleh smartphone yang memiliki layar Ultra HD. Dan sudah bisa ditebak, jika hanya smartphone kelas atas saja yang dipersenjatai dengan teknologi ini.


Nah, demikian penjelasan singkat untuk Anda yang ingin mengenal perbedaan berbagai jenis layar yang tersemat pada smartphone pintar saat ini. Semakin tinggi resolusinya, tentu akan semakin baik pula kualitas gambarnya. Sekedar saran, buat Anda yang ingin memiliki ponsel dengan layar tajam, minimal pilihlah smartphone dengan layar Full HD. Semoga bermanfaat.




0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}