Home » » Mudah, Cara Ampuh Sembuhkan Sariawan dengan 8 Makanan Harian!

Mudah, Cara Ampuh Sembuhkan Sariawan dengan 8 Makanan Harian!

Posted by Flash Droid Pedia on Wednesday, August 8, 2018

doktersehat-seledri-untuk-kesehatan-kulit
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Mengalami sariawan memang sangat mengganggu, ya. Kita jadi kesulitan untuk makan, bahkan tak jarang mulut jadi lebih banyak diam.

Jika biasanya Anda menggunakan obat-obatan kimia untuk mengobati sariawan, kini mencoba bahan makanan alami yang terbukti mampu menyembuhkan sariawan, juga bisa Anda lakukan, lho.

Tidak hanya lebih mudah, namun pengobatannya juga dilakukan dengan cara yang cukup praktis.

Penasaran bagaimana cara mudah menyembuhakn sariawan dari bahan makanan alami? Yuk, langsung saja sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

1. Mengunyah tangkai seledri

Seledri tentu merupakan bahan alami yang cukup mudah diperoleh, ya.

Siapa sangka dengan mengonsumsi seledri, utamanya bagian batangnya, baik dalam keadaan segar ataupun telah melalui metode pemasakan, mampu mengatasi sariawan dengan cukup baik.

Batang seledri terbukti mampu mengatasi sariawan karena bersifat analgesik, antiradang dan antinflamasi. Hal ini sangat penting untuk mendukung penyembuhan luka sariawan pada rongga mulut.

2. Mengunyah daun basil

Daun yang satu ini terkenal dengan kandungan antibakteri dan antifungal, atau antijamur, yang tinggi. Kondisi ini tentu sangat cocok untuk mengatasi luka pada sariawan agar tidak bertambah parah.

Anda bisa mengonsumsi daun basil secara langsung. Kunyah hingga lembut lalu minum segelas air putih. Lakukan hal ini sebanyak 2-3 kali sehari agar sariawan dapat segera teratasi.

3. Berkumur dengan air rebusan ketumbar dan daun ketumbar

seledri-untuk-kulit-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/jules

Daun ketumbar mamiliki kandungan zat yang bisa mencegah dan mengatasi peradangan pada sariawan.

Manfaat ini bisa Anda rasakan dengan maksimal jika merebus ketumbar dan atau bersamaan dengan daun ketumbar, kemudian menggunakannya untuk berkumur sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

Hal ini tentu sangat membantu sebagai salah satu alternatif yang bisa dilakukan agar pengobatan sariawan bisa maksimal, bukan?

4. Berkumur dengan santan segar

manfaat-santan-untuk-kecantikan-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

Santan ternyata bisa membantu menyembuhkan sariawan, lho. Anda bisa menggunakan santan segar untuk berkumur atau mengoleskan santan pada luka sariawan.

Pilih salah satu saja diantaranya agar manfaatnya lebih optimal, ya. Anda bisa berkumur atau mengoleskan santan pada luka, sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

5. Berkumur dengan air garam

garam-untuk-ketombe-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

Cara yang satu ini tentu cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu mencampurkan setengah sendok makan garam dalam satu gelas air hangat, lalu berkumurlah selama 30-60 detik. Anda bisa melaukannya sebanyak 3-4 kali sehari.

6. Mengoleskan madu

merawat-rambut-dengan-madu-manuka-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com/Three-shots

Madu sudah terkenal dengan kandungan antioksidan tinggi dan sifat antimikrobanya. Hal ini membuat madu merupakan pilihan yang tepat untuk membunuh kuman penyebab sariawan.

Anda bisa langsung mengoleskan madu pada luka sariawan sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

7. Mengoleskan air baking soda

Campurkan sedikit air dengan baking soda, atau langsung membubuhkan baking soda ke luka sariawan. Hal ini dinilai efektif karena fungsi baking soda yang bisa membantu penyembuhan luka.

Akan tetapi, perhatikan bahwa penggunaan baking soda sebaiknya tidak dilakukan terlalu banyak dan sering karena dapat memberikan efek terbakar atau perih pada luka dan daerah sekitar sariawan.

8. Menempelkan es batu

es-batu-doktersehat
Photo Credit: John Voo Follow

Cara terakhir yang bisa jadi pilihan super mudah, adalah dengan menggunakan es batu. Tidak kalah dengan bahan makanan yang memiliki sifat menyembuhkan lainnya, es batu bisa memberikan manfaat berupa meredakan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan pada area sariawan.

Anda boleh mencobanya, namun tidak perlu melakukannya terlalu sering, maksimal 2 kali dalam sehari saja, ya.

Nah, itu dia 8 cara diatas tentu cukup mudah Anda lakukan atau kombinasi sendiri untuk mempercepat penyembuhan sariawan, bukan?


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}