Home » » Bolehkah Penderita Kolesterol Makan Daging?

Bolehkah Penderita Kolesterol Makan Daging?

Posted by Flash Droid Pedia on Wednesday, August 8, 2018

doktersehat-daging-sehat
Photo Credit: Flickr.com/Matt Barber

DokterSehat.Com– Penderita masalah kolesterol tinggi memang tidak bisa mengonsumsi sembarang makanan. Jika tidak, maka mereka akan lebih rentan terkena penyakit berbahaya yang mematikan. Hanya saja, apakah penderita kolesterol boleh makan daging?

Selain kaya akan kandungan protein, daging juga kaya akan kandungan lemak sehingga membuat banyak penderita kolesterol tinggi khawatir untuk mengonsumsinya. Padahal, menurut pakar kesehatan, asalkan mereka memilih daging yang tepat, mengolahnya dengan baik, dan mengonsumsinya dengan jumlah yang moderat, masalah kolesterol yang dideritanya tidak akan menjadi semakin memburuk setelah makan daging.

Dari tiga jenis daging yang paling sering dikonsumsi manusia, yakni daging sapi, kambing, dan ayam, daging sapi adalah yang paling tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi karena paling kaya akan kolesterol dan lemak. Di dalam 85 gram daging sapi terdapat 7,9 gram lemak dan 73 mg kolesterol. Sementara itu, daging kambing dengan berat yang sama hanya memiliki lemak 2,6 gram dan 64 gram. Daging ayam dengan berat 85 gram memiliki 6,3 gram lemak dan 76 mg kolesterol.

Karena kandungan kolesterolnya paling rendah, daging kambing jauh lebih direkomendasikan bagi penderita diabetes. Sementara itu, daging ayam asalkan dibuang kulitnya juga boleh untuk dikonsumsi. Bagian lemak pada daging-daging tersebut juga sebaiknya tidak dikonsumsi.

Lantas, bagaimana dengan daging ikan? Penderita kolesterol tinggi justru sangat disarankan untuk mengonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 seperti salmon atau tuna karena bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Alih-alih daging yang digoreng, pakar kesehatan lebih merekomendasikan penderita diabetes untuk mengonsumsi daging yang diolah dengan cara direbus atau dibakar.

Pastikan untuk tidak terlalu sering mengonsumsi daging-dagingan, terkecuali daging ikan, demi menjaga kadar kolesterol dan menurunkan risiko terkena penyakit berbahaya yang terkait dengan kolesterol tinggi.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}