Home » » Kuku Bergaris Hitam Bisa Jadi Tanda Kanker, Lantas Apa Penyebabnya?

Kuku Bergaris Hitam Bisa Jadi Tanda Kanker, Lantas Apa Penyebabnya?

Posted by Flash Droid Pedia on Wednesday, August 8, 2018

kuku-bergaris-hitam-doktersehat

DokterSehat.Com– Kuku Anda bisa memberikan beberapa informasi tentang apa yang terjadi dengan tubuh Anda secara keseluruhan. Bila kuku bergaris hitam atau gelap yang melintang, kondisi ini bisa menjelaskan sesuatu yang normal hingga parah, seperti melanoma (kanker kulit).

Photo Credit: Medical News Today

Bila mengalami kondisi ini seharusnya tidak mengabaikan perubahan pada kuku, terutama jika kuku terasa sakit, berdarah, dan tanpa penjelasan.

Baca juga: Jamur Kuku, Bercak Putih atau Kuning Pada Kuku

Fakta Kuku Bergaris Hitam  

Ada banyak penyebab kuku bergaris hitam, baik yang tidak memprihatinkan maupun serius. Pengobatan tergantung pada penemuan penyebab yang mendasarinya. Seseorang harus menemui dokter jika mereka melihat adanya perubahan pada kuku mereka.

Penyebab Kuku Bergaris Hitam

Paling umum, kuku bergaris hitam disebabkan oleh gejala yang dikenal sebagai melanonychia linier. Menurut United Kingdom’s National Health Service, garis-garis ini biasanya terjadi pada keturunan Afrika-Amerika yang berusia 20 dan lebih tua.

Melanonychia linier dianggap sebagai variasi warna kuku yang normal. Kondisi ini terjadi ketika pigmen di kuku yang dikenal sebagai melanosit membuat pigmen berlebih. Hal ini menyebabkan kuku hitam.

Penyebab kurang umum dari melanonychia kuku ini termasuk:

  • Menggunakan obat tertentu, seperti obat kemoterapi, beta blocker, obat anti-malaria, atau obat azidothymidine
  • HIV
  • Sindrom Laugier-Hunziker
  • Lupus
  • Sindrom Peutz-Jeghers
  • Skleroderma

Penyebab lain kuku bergaris hitam adalah perdarahan, yang terjadi saat pembuluh darah di bawah kuku rusak. Kondisi ini biasanya karena luka-luka, seperti terkena benda tumpul atau karena memukul.

Yang lebih serius lagi, tanda kuku bergaris hitam bisa menunjukkan adanya melanoma, suatu bentuk berbahaya dari kanker kulit. Melanoma di bawah kuku dikenal sebagai melanoma subungual. Salah satu jenis melanoma dikenal sebagai acral lentiginous melanoma (ALM).

Menurut pedoman klinis yang diterbitkan dalam Journal of Foot and Ankle Research, sekitar setengah dari semua melanoma di tangan dan kaki disebabkan oleh ALM.

Baca juga: Kuku Menghitam? Kenali Penyebabnya!

Gejala Kuku Bergaris Hitam

Biasanya, kuku jari yang sehat akan memiliki punggung vertikal kecil di dalamnya, melengkung ke bawah dari kuku, dan tidak pecah atau mudah pecah. Namun, ada kalanya seseorang bisa mengalami kuku bergaris hitam.

Melanonychia linier

Bila memiliki melanonychia linier, Anda mungkin melihat tanda kuku bergaris gelap yang melintang di kuku. Kondisi ini mungkin memiliki variasi warna yang berkisar dari hitam sampai cokelat tua dan abu-abu. Garis-garis ini biasanya akan muncul pada 2 sampai 5 kuku jari tangan, tapi belum tentu semua.

Subungual melanoma

Bila seseorang memiliki melanoma subungual, mereka biasanya hanya memerhatikan satu garis pada satu kuku saja. Seringkali, mereka tidak menghubungkan garis itu yang disebabkan karena luka.

Biasanya, tanda kuku bergaris hitam dari melanoma subungual akan melebar seiring waktu. Terkadang, kuku akan terasa sakit atau berdarah.

Pigmentasi juga bisa meluas ke daerah di mana kuku jari tangan memenuhi kutikula. Ini dikenal sebagai tanda Hutchinson, yang seringkali merupakan indikator melanoma. Garis dapat terbentuk, baik pada kuku jari tangan maupun kuku jempol kaki bergaris hitam.

Menurut jurnal Podiatry Management, diperkirakan 40 sampai 55 persen kasus melanoma subungual terjadi di kaki.

Perdarahan splinter

Perdarahan splinter muncul sebagai garis hitam kecil atau merah tua dan disebabkan oleh luka pada pembuluh darah kecil di bagian dalam kuku. Ini biasanya sembuh sendiri dalam beberapa hari.

Jika seseorang mengalami beberapa perdarahan sempalan di beberapa kuku yang berbeda, itu bisa menunjukkan kondisi yang mendasarinya.

Diagnosis Kuku Bergaris Hitam 

Proses diagnostik untuk garis gelap di bawah kuku biasanya dimulai dengan riwayat medis seseorang.

Pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh dokter meliputi:

  • Berapa lama sudah ada garis?
  • Kapan Anda pertama kali menyadari garis itu?
  • Pernahkah Anda memperhatikan perubahan terbaru pada garis kuku?
  • Apakah Anda pernah mengalami trauma pada kuku yang mungkin menyebabkan perubahan ini?

Seorang dokter juga akan bertanya tentang obat-obatan. Jika seseorang memiliki riwayat minum pengencer darah, seperti warfarin atau aspirin, ini bisa menjelaskan perdarahan sempalan.

Terkadang dokter akan mengambil biopsi atau sampel area kuku. Mereka akan mengirim biopsi ini ke ahli patologi, yang dapat mengidentifikasi apakah ada sel kanker yang ada.

Baca juga: Yuk, Jaga Kesehatan Kuku dengan 3 Jenis Makanan ini!

Mengobati Kuku Bergari Hitam

Sebagian besar penyebab kuku begaris hitam garis hitam di kuku tidak memerlukan perawatan. Melanoma adalah pengecualian. Seorang dokter biasanya akan terlebih dahulu membuang area melanoma dan juga kulit di bawah kuku jari. Seorang dokter bisa melakukan cangkok kulit di atas kuku untuk memperbaiki penampilan jari pasca-operasi.

Jika melanoma telah menyebar ke tulang, dokter mungkin menyarankan untuk mengamputasi jari untuk menghentikan penyebaran melanoma.

Sebagian besar garis hitam di kuku dan kuku kaki tidak berbahaya. Namun, jika seseorang memiliki melanoma, sebelumnya kondisi tersebut didiagnosis, semakin baik prognosisnya (perkiraan penyakit).

Menurut Journal of Foot and Ankle Research, melanoma yang terjadi di kaki atau kuku kaki memiliki prognosis yang lebih buruk daripada melanoma di tempat lain, karena mungkin tidak selalu didiagnosis sejak dini.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}