Home » » Ini yang Terjadi Jika Anak Makan Mie Instan Setiap Hari

Ini yang Terjadi Jika Anak Makan Mie Instan Setiap Hari

Posted by Flash Droid Pedia on Sunday, August 26, 2018

mie_goreng_instan_doktersehat_3
Photo Source: Flickr/Valentin Janiaut

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika mie instan memiliki rasa yang sangat nikmat sehingga disukai oleh siapa saja. Sayangnya, karena rasanya yang luar biasa nikmat ini, banyak orang yang memilih untuk mengonsumsinya setiap hari, termasuk anak-anak. Sebenarnya, apakah tidak apa-apa jika anak mengonsumsi mie instan setiap hari?

Menurut British Medical Journal yang dikeluarkan pada tahun 2015 lalu, ada efek kesehatan yang akan didapatkan anak jika suka mengonsumsi mie instan. Sebagai contoh, penelitian Nutrition Research and Practice yang dilakukan pada 2011 menyebut orang dewasa dan anak-anak yang rutin makan mie instan cenderung mengonsumsi lemak dan garam dalam jumlah yang tinggi setiap hari. Hal ini memang disebabkan oleh kedua kandungan ini yang memang sangat tinggi di dalam mie instan.

Sudah menjadi rahasia umum jika mengonsumsi lemak terlalu banyak bisa memicu kenaikan berat badan. Sementara itu, mengonsumsi garam berlebihan bisa menyebabkan masalah tekanan darah tinggi. Padahal, jika sejak anak-anak kita sudah mengalami masalah obesitas atau tekanan darah tinggi, di usia dewasa kita tentu akan jauh lebih rentan terkena masalah kesehatan yang lebih serius seperti penyakit jantung dan stroke.

Sering mengonsumsi mie instan dan tidak diimbangi dengan asupan gizi lainnya seperti makanan berprotein layaknya daging atau sayur dan buah yang kaya serat juga bisa membuat anak-anak mengalami kekurangan nutrisi seperti protein, kalsium, zat besi, dan vitamin yang tentu akan mempengaruhi pertumbuhan, kesehatan, dan risiko terkena penyakit tertentu.

Melihat adanya fakta ini, orang tua memang sebaiknya tidak membiasakan anaknya mengonsumsi mie instan. Sesekali mengonsumsinya tidak apa-apa, tapi jangan sampai memberikan mereka makanan in isetiap hari demi menjaga kesehatannya.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}