Home » » Begini Cara Gampang Cek Pajak Kendaraan Tanpa Lihat Stnk Tanpa Repot

Begini Cara Gampang Cek Pajak Kendaraan Tanpa Lihat Stnk Tanpa Repot

Posted by Flash Droid Pedia on Monday, August 20, 2018

Di zaman kini ini semuanya sudah serba online ya sobat, ada ojek online, toko online bahkan mengecek pajak kendaraan pun ketika ini sanggup dilakukan secara online tanpa melihat Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Sobat tahu bukan? Jika kita telat membayar pajak akan dikenai denda, selain itu juga akan merugikan kau kalau kau berniat untuk menjual kendaraan  tersebut.


Maka dari itu, kau perlu sekali untuk rajin mengecek jatuh tempo pajak kendaraan kau supaya kau tidak telat untuk membayar pajak. Apalagi buat kau yang jarang sekali memakai kendaraan pribadi untuk transportasi sehari-hari dan meninggalkan kendaraan beroda empat atau motor tersebut di rumah, pastinya STNK yang sering kau taruh pada dompet kunci kendaraan beroda empat juga ditinggalkan bukan? Sehingga menciptakan kau lupa untuk mengecek pajak kendaraan kamu.


 


Cara Mengecek Pajak Kendaraan dengan Praktis Tanpa Ribet


Nah kini kau tidak perlu khawatir lagi, lantaran dengan memanfaatkan teknologi yang kau miliki, kau sanggup menilik pajak kendaraan kau dengan cara online ataupun offline ibarat yang akan saya rekomendasikan kali ini. Selain itu, metode cek pajak yang akan saya tuliskan ini juga sanggup mempunyai kegunaan buat kau yang akan membeli kendaaran bekas loh sobat.


Misalnya ketika kau ditawari kendaaraan kendaraan beroda empat atau motor dan kau sudah melihat nomor polisi nya, eksklusif saja cek pajaknya dengan cara yang akan saya rekomendasikan ini, dan kalau tiba – tiba di kolom gosip tidak sesuai dengan mobilnya, itu berarti kau patut untuk mewaspadai si penjualnya ya sobat. Nah buat kau yang sudah ingin tau untuk mengetahui metode apa saja yang sanggup kita gunakan untuk cek pajak kendaraan tanpa melihat STNK, maka eksklusif saja simak penjelasannya di bawah ini.


 


#1. Aplikasi Cek Ranmor


Aplikasi Cek Ranmor ini merupakan aplikasi yang sanggup kau gunakan untuk mengecek pajak kendaraan kamu. Caranya yakni kau harus menginstal terlebih dahulu aplikasi tersebut di google Play Store, selanjutnya login dengan memakai akun google, lalu masukkan nomor poisi kendaraan beroda empat atau motor kau dengan disertai KTP.


Setelah itu, maka aplikasi ini akan menampilkan data kendaraan kamu. Namun, apabila kau tidak memasukkan nomor KTP, maka nama pemilik dan info pajak progresif tidak akan  keluar. Kemudian, untuk wilayah Jawa Timur, kau tidak sanggup memakai aplikasi ini, melainkan kau harus memakai aplikasi E-SMART Samsat Jatim. Dan untuk Sumatera Barat, kau sanggup memakai aplikasi Samsat Mobile Prov. Sumbar.


 


#2. SMS


Cara mengecek pajak kendaraan yang satu ini hanya berlaku untuk wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta saja. Cara mengecek pajak kendaraan untuk wilayah Jawa Barat dengan plat kendaraan B, D, E, F, T, dan Z , yakni dengan mengirimkan SMS ke Dispenda Jabar 0811 211 9211. Dengan format SMS Info<spasi>kode plat kendaraan di Jawa Barat/nomor polisi/kode seri plat kendaraan<spasi>warna plat kendaraan.  Sebagai contoh: Info B 2124 SS hitam.


Sedangkan untuk wilayah Jawa Tengah dengan plat kendaraan H, format nya yakni JATENG<spasi>nomor pelat kendaraan. Sebagai contoh: JATENG H1829DD. Dan untuk wilayah Yogyakarta, format sms nya yakni DIY<spasi>nomor pelat kendaraan. Contoh : DIY AB7782SA. Setelah kau mengirimkan SMS, maka akan ada akibat terkait gosip kendaraan kamu.


 


#3. Situs Samsat PKB


Untuk mengecek pajak kendaraan dengan cara yang satu ini silahkan kau kunjungi situs Samsat PKB selanjutnya memasukkan nomor polisi di kendaraan pribadimu, lalu klik proses, sehabis itu akan muncul informasi. Selain itu, pada situs ini akan tertulis apakah mobilmu terkena pajak progresif atau tidak.


Bahkan kau juga sanggup melihat jumlah dana yang harus kau bayarkan untuk perpanjangan STNK selanjutnya. Akan tetapi perlu kau ketahui ya sobat, bahwa Samsat ini hanya untuk plat B saja lantaran untuk setiap wilayah situsnya berbeda – beda. Silahkan klik wilayah kau di bawah ini, maka akan terhubung ke situsnya.


Aceh


Sulawesi Tengah


Jawa Timur


Jawa Tengah


Yogyakarta


Riau


Kepulauan Riau


 


#4. Cara Cek Pajak Kendaraan di Provinsi Tanpa Layanan e-Samsat


Apabila wilayah daerah kau membeli kendaraan yang berada di luar Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Aceh, Riau, Yogyakarta, Sulawesi Tengah, dan Kepulauan Riau, maka cukup sulit untuk melakukannya secara online. Karena mau tidak mau kau harus lihat STNK kendaraan. Atau bahkan kau juga sanggup melaksanakan itu dengan mendatangi Samsat terdekat kalau memang sedang lupa bawa STNK. Jadi, apabila kendaraan kau sering di parkir di rumah, ada baiknya untuk menyimpan fotokopi STNK dan menyimpannya di dompet.


 


Itulah yang sanggup saya rekomendasi kan kali ini ihwal 4 Cara Praktis Cek Pajak Kendaraan Tanpa Lihat STNK. Semoga gosip yang saya tuliskan diatas sanggup membantu dan juga bermanfaat ya sobat. Karena dengan mengetahui tanggal jatuh tempo pajak, maka kau tidak akan lupa untuk segera bayar pajak dan sanggup menyiapkan uang kau jauh – jauh hari. Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk menanyakannya di kolom komentar ya sobat.



Sumber https://timeslib.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}