Home » , » 10 Cara Mengatasinya Penyebab Ram Cepat Penuh Di Pc Laptop Dengan Efektif

10 Cara Mengatasinya Penyebab Ram Cepat Penuh Di Pc Laptop Dengan Efektif

Posted by Flash Droid Pedia on Sunday, August 26, 2018

RAM (Random Access Memory) merupakan sebuah hardware memory yang ada di perangkat komputer atau smartphone anda. RAM merupakan sebuah memory yang sanggup membaca dan menulis file, berbeda dengan ROM ( Read Only Memory) yang haya sanggup membaca file saja. Jika komputer anda mengalami lag atau lemot dalam menjalankan software, apalagi software yang berat, tetapi anda sedang di kejar deadline pekerjaan atau kiprah anda dan anda hanya bisa menunggu dengan waktu yang sia –sia sampai software yang anda operasikan terbuka.


Penyebab dari persoalan di atas salah satunya yaitu memory RAM yang anda gunakan sudah terlalu penuh. Mungkin persoalan ini sudah menjadi masalh yang sering sekali kita jumpai. Mungkin anda pernah menjumpai memory RAM pada komputer kita penuh walaupun belum menjalankan software apapun. Maka dari itu banyak kita temukan kalau memory RAM telah penuh komputer kita akan semakin lemot dan sering crash.


Komputer sangatlah besar lengan berkuasa terhadap kapasitas RAM yang tersedia. Jika RAM yang anda gunakan sudah rusak maka komputer tidak akan mau hidup. Fungsi dari memory RAM sendiri yaitu sebagai kawasan penyimpanan sementara untu arahan atau data hasil olaan processor.


Banyak yang bertanya kenapa sih RAM pada komputer kita cepat penuh ?. Penyebab RAM pada komputer anda cepat penuh yaitu lantaran di sebabkan oleh beberap faktor yang mempengarui salah satunya faktor kapasitas RAM yang kurang memadahi, tetapi kalau anda sudah memakai RAM dengan kapasitas yang besar namun anda mengoprasikan aplikasi yang biasa tetapi kapasitas RAM cepat penuh, hal itu harus di cari tahu penyebabnya.



Penyebab dan Cara Mengatasi RAM Cepat Penuh


Simak sedikit artikel di bawah perihal penyebab RAM cepat penuh dan cara mengatasinya, mungkin penyebab – penyebab tersebut cocok dengan permasalahan anda.


 


#1. Kapasitas RAM Kurang


Kapasitas memory RAM sangatlah berpengauh pada kinerja komputer anda. Jika anda memakai kapasitas RAM yang terlalu minim, maka memory RAM yang anda gunkan pada komputer anda akan cepat penuh, sehingga saat anda menjalankan software akan membutuhkan waktu yang usang dalam proses membukanya. Software aplikasi dengan versi yang lebih gres juga sanggup memakan banyak kapasitas RAM pada komputer anda di bandingkan dengan software versi usang anda.


Hal ini di sebabkan lantaran software dengan versi yang lebuh gres menambahkan  fitur – fitur yang baru, sehingga software tesebut juga meningkatkan ukuran software tersebut yang sanggup menimbulkan RAM anda cepat penuh. Jika anda menjalankan software gres dengan kapasitas RAM yang setandar, maka tidak ajaib saat komputer anda mengalami lag atau lemot. Sebaiknya untuk mengatasi persoalan tersebut anda tetap memakai software alama anda, namun kalau anda ingin menambah kapasitas RAM anda, sebaiknya carilah brand RAM yang berkualitas dan sesuaikan dengan socket RAM pada komputer anda.


 


#2. Terlalu Banyak Aplikasi Start-up


Aplikasi Sstart-up yaitu aplikasi yang akan di jalankan secara otomatis saat komputer yang anda guanakan di hidupkan atau startup. Ana bisa melihat aplikasi start-up apa saja yang berjalan pada komputer anda dengan cara buka kotak Run dengan cara klik tombol (Windows+R) secara bersamaan dan ketikan “msconfig” pada kotak Run tanpa tanda petik (“). Maka akan secara otomatis terbuka aplikasi start-up apa sajakah yang berjalan pada komputer anda seperti. Pada umumnya aplikasi start-up yang di jalankan mempunyai fungsi yang sangat penting seprti, windows firewall, antivirus, dan aplikasi lainya.


Namun kalau aplikasi start-up yang ada di komputer terlalu banyak akan menimbulkan kapasitas RAM cepat penuh, lantaran RAM akan terisi penuh dengan apliakasi start-up semenjak komputer di hidupkan. Untuk mengatasi persoalan tersebut, anda harus mengurangi aplikasi start-up yang tidak penting pada komputer anda, tetapi jangan mengurangi aplikasi yang penting sepeti antivirus dan firewall lantaran menjaga komputer anda ari serangan virus, kalau aplikasi start-up yang  berjalan sedikit, maka apasitas ram tidak cepat penuh dan kinerja komputer akan tetap optimal.


 


#3. Memory RAM Bermasalah


Kapasitas RAM juga sanggup besar lengan berkuasa degan RAM yang bermasalah, kerusakan pada RAM juga sanggup menimbulkan komputer anda menjadi sering restart dengan sendirinya, mengalami lag atau hang dan lebih buruknya komputer anda tidak bisa menampilkan output pada komputer anda dan kemungkinan jelek lainya komputer anda tidak sanggup di gunakan.


Sebaiknya anda mengecek terlebih dahulu RAM yang anda gunakan mengalami kerusakan atau tidak dengan memakai BIOS pada komputer anda atau mencoba dengan memory RAM yang lain atau mencoba memory RAM anda pada komputer lain. Dan persoalan yang lainya yaitu RAM yang anda gunakan sudah kotor, anda sanggup membersihkan memory RAM anda dengn memakai penghapus pensil dengan cara menggosokan pada penggalan pin yang berwarna emas dengan satu arah yaitu keluar.


 


#4. Banyakya Service atau Layanan Yang Berjalan


Banyaknya service atau layanan yang berjalan pada komputer anda juga sanggup mengurangi kapasitas memoory RAM anda, menyerupai halnya aplikasi start-up  hal ini di sebabkan lantaran service dan layanan akan secara otomatis berjalan pada komputer anda saat di jalankan. Sehinga memory RAM anda akan cepat terisi oleh layanan dan sevice saat komputer pertama menyala, menyerupai layanan svchost.exe yang cukup banyak di temukan dan banyak memakan kapasitas RAM. Solusinya anda sanggup mengurangi layanan dan service pada komputer anda sehingga kapasitas memory RAM ana semakin bertambah.


 


#5. Program Antivirus Yang Terlalu Berat


Banyak sekali aplikasi atau software penyedia antivirus yang ada di dunia ini. Anda di bebaskan untuk menentukan aplikasi antivirus sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang anda inginkan. Selain itu anda juga harus mengetahui kekurangan dan kelebihan antivirus yang anda gunakan. Tetapi anda juga harus menentukan antivirus sesuai dengan komputer anada, kalau anda memakai aplikasi antivirus dan anti malware, sebaiknya anda memakai salah satu aplikasi saja, lantaran salah satu aplikasi tersebut sudah menawarkan dua kemampuan yang anda inginkan yaitu sanggup mempunyai kegunaan sebagai antivirus dan juga anti malware.


Dengan begitu kapasitas memory RAM anda sanggup bertambah. Hal lainya yang anda harus perhatikan yaitu menentukan antivirus dengan ukuran yang ringan. Jika anda memakai antivirus yang berat maka kapasitas memory RAM yang anda gunakan akan cepat penuh, maka gunakanlah antivirus yang lebih ringan.


 


#6. Update Driver


Driver merupakan sebuah kegiatan khusus yang di buat biar sistem operasi sanggup berkomunikasi dengan hardware yang di gunakan pada komputer anda. Contohnya yaitu, WLAN driver biar sanggup terhubung dengan jaringan wireless, atau sound driver untuk bunyi biar sanggup terhubung dengan speaker, driver untuk printer dan lain – lain . Jika driver mengalami suatu persoalan dengan sistem operasi, maka penyebabnya yaitu kinerja processor dan RAM akan semakin berat, alhasil kapasitas RAM yang anda gunakan cepat terisi penuh lantaran tersedot oleh persoalan yang terjadi pada driver tersebut. Solusinya yaitu anda sanggup melaksanakan update driver biar sanggup kompatible dengan sistem oprasi yang anda gunakan.


 


#7. Update Sistem Operasi


Sama dengan Software lainya, Sistem Operasi juga sanggup melaksanakan update untuk memperbaiki keamana dan menambah fitur – fitur gres untuk membantu dan memudahkan para pengguna untuk melaksanakan pekerjaan yang mereka lakukan. Kita ambil salah satu sistem operasi yaitu windows dari microsoft, sistem operasi dari microsoft ni sering sekali melaksanakan update secara terpola lantaran sistem operasi ini berbagai di gunakan di dunia ini. Sebaiknya anda mengupdate sistem operasi tersebut untuk menambah keamanan dan menambah kenyamanan anda. Tetapi update sistem operasi ini juga sanggup menjadikan beberapa masalah, salah satunya yaitu kapasitas memory RAM anda cepat penuh.


 


#8. Adanya Virus atau Malware


Adanya serangan virus atau malware pada komputer kita sangatlah merugikan bagi kita, lantaran serangan dari virus atau malware tersebut sanggup merusak data – data penting kita, menjadikan komputer kita menjadi lemot bahkan sanggup menyerang sistem operasi yang kita gunakan. Dampaknya komputer kita tidak bisa di gunakan secara optimal. Virus tersebut di ciptakan oleh seseorang yang merupakan kegiatan yang diciptakan untuk kepentingan langsung penciptanaya. Virus ini berjalan di background sehingga tidak sanggup dilihat oleh para pengguna.


Ketika virus dan malware berjalan tentu akan memakai memory RAM dengan cara melaksanakan request process berkali kali sehingga kapasitas memory RAM anda akan semakin berkurang. Bukan hanya kapasitas memory RAM yang berkurang, namun resource yang lain menyerupai daya listrik akan semakin boros, apalagi komputer anda terjangkit malware yang menjadikan kompute anda sebagai botnet yang aktif, maka resource yang di pakai akan semakin besar.


Maka kalau anda mengalmi persoalan tersebut untuk mengatasi masalahnya yaitu dengan memasang software antivirus dan segeralah untuk melaksanakan secaning terhadap semua partisi pada komputer atau laptop anda secara berkala. Apalagi saat komputer anda sedang terhubung dengan intenet, dan jangan lua biar selalu mengupdate antivirus yang anda gunakan, biar virus dengan kegiatan baru  sanggup terdeteksi, mengupdate antivirus juga memperbaiki bug atau celah pada antivirus tersebut.


 


#9. Program yang berjalan di Background


Program yang berjalan di backgrond pada komputer anda juga sanggup menjadi alasannya yaitu kapasitas memory RAM pada komputer anda. Semakin banyak kegiatan yang berjalan di background kompter anda, makan akan semakin banyak pula memory RAM yang di gunakan lantaran melaksanakan process secara bersamaan dengan kegiatan yang dibuka dan juga seringkali terdapat virus yang berjalan di background komputer kita. Solusi dari persoalan tersebut yaitu anda harus mengecek kegiatan apa saja yang sedang berjalan di komputer anda dan menghentikan kegiatan yang dirasa tidak penting sehingga kapasitas ruang kosong pada memory RAM anda semakn besar.


 


#10. Terlalu Banyak Plugin Pada Browser


Plugin merupakan aplikasi pemanis yang di gunakan pada browser. Plugin sediri mempunyai fungsi untuk menambah fitur – fitur menarik pada browser. Ketika aplikasi browser di gunakan akan secara otomatis aplikasi plugin juga ikut terbuka, hal tersebut sanggup menimbulkan kapastas memory RAM pada komputer anda akan bekerja ekstra dan kapasitasnya akan cepat penuh. Solusinya yaitu anda sanggup membatasi plugin – plugin yang anda gunakan pada browser anda, sehingga ruang pada memory RAM anda akan sedikit longgar.


 


Demikian yaitu sedikit artikel perihal penyebab RAM cepat penuh dan cara mengatasinya. Semoga artikel tersebut sanggup bermanfaat bagi anda yang mempunyai persoalan memory RAM yang cepat penuh dan semoga anda sanggup mengatasinya, dan bagi anda yang telah membaca semoga sanggup menambah ilmu perihal penyebab memory RAM cepat penuh dan cara mengatasinya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, jangan lupa share kalau bermanfaat.



Sumber https://timeslib.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}