Home » » Obat-Obatan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Obat-Obatan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Posted by Flash Droid Pedia on Wednesday, July 25, 2018

DokterSehat.Com– Pada awal kehamilan biasanya daya tahan tubuh akan mengalami penurunan. Kondisi seperti ini dapat memicu datangnya penyakit flu, radang tenggorokan atau penyakit ringan lainnya. Meski begitu, ibu hamil tidak boleh mengonsumsi sembarangan obat karena dapat memengaruhi kondisi janin dalam kandungannya.

Sebaiknya ibu hamil yang menderita penyakit tertentu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan. Berikut ini daftar beberapa obat yang aman dan obat yang dilarang untuk ibu hamil.

Baca juga: Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil

Obat yang Relatif Aman untuk Ibu Hamil

Perlu diingat, berikut obat yang aman dikonsumsi untuk ibu hamil:

  • Obat alergi: Obat semprot hidung.
  • Obat anti-mual: Vitamin B6 (sampai 100 mg per hari).
  • Obat sembelit: Pelunak feses.
  • Pencegah flu: Vaksin flu (jika ibu alergi terhadap telur atau daging ayam sebaiknya tidak melakukan vaksin flu sebab dalam vaksin terkandung bahan protein telur).
  • Obat sakit maag: Antasida.
  • Multivitamin: Pilihlah produk yang diformulasikan khusus untuk wanita hamil dan menyusui.
  • Pengurang rasa sakit: acetaminophen atau tylenol.
  • Anti-jamur: Krim vagina.
  • Anti-biotik: Golongan penicilin, cephalosporin, erythromycin, dan clindamycin.
  • Obat asma: Obat inhalasi yang mengandung steroid.
  • Antasida untuk ibu hamil dan anti-ulkus
  • Antidepresan: Obat golongan SSRI (Selective serotonin reuptake inhibitor) dan golongan trisiklik antidepresan seperti imipramine dan amitriptyline.
  • Obat hipertensi: Golongan metildopa.

Baca juga: Obat Flu Berbahaya Untuk Ibu Hamil!

Obat yang Tidak Boleh Diminum Saat Hamil

Sebelum membelinya, berikut obat yang berbahaya untuk ibu hamil:

  • Obat anti-inflamasi nonsterold seperti asam mefenamat harus dihindari terutama pada usia kehamilan ketujuh sampai kesembilan, kecuali mendapat pertimbangan dokter karena manfaatnya lebih besar ketimbang risiko terhadap janin.
  • Obat cacing mebendazol, sebaiknya hindari obat itu karena belum diketahui aman atau tidaknya bagi ibu hamil.
  • Obat asma salbutamol belum diketahui persis tingkat keamanannya bagi ibu hamil. Bagi penderita asma yang sedang hamil sebaiknya gunakan obat asma yang disemprot ke mulut (inhalasi) untuk meminimalkan dampak buruk terhadap janin.
  • Obat analgesik seperti antiplatelet asetosal dan antipiretik sebaiknya dihindari terutama pada usia kehamilan ketujuh sampai kesembilan. Obat ini bisa meningkatkan risiko pendarahan ketika proses persalinan. Penggunaan dalam dosis tinggi bisa mengakibatkan hipertensi yang menetap pda bayi yang baru lahir.
  • Penggunaan obat antimabuk seperti dimenhidrinat pada ibu hamil dan menyusui harus atas persetujuan dokter terlebih dahulu. Dalam perjalanan seperti dimenhidrinat, ibu hamil dan menyusui harus berkonsultasi dulu ke dokter sebelum menggunakan obat ini.
  • Obat pengurang rasa sakit seperti aspirin yang dosisnya lebih dari 81 mg dan obat-obat lainnya yang mengandung ibuprofen serta obat anti-inflamasi non steroid.
  • Obat sembelit seperti mineral oil.
  • Obat migren golongan ergotamin.
  • Obat rematik
  • Obat jerawat seperti roaccutane serta vitamin A oral lainnya.

Merek Obat yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Untuk memastikan bayi mereka dilahirkan dengan sehat, wanita hamil harus mendiskusikan obat apa pun yang mereka gunakan atau mungkin diperlukan selama masa kehamilan mereka. Berikut merek obat yang harus dihindari ibu hamil:\

1. Lexapro

Beberapa dokter mengklaim bahwa inhibitor reuptake serotonin selektif mungkin baik-baik saja untuk digunakan selama kehamilan, tetapi informasi tentang itu bertentangan. Misalnya, Lexapro adalah obat anti-depresan dan anti-kecemasan yang diberi peringkat sebagai “Kategori C” pada daftar obat yang mengganggu kehamilan. Kategori C dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa seharusnya hanya diresepkan untuk wanita hamil jika dokter mereka menganggap bahwa manfaat dari obat untuk ibu lebih besar daripada potensi risiko pada janin yang belum lahir.

Namun, penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa Lexapro memiliki efek yang jauh lebih buruk pada janin, seperti cacat jantung, Spina Bifida, dan penyakit Club Foot. Risiko keguguran juga lebih tinggi pada mereka yang menggunakan Lexapro saat hamil. Mengingat bahwa dokter tidak secara efektif mengkomunikasikan risiko Lexapro, tuntutan hukum telah berkembang ke kiri dan kanan atas wanita yang menderita yang melahirkan bayi yang cacat.

2. Accutane

Accutane mungkin adalah obat yang paling terkenal untuk memerangi jerawat. Ini juga merupakan obat yang tidak boleh digunakan saat hamil, bersama dengan merek isotretinoin lainnya. Namun, menurut Nancy S. Green, M.D., direktur medis dari March of Dimes, ada setidaknya 2.000 kehamilan terpapar dilaporkan sejak obat ini diperkenalkan. Mengambil Accutane dapat menyebabkan cacat lahir yang melumpuhkan, di antaranta:

  • Hidrosefali (pembesaran ruang berisi cairan di otak)
  • Mikrosefali (kepala kecil dan otak)
  • Keterbelakangan mental
  • Cacat jantung
  • Kelainan telinga dan mata, celah bibir dan langit-langit, dan bagian wajah lainnya.

Menggunakan Accutane bahkan untuk waktu yang singkat selama kehamilan atau pada tahap pertama, sebelum wanita bahkan menyadari bahwa mereka hamil, masih dapat menyebabkan cacat lahir. Untuk amannya, wanita yang menggunakan Accutane seharusnya tidak mencoba untuk hamil sampai mereka sepenuhnya berhenti menggunakan Accutane.

3. Tetrasiklin

Tetracycline adalah antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri, seperti infeksi saluran kemih, jerawat, kencing nanah, dan klamidia. Tetracycline tidak boleh digunakan selama kehamilan atau saat menyusui karena dokter menganggapnya sebagai obat kategori D.

Meskipun penelitian belum dilakukan pada manusia untuk alasan yang jelas, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa penggunaan Tetracycline saat hamil dapat menyebabkan toksisitas dan teratogenisitas embrio, serta efek toksik pada pembentukan skeletal.

Demikian juga, ketika digunakan selama paruh kedua kehamilan, saat gigi embrio sedang dikembangkan, Tetracycline dapat menyebabkan perubahan warna permanen pada gigi bayi atau bahkan hipoplasia email. Saat menyusui, Tetracycline dilepaskan melalui susu, yang dapat menyebabkan bayi mengalami pewarnaan gigi dan menyulitkan pertumbuhan tulang, meskipun American Academy of Pediatrics telah menyetujui untuk digunakan selama menyusui.

4. Depakote

Depakote adalah obat yang diresepkan untuk orang dengan epilepsi untuk pencegahan kejang. Dalam hal komplikasi kehamilan potensial, Depakote dianggap sebagai obat kategori D dan hanya boleh diberikan dalam dosis terendah jika ibu hamil benar-benar membutuhkannya.

Depakote dapat menyebabkan komplikasi selama kehamilan, seperti cacat lahir. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang lahir dari ibu yang menggunakan Depakote sepanjang kehamilan mendapat nilai lebih rendah pada tes fungsi kognitif daripada rekan-rekan mereka yang lahir dalam keadaan tanpa kehadiran obat.

Sayangnya, epilepsi bukanlah sesuatu yang tidak bisa diobati, dan wanita hamil mungkin dipaksa untuk melanjutkan obat melalui kehamilan untuk menghilangkan risiko kemungkinan kejang. Wanita yang melanjutkan penggunaan Depakote selama kehamilan harus yakin untuk mendapatkan cukup asam folat, yang dapat membantu mencegah beberapa cacat lahir dari yang terjadi.

5. Aspirin

Kebanyakan orang menggunakan Aspirin seperti permen ketika mereka sakit kepala, jadi Anda pikir obat yang dijual bebas yang biasa-biasa saja tidak akan memiliki efek negatif yang sangat buruk pada janin selama kehamilan. Ini tidak benar. A

spirin harus dihindari selama kehamilan, serta obat anti-inflamasi nonsteroid lainnya sepanjang garis Advil dan Ibuprofen. Ini karena, sebelum kelahiran, bayinya mendapatkan oksigen melalui darah dari plasenta. Kemudian saat lahir, penurunan alami tingkat prostaglandin bayi menyebabkan sistem sirkulasi bayi mengalihkan aliran darah ke paru-paru. Aspirin dan blok prostaglandin anti-peradangan lainnya.

Jadi, jika seorang ibu hamil menggunakan Aspirin, terutama setelah 32 minggu, dia bisa menyebabkan aliran darah bayi disalurkan ke uterus. Ini bisa menyebabkan kematian pada bayi.

Baca juga: Tanda-Tanda Bahaya pada Kehamilan

6. Ribavirin

Ribavirin adalah obat kategori X, yang berarti hampir dijamin bisa menyebabkan cacat lahir. Ribavirin adalah obat antiviral yang digunakan untuk mengobati kasus kronis Hepatitis C. Dalam penelitian yang melibatkan hewan hamil, Ribavirin menyebabkan banyak cacat lahir bayi atau kematian.

Janin hewan di hampir semua kasus tunduk pada embryo lethality dan teratogenisitas. Karena tingginya potensi komplikasi, perempuan disarankan untuk menunggu enam bulan setelah menghentikan Ribavirin untuk mulai mencoba hamil. Pria harus melakukan hal yang sama jika mereka menggunakan Ribavirin, karena dapat menyebabkan kelainan pada sperma.

Demikian penjelasan tentang obat yang aman dan obat yang berbahaya untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat, bunda!


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}