Home » » 7 Cara Menggunakan AC yang Baik agar Hemat Listrik dan Irit Pengeluaran

7 Cara Menggunakan AC yang Baik agar Hemat Listrik dan Irit Pengeluaran

Posted by Flash Droid Pedia on Tuesday, July 24, 2018

Cara Menghemat Listrik AC –  Air conditioner (AC) adalah perangkat elektronik penting yang telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, terutama bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta. Setiap AC, memiliki remote yang sesuai dengan tiap-tiap merk sehingga untuk mengontrol operasinya, pengguna tidak perlu repot-repot menjangkau mesin AC itu sendiri. Selain itu, perkembangan teknologi juga memungkinkan adanya alat remote AC universal, yang memungkinan pengguna untuk mengatur hampir semua jenis pendingin ruangan hanya dengan satu remote saja.


Sampai saat ini, AC memang masih dikenal sebagai salah satu alat elektronik yang penggunaan listriknya cukup boros. Oleh karenanya, penting bagi pengguna AC untuk mengetahui cara hemat listrik menggunakan AC. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan dengan mudah.


Baca Juga: 8 Lampu LED Paling Terang namun Tetap Hemat Listrik


Cara Menghemat Listrik AC agar Irit Pengeluaran


1. Temukan Setting Suhu Ideal


 adalah perangkat elektronik penting yang telah menjadi bagian dari kehidupan sehari 7 Cara Menggunakan AC yang Baik agar Hemat Listrik dan Irit Pengeluaran
Sumber Gambar: Pexels


Semakin kecil suhu pendingin ruangan, maka pengeluaran daya listrik yang dibutuhkan akan kian membengkak. Maka dari itu, penting sekali untuk menemukan suhu ideal di mana pengeluaran daya listrik tidak terlalu besar namun disaat yang sama suhu ruangan tetap terasa sejuk. Setelah menemukan suhu ideal, sebaiknya pengguna AC dapat secara konsisten tetap mengatur suhu agar tetap ideal sehingga bisa menghemat penggunaan listrik pada AC.


2. Ketahui Tipe AC yang Dibutuhkan


Tips cara menghemat listrik AC yang penting untuk diingat adalah menyesuaikan jenis AC dengan kebutuhan ruangan. Dengan segala perkembangan teknologi, sekarang tersedia berbagai jenis AC dengan keunggulan masing-masing, seperti AC Panasonic Inverter dengan fitur pengaturan suhu sesuai dengan kondisi ruangan atau AC Daikin R32  yang ramah lingkungan. Besarnya Paard Kracht (PK) juga sangat perlu diperhatikan guna menghemat penggunaan listrik pada AC.


3. Servis AC Secara Berkala


Tips ini sangat penting untuk diperhatikan terutama bagi anda yang memiliki AC dengan umur cukup tua. Sebaiknya, servis AC dilakukan secara berkala dari waktu ke waktu. Pendingin ruangan yang kotor serta jarang diservis membutuhkan daya listrik yang lebih boros untuk mencapai performa optimal.


4. Menutup Pintu Ruangan Tempat AC Berada


Hal ini mungkin terdengar sepele, tapi nyatanya masih banyak orang mengabaikannya. Padahal, ruangan yang terbuka menuntut daya lebih tinggi dari AC karena itu artinya ruangan yang harus dikondisikan tidak hanya ruangan tempat AC berada saja, namun harus ditambah dengan ruangan yang tersambung dengan pintu. Singkatnya, AC jadi bekerja dua kali lipat.


 adalah perangkat elektronik penting yang telah menjadi bagian dari kehidupan sehari 7 Cara Menggunakan AC yang Baik agar Hemat Listrik dan Irit Pengeluaran



Baca Juga: Panggang Makanan Sempurna dengan 10 Oven Listrik Terbaik


5. Menutup Gorden Ruangan


Poin ini juga tidak kalah penting dari tips-tips sebelumnya. Gorden dapat mengurangi daya kalor atau panas yang masuk ke ruangan. Maka dari itu, gorden tertutup dalam suatu ruangan dapat membantu AC mencapai performa optimal dengan daya yang lebih kecil.


6. Menghindarkan AC dari Asap Rokok


Untuk para perokok, hindari merokok di ruangan tempat AC berada. Asap rokok membutuhkan performa filtrasi udara yang cukup berat, sehingga AC yang terkena asap rokok akan bekerja lebih berat dari biasanya, yang tentu saja berarti listrik yang dibutuhkan akan sangat boros.


7. Menggunakan Kipas Angin Listrik Sebagai Alternatif


 adalah perangkat elektronik penting yang telah menjadi bagian dari kehidupan sehari 7 Cara Menggunakan AC yang Baik agar Hemat Listrik dan Irit Pengeluaran
Sumber Gambar: Pexels


Memang sekilas terdengar boros, memiliki kipas bersamaan dengan AC. Namun, tidak bisa ditampik bahwa kipas angin listrik menggunakan daya listrik yang jauh lebih rendah. Oleh karena itu, ada baiknya menggunakan kipas secara komplemen seperti misalnya ketika cuaca di luar tidak terlalu panas. Memiliki kipas di samping AC dapat menjadi cara menghemat listrik AC bagi para penggunanya.


Baca Juga: 9 Merk AC Terbaik yang Hemat Listrik


Itulah beberapa tips cara menghemat listrik AC yang jitu di rumah, Toppers. Bagi kamu pengguna maupun baru ingin membelinya, ada baiknya mengetahui tips-tips di atas agar bisa berhemat listrik dalam menggunakan AC. Menemukan AC dengan harga terbaik sekarang sudah tidak menjadi hal sulit. Cukup akses Tokopedia dan manfaatkan berbagai fitur sortir untuk cari AC yang sesuai dengan keperluanmu!


 adalah perangkat elektronik penting yang telah menjadi bagian dari kehidupan sehari 7 Cara Menggunakan AC yang Baik agar Hemat Listrik dan Irit Pengeluaran




Sumber https://dennypedia.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}