Home » » Selain Diabetes, Penyakit ini Juga Disebabkan Oleh Makanan Manis

Selain Diabetes, Penyakit ini Juga Disebabkan Oleh Makanan Manis

Posted by Flash Droid Pedia on Sunday, June 3, 2018

doktersehat-jumlah-makanan-manis-puasa
Photo Credit: Flickr.com/Monic Marcus

DokterSehat.Com– Tidak sedikit orang yang menyukai makanan manis, seperti permen, es krim, coklat, kue, dan masih banyak makanan manis lainnya. Makanan manis memang terasa sangat lezat, apalagi jika dikonsumsi ketika suasana hati sedang tidak stabil. Namun, tahukah Anda bahwa selain dapat memicu penyakit diabetes, terlalu sering mengonsumsi makanan manis juga bisa memicu berbagai penyakit lainnya, seperti:

1. Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan salah satu penyakit yang dialami oleh banyak orang, terutama bagi orang yang menyukai makanan mengandung kalori tinggi. Mengonsumsi makanan manis secara berlebihan juga bisa menyebabkan timbulnya penyakit ini. Sebab, makanan manis dipercaya mengandung kalori yang cukup tinggi. Hal ini juga dapa dibuktikan dari banyak studi yang membuktikan bahwa banyak yang mengalami obesitas akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan manis.

2. Jantung

Mungkin Anda berpikir bahwa makanan manis hanya bisa memicu penyakit diabetes saja dan tidak akan berpengaruh pada jantung. Hal tersebut sangatlah tidak benar. Sebab, mengonsumsi makanan manis terlalu banyak juga bisa mengakibatkan penyakit jantung. Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Harvard University menyatakan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi gula lebih dari 25 persen kalori setiap harinya dapat menyebabkan masalah jantung yang bisa berakibat fatal.

3. Kerusakan Hati

Selain jantung, makanan manis juga bisa menyerang organ lainnya, yakni hati. Mengonsumsi makanan manis terlalu berlebihan bisa menyebabkan kerusakan pada hati. Sebab, molekul gula sulit dipecah oleh hati dan membuat hati bekerja lebih keras dari biasanya. Makanan manis sama berbahayanya dengan alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan. Untuk itu, sebaiknya konsumsi makanan manis sewajarnya saja.

4. Penuaan Dini

Banyak orang yang tidak ingin menjadi tua, khususnya wanita. Menjadi tua merupakan suatu hal yang pasti akan terjadi pada setiap orang dalam waktu tertentu. Namun, menjadi tua bisa terjadi lebih awal atau yang disebut dengan penuaan dini. Penuaan dini bisa disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, terutama pola makan. Mengonsumsi makanan mengandung gula yang berlebih ternyata bisa menyebabkan penuaan dini. Hal ini dikarenakan kelebihan gula menyebabkan metabolisme tubuh melambat dan membuat tanda penuaan dini.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}