Home » » Menyelamatkan ASI Perah saat Listrik Padam

Menyelamatkan ASI Perah saat Listrik Padam

Posted by Flash Droid Pedia on Sunday, June 3, 2018

asi-perah-doktersehat-1
Designed by Freepik

DokterSehat.Com– Bagi ibu berkerja, sangat penting untuk menjaga stok ASI perah demi memenuhi kebutuhan ASI bayi sehari-hari. Namun jika terjadi listrik padam, hal ini sering membuat ibu panik karena khawatir ASI perah meleleh. Bagaimana cara tepat untuk menyelamatkan ASI perah?

Cara menyelamatkan ASI perah saat listrik padam

Mom, tak perlu panik pada stok ASIP di freezer saat listrik padam. Freezer memiliki suhu paling dingin di kulkas sehingga ASI perah masih bisa bertahan dalam waktu beberapa jam ke depan. Beberapa cara menyelamatkan ASI yang bisa Anda lakukan antara lain:

1. Jangan buka tutup pintu freezer

Banyak orang tua yang sering membuka tutup pintu kulkas dan freezer untuk mengecek kondisi ASI perah. Namun hal ini sebaiknya jangan Anda lakukan karena justru dapat mengubah suhu dalam freezer menjadi lebih hangat dan ASI perah beku cepat meleleh. Karena itu sebaiknya hindari membuka tutup pintunya kecuali mendesak.

2. Penuhi freezer dengan es batu

Saat menata ASI perah di dalam freezer, sebaiknya penuhi celah yang kosong dengan kantong es batu atau ice gel. Cara ini dapat membantu isi freezer tahan lama ketika listrik padam.

3. Pasang termometer di freezer

Anda bisa memasang termometer di freezer untuk memantau suhu ketika listrik padam. ASI perah dapat tahan lama jika disimpan pada suhu 4 derajat Celcius. Apabila suhu freezer melebihi 4 derajat, Anda bisa memindahkan ASI perah ke tempat lain.

4. Gunakan cooler bag atau cooler box
Jika terpaksa dipindah, Anda bisa memindahkannya ke cooler bag atau cooler box yang sudah dipenuhi dengan es batu atau ice gel untuk menahan panas. Setelah itu bungkus cooler box dengan handuk atau selimut untuk menjaga suhu di dalamnya.

5. Pertimbangkan menggunakan genset

Apabila Anda tinggal di daerah yang masih sering terjadi pemadaman listrik, maka sebaiknya pertimbangkan untuk memiliki genset. ASI perah dalam freezer umumnya dapat bertahan hingga 12 jam, namun jika listrik padam lebih dari 8 jam sebaiknya segera pindahkan ASI ke daerah yang tidak terkena pemadaman atau nyalakan genset.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}