Home » » Kesalahan Saat Mencuci Muka yang Sering Tidak Disadari

Kesalahan Saat Mencuci Muka yang Sering Tidak Disadari

Posted by Flash Droid Pedia on Wednesday, June 6, 2018

kesalahan-mencuci-wajah-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Kesannya sederhana, tapi mencuci muka juga ada aturannya. Sayangnya tidak banyak orang bisa melakukan kegiatan yang tampak sederhana ini dengan benar.

Kesalahan Mencuci Muka yang Sering Dilakukan

Perlu Anda ketahui bahwa salah mencuci muka akan berdampak pada kesahatan dan kecantikan kulit wajah secara keseluruhan. Oleh karena itu, dilansir dari Top 10 Home Remedies, berikut kesalahan mencuci muka yang tak disadari:

1. Mencuci Muka Berlebihan

Semakin sering mencuci muka sebenarnya bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Mencuci terlalu sering dapat menyebabkan iritasi, meningkatkan produksi minyak di kulit wajah. Cukup cuci wajah Anda dua kali sehari.

Pertama, cucilah di pagi hari setelah Anda bangun tidur untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang menumpuk saat Anda sedang tidur. Kedua, cucilah di malam hari sebelum tidur untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel setelah berkegiatan selama seharian penuh.

2. Salah Memilih Suhu Air

Kesalahan mencuci muka berikutnya adalah menggunakan air panas untuk membilas wajah, terutama saat musim dingin.Ini memang bisa memberikan efek tenang, tetapi kebiasaan ini justru dapat mengeringkan kulit Anda.

Sebaliknya, mencuci muka dengan air yang terlalu dingin juga bisa menjadi buruk karena mengiritasi kulit dan menghancurkan kapiler. Pilihan terbaik adalah menggunakan air hangat atau air suhu kamar.

Cara ini akan membantu menjaga kulit Anda sehat. Anda juga dapat memilih untuk menggunakan air yang sudah disaring. Perhatikan kebersihan air yang akan Anda gunakan untuk mencuci muka.

3. Langsung Mencuci Muka yang Penuh Riasan

Memang benar mencuci muka dengan pembersih membantu menghilangkan riasan dan partikel debu lainnya dari kulit. Namun, menghapus lebih dulu riasan sebelum mencuci wajah Anda, lebih bermanfaat.

Dengan cara ini, pembersih dapat bekerja jauh ke dalam pori-pori kulit tanpa bubuk mineral menghalangi jalan. Untuk menghapusnya, Anda dapat menggunakan minyak kelapa, minyak zaitun, atau susu murni sebagai penghapus makeup alami.

4. Menggeringkan Wajah Pakai Handuk

Kebiasaan mengeringkan muka dengan handuk, dan menggosoknya dengan kencang, bisa menyebabkan masalah pada kulit wajah. Gesekan konstan dan abrasi dapat mengikis minyak alami pada wajah yang lebih jauh nisa menyebabkan iritasi dan kekeringan.

Terlebih lagi, penarikan yang konstan pada kulit karena gerakan menggosok, bisa menyebabkan kulit menjadi kendur. Lebih baik, keringkan muka dengan cara ditepuk-tepuk, jangan digosok.

Nah, setelah membaca kesalahan mencuci muka di atas, mulailah berhati-hati dalam membersihkan wajah, ya!


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}