Home » » Dampak Makan Saus Tomat Bagi Kesehatan Pencernaan

Dampak Makan Saus Tomat Bagi Kesehatan Pencernaan

Posted by Flash Droid Pedia on Thursday, May 24, 2018

doktersehat-manfaat-tomat-untuk-rambut
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Salah satu sayuran yang paling baik bagi kesehatan tubuh adalah tomat. Tak hanya dikonsumsi secara langsung, dijadikan jus, atau dijadikan campuran sayur dan makanan lainnya, tomat juga kerap dijadikan saus. Sebenarnya, apakah saus tomat juga baik bagi kesehatan tubuh kita?

Dilansir dari Asian Town, pakar kesehatan menyebut tomat sebagai bahan makanan yang kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan ini bahkan cenderung meningkat saat dijadikan saus. Hal ini berarti, mengonsumsi tomat bisa membantu sistem pencernaan menjadi lebih sehat.

Para peneliti yang berasal dari Universitat Politecnia de Valencia diSpanyol juga menyebutkan bahwa kandungan likopen dalam saus tomat bisa membuat jumlah bakteri jahat di dalam saluran pencernaan menurun sehingga jumlah bakteri baik pun akan semakin meningkat. Tak hanya itu, saus memiliki efek yang mirip layaknya probiotik setelah diolah menjadi saus sehingga bisa menyehatkan saluran pencernaan. Efek probiotik ini bisa membuat sel-sel pencernaan lebih terlindungi dan mencegah datangnya berbagai penyakit berbahaya seperti kanker.

Hanya saja, saus tomat yang dimaksud tentu saja adalah saus yang tidak memiliki kandungan pewarna kimia, kandungan pengawet, dan penyedap rasa. Banyak saus tomat yang memiliki kandungan bahan kimia berbahaya tersebut sehingga kita tentu harus benar-benar mengecek label daftar isi dari produk saus yang ingin kita beli.

Jika memang mampu, belilah saus tomat yang terbuat dari bahan organik atau buatlah saus tomat sendiri sehingga kita pun akan mendapatkan saus yang lebih lezat dan aman bagi kesehatan.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}