Home » , » Mengatasi WiFi yang tidak bisa di Aktifkan/Hidup di Laptop win 7/8/8.1/10

Mengatasi WiFi yang tidak bisa di Aktifkan/Hidup di Laptop win 7/8/8.1/10

Posted by Flash Droid Pedia on Monday, November 12, 2018

Memperbaiki masalah Laptop tidak bisa konek di wifi karena wifi tidak dapat diaktifkan/dihidupkan - PC tidak bisa mendeteksi jaringan wifi? Saya pernah mengalami ketika ingin menghidupkan wifi dan ingin tersambung ke jaringan, tombol atau button On/Off dari wifi tidak ada. Di icon wifi, iconnya sudah berubah. Yang tadinya adalah icon jaringan yang ada silang merah, sekarang adalah simbol kotak (seperti pc) yang bersilang merah. Saya pun akhirnya bingung dan mencoba dengan memperbaikinya. Saya mencoba langkah pertama yaitu dengan troubleshoot problem pada icon wifi tersebut. Caranya adalah dengan mengklik kanan di icon wifi yang terletak di sudut kanan bawah lalu pilih Troubleshoot problem.
Wifi tidak dapat berfungsi - Windows Network Diagnostics akhirnya terbuka untuk mendekteksi masalah . Namun setelahnya, troubleshoot tersebut tidak menghasilkan apa apa. Dipemberitahuan tersebut menyatakan bahwa Troubleshooting couldn't identify the problem. Akhirnya saya kebingungan sendiri. Saya coba cara yang ekstrem kedua adalah dengan menekan lama tombol power dari laptop sehingga laptop mati secara terpaksa. Setelah beberapa detik kemudian, laptopnya saya hidupkan kembali. Berharap bahwa icon silang tadi berubah, namun tidak ada efek apapun. Saya pun akhirnya berhenti sejenak sambil berpikir pikir, apakah ada pengaturan yang pernah saya lakukan terhadap laptop ASUS ini? tidak ada. Sebelum laptop dimatikan, wifi saya masih bisa diaktifkan.

Setelah saya berdiam diri, saya mencoba sebuah pengaturan yang tiba tiba terlintas dipikiran saya. Icon kotak bersilang merah itu merupakan pertanda bawha ada yang salah dengan pengaturan Wireless Network Adapter di laptop saya. Mungkin saja adapternya mati secara tiba tiba (pengalaman). Saya mencoba masuk ke Device Manager lalu melihat pengaturan Wireless Network Adapter. Ternyata benar! bahwa adapternya saya yang Qualcomm Atheros AR956x Wireless Network Adapter sementara mati (Disable). Saya pun akhirnya menghidupkannya hingga akhirnya Wifi kembali berfungsi dengan baik! Wifi di laptop saya bisa mendeteksi jaringan wifi lagi.

Adapun cara untuk menghidupkan kembali wifi yang mati adapternya adalah dengan masuk ke device manager. Silahkan tekan tombol Windows + R untuk membuka kotak Run. Ketikkan devmgmt.msc di kotak tersebut lalu enter. Akan terbuka Device Manager yang anda inginkan. Silahkan cari Network adapters lalu ke Qualcomm Atheros AR956x Wireless Network Adapter (kadang berbeda versi Wireless Network Adapternya). Silahkan anda klik kanan pilih Enable. Lihat apa yang terjadi! icon wifi yang tadinya bergambar kotak dengan tanda silang kini telah berganti menjadi icon gambar jaringan bertanda silang. Artinya wifi di laptop milik anda kini telah dapat diaktifkan kembali.
Bagaimana? Mudah bukan langkah langkah memperbaiki adapter wifi yang mati? Saya rasa sampai disini dulu pembahasan saya mengenai tips dan trik mengatasi wifi yang tidak dapat dihidupkan. Jika anda masih mengalami kendala atau kebingungan, silahkan bertanya langsung melalui kolom komentar yang telah saya sediakan di blog ini. Saya akan mencoba memberi solusi mengenai masalah wifi yang tidak dapat diaktifkan melalui komentar komentar yang anda ajukan. Sekian...

Sumber https://www.komputerwindows.org/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}