Home » » Dikira Tumor, Ginjal Sehat Justru Diangkat

Dikira Tumor, Ginjal Sehat Justru Diangkat

Posted by Flash Droid Pedia on Friday, November 2, 2018

inilah-fungsi-ginjal-doktersehat
Photo sourcE: Thestatesman.com

DokterSehat.Com– Sebuah kasus yang memilukan terjadi di Florida, Amerika Serikat. Seorang dokter melakukan sebuah kesalahan fatal saat mengoperasi pasiennya. Bukannya menyembuhkan penyakit nyeri punggung yang dialami oleh Maureen Pacheco, wanita berusia 53 tahun ini justru harus rela ginjalnya yang berada dalam kondisi sehat diangkat. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Dilansir dari Daily Mail, semua berwal saat Maureen memeriksakan kondisi kesehatanya ke Wellington Regional Medical Center yang ada di kota Wellington, Florida, Amerika Serikat. Saat itu, Maureen diperiksa oleh dokter bernama dr. Ramon Vazquez yang merupakan ahli bedah berpengalaman dan sudah aktif di dunia medis selama puluhan tahun.

Hanya saja, saat itu dr. Vazquez melakukan sebuah kesalahan fatal saat mendiagnosis penyakit yang diderita oleh Maureen. Ia mengira ada tumor yang ada di dalam tubuh Maureen sehingga memutuskan untuk menjalani operasi pengangkatan ginjal. Padahal, ginjal ini masih dalam kondisi sehat.

Dr. Vazquez tidak melakukan operasi ini seorang diri. Ia melakukannya bersama dengan rekannya yang merupakan ahli bedah ortopedi. Masalahnya adalah, rekan dr. Vazquez sebenarnya sudah memintanya untuk mengecek kembali pemeriksaan pada Maureen sebelum melakukan operasi, namun, dr. Vazquez tidak melakukannya dan langsung melakukan operasi ini begitu saja.

Sebagai informasi, Maureen memeriksakan kondisi kesehatannya karena mengalami sakit punggung bagian bawah sebagai efek dari kecelakaan mobil yang sudah dialaminya sejak bertahun-tahun lalu. Setelah memeriksa kondisi tubuh Maureen, dr. Vazquez menemukan adanya gundukan yang disangka sebagai tumor. Masalahnya adalah, Maureen ternyata memiliki kondisi cacat lahir yang sangat langka, yakni ginjalnya berada di bagian pelvis. Dr. Vazquez tidak menyadari hal ini dan tidak mengecek hasil pemindaian MRI sebelum operasi dilakukan. Padahal, hasil pemindaian MRI ini menunjukkan adanya ginjal panggul yang meskipun posisinya tidak wajar, sebenarnya tidak berbahaya bagi kesehatan.

Kesal karena ginjalnya yang sehat diangkat, Maureen pun memilih untuk mengajukan tuntutan hukum ke dokter dan rumah sakit. Ia meminta kompensasi sebesar USD500 ribu atau sekitar Rp7 miliar. Meskipun begitu, Maureen harus rela hidup dengan satu ginjal yang membuatnya tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan normal.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}