Home » » 7 Bahaya dan Efek Samping Steroid untuk Tubuh

7 Bahaya dan Efek Samping Steroid untuk Tubuh

Posted by Flash Droid Pedia on Monday, November 12, 2018

steroid-dilarang-doktersehat

DokterSehat.Com – Kita sering mendengar penyalahgunaan steroid di dalam dunia olahraga yang berujung pada pembatalan juara atau keikutsertaan. Steroid yang dipakai oleh beberapa orang ini ternyata bekerja untuk membentuk otot dengan maksimal. Cara kerjanya mirip sekali dengan testosteron dan bahkan ada efek samping steroid yang berbahaya.

Efek Samping Steroid yang Sangat Berisiko

Setelah steroid masuk ke dalam tubuh, otot akan terbentuk dan kemampuan fisik seseorang akan meningkat cukup signifikan. Sayangnya, cara ini justru memiliki banyak efek samping sehingga hal buruk lebih banyak terjadi pada tubuh. Berikut beberapa bahaya dan efek samping steroid untuk tubuh:

  1. Penurunan hormon alami tubuh

Steroid yang masuk ke dalam tubuh memiliki kandungan yang menyerupai hormon asli pada tubuh. Akibat hormon imitasi ini, tubuh menyetop atau menurunkan hormon yang seharunya dikeluarkan. Akhirnya hanya hormon dari steroid saja yang bekerja untuk tubuh.

Steroid bukanlah hormon asli yang dimiliki oleh tubuh, maka peluang muncul efek samping steroid akan besar. Oleh karena itu, kehati-hatian harus diperhatikan agar tidak terjadi masalah yang fatal di kemudian hari.

  1. Munculnya gynecomastia pada pria

Gynecomastia adalah pembesaran dada yang tidak normal pada pria. Seharusnya dada pria tidak berkembang besar seperti halnya dada miliki wanita. Sayangnya, efek samping steroid bisa memicu kondisi abnormal ini sehingga estrogen di dalam tubuh memicu pembentukan payudara yang abnormal.

  1. Gangguan pada hati

Hati bekerja untuk menyaring aneka racun atau radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Saat menggunakan steroid, hati akan menyaringnya sehingga ada kemungkinan organ ini mengalami gangguan yang sangat parah sehingga kerusakan tidak kana bisa dihindari.

  1. Jerawat hormonal yang berlebihan

Saat menggunakan steroid yang berlebihan, kemungkinan muncul jerawat hormonal juga kan besar. Gejala ini mungkin dianggap sepele oleh pengguna meski efeknya bisa permanen. Wajah yang terlanjur rusak dengan jerawat akan sudah dirawat. Pada wanita, efek ini akan menyebabkan penurunan estetika pada wajahnya.

Jerawat mungkin akan hilang sendiri setelah penggunaan dari steroid dihentikan. Namun kulit yang rusak, berlubang, hingga warna yang menghitam akan lama untuk mengembalikannya.

  1. Perilaku agresif

Perilaku agresif juga sering ditunjukkan oleh mereka yang sering menggunakan steroid secara rutin. Kondisi ini menyebabkan beberapa orang termasuk pria jadi mudah marah, emosi tidak terkontrol, dan melakukan tindakan yang berhubungan dengan pelanggaran atau kriminal.

  1. Pembesaran prostat

Menggunakan steroid akan membuat prostat yang dimiliki oleh pria mengalami pembesaran yang tidak normal. Pembesaran ini akan menimbulkan rasa sakit di perut bagian bawah selama beberapa saat. Pria juga akan susah melakukan ejakulasi karena setiap mendapatkan orgasme mereka merasakan nyeri yang hebat.

Efek samping steroid ini berjalan sementara selama penggunaan steroid dilakukan. Sayangnya penggunaan steroid yang berlebihan juga dituding memicu munculnya kanker prostat yang sangat berbahaya.

  1. Penurunan fertilitas

Salah satu ketakutan terbesar dari penyalahgunaan dari steroid adalah penurunan kesuburan pada pria dan wanita. Wanita yang menggunakan steroid bisa mengalami gangguan menstruasi yang cukup berbahaya. Sementara itu pada pria, sperma yang harusnya dikeluarkan dalam jumlah banyak tidak bisa berjalan dengan lancar.

Efek kemandulan ini sebenarnya hanya sementara saja. Setelah pemakaian steroid dihentikan, lambat laun kesuburan dari pria dan wanita akan membaik dengan sendirinya.

Demikianlah beberapa hal mengenai efek samping steroid yang sangat berbahaya untuk tubuh. Semoga ulasan di atas bisa Anda gunakan sebagai tambahan pengetahuan. Kalau ingin membangun otot lebih baik secara alami meski prosesnya panjang.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}