Home » » Punya Paha Besar Turunkan Risiko Diabetes

Punya Paha Besar Turunkan Risiko Diabetes

Posted by Flash Droid Pedia on Monday, October 29, 2018

paha-kaki-doktersehat
Photo Source: Flickr/mario Antonio Pena Zapatería

DokterSehat.Com– Banyak orang, khususnya kaum hawa yang merasa kurang percaya diri jika memiliki paha dengan ukuran yang besar. Biasanya, ukuran paha yang besar membuat mereka cukup kesulitan untuk mencari baju atau celana yang tepat. Beruntung, menurut pakar kesehatan, memiliki paha dengan ukuran yang besar bisa jadi memberikan manfaat kesehatan tersendiri, yakni memiliki risiko lebih kecil untuk terkena diabetes tipe 2.

Fakta unik ini terungkap dari sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari Sir Gangga Ram Hospital dan Motilal Nehru Medical College yang ada di kota Allahabad, India. Para ahli ini menemukan sebuah alat pemindaian untuk mendeteksi orang dengan risiko tinggi terkena diabetes tipe 2.

“Kami melakukan analisa terhadap 1.055 pasien dari Sir Gangga Ram Hospital sejak bulan Maret 2013 hingga September 2016. Hasil dari penelitian ini adalah pemilik ukuran paha yang besar memiliki kemungkinan lebih kecil terkena diabetes,” tulis penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Endocrinology and Metabolism ini.

Menurut para peneliti, lingkar paha bisa menandakan prediksi seseorang terkena diabetes. Mereka yang memiliki perut besar namun paha berukuran kecil cenderung memiliki risiko tinggi terkena diabetes. Sebaliknya, mereka yang memiliki perut ramping namun paha besar cenderung memiliki risiko diabetes yang lebih rendah.

Sebagai informasi, diabetes adalah salah satu penyakit yang paling banyak diderita di seluruh dunia sehingga menjadi salah satu perhatian besar bagi dunia kesehatan. Pada tahun 2015, setidaknya 415 juta orang di seluruh dunia dipastikan menderita penyakit ini.

“Diagnosis dan pengobatan untuk penyakit diabetes seringkali sia-sia karena penyakit ini tidak bisa diobati. Jika kita mampu mengidentifikasi orang-orang yang jauh lebih berisiko, kita bisa melakukan pencegahan diabetes dengan jauh lebih baik. Diharapkan, penemuan alat pemindaian ini bisa menjadi awal untuk hal ini,” ungkap SP Byotra dari Sir Gangga Ram Hospital.

“Orang Asia, khususnya India, cenderung memiliki perut dengan ukuran yang lebih besar namun paha dengan ukuran yang lebih kecil. Keberadaan lemak perut yang berlebihan membuat orang India lebih rentan terkena diabetes,” ungkap Atul Kakar dari rumah sakit yang sama.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}