Home » » Jangan Asal Pilih, Pisang Jenis Inilah yang Aman bagi Diabetes

Jangan Asal Pilih, Pisang Jenis Inilah yang Aman bagi Diabetes

Posted by Flash Droid Pedia on Monday, October 22, 2018

makan-pisang-hijau-doktersehat
Photo Source: Flickr/ibservations

DokterSehat.Com– Dikenal luas sebagai buah yang kaya akan nutrisi yang menyehatkan, banyak orang yang ternyata masih ragu untuk mengonsumsi pisang, khususnya para penderita diabetes.

Sebagaimana kita ketahui, buah pisang memiliki rasa yang manis dan bisa mengenyangkan perut. Padahal, makanan dengan rasa manis cenderung dihindari oleh penderita diabetes karena mereka khawatir jika makanan ini bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang berbahaya.

Pakar kesehatan Shilpa Aora menyebut penderita diabetes masih bisa mengonsumsi pisang. Pisang mentah atau pisang yang masih hijau bisa dijadikan pilihan yang tepat mengingat di dalamnya kaya akan kandungan serat dan cenderung memiliki kandungan gula alami yang lebih rendah jika dibandingkan dengan pisang matang atau yang sudah menguning.

Hanya saja, penderita diabetes tetap harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk mengetahui apakah pisang mentah ini memang benar-benar aman untuk mereka konsumsi mengingat kondisi keparahan diabetes setiap penderitanya berbeda-beda.

Pisang mentah termasuk dalam makanan yang kaya akan kandungan serat. Karena alasan ini pulalah pisang jenis ini sering dijadikan sebagai salah satu obat alami bagi masalah pencernaan. Keberadaan serat dalam jumlah yang tinggi ini juga bisa memberikan pengaruh besar bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam menjaga kadar gula darah tetap normal. Sebagai informasi, kadar gula darah yang tinggi bisa berimbas pada kerusakan jantung dan pembuluh darah yang akhirnya berimbas pada datangnya stroke.

Kandungan kalium yang tinggi di dalam pisang, termasuk pisang mentah ternyata juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan jantung dan ginjal. Keberadaan kalium ini mampu membuat tekanan darah berada dalam kondisi normal dan tidak mudah meningkat.

Selain itu, di dalam pisang yang masih berwarna hijau ini ternyata juga sudah ada kandungan vitamin B6, vitamin C, dan berbagai macam mineral dalam jumlah yang tinggi.

Melihat adanya fakta ini, penderita diabetes tak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi buah pisang. Dengan rajin memakannya, mereka justru bisa mencegah datangnya komplikasi yang berbahaya.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}