Home » » 5 Cara Menjaga Kesehatan Saat Trimester Pertama Kehamilan

5 Cara Menjaga Kesehatan Saat Trimester Pertama Kehamilan

Posted by Flash Droid Pedia on Tuesday, October 23, 2018

trimester-pertama-kehamilan-doktersehat

DokterSehat.Com – Saat trimester awal kehamilan atau tiga bulan pertama pasca implantasi janin, wanita sering mengalami masalah pada tubuhnya. Yang paling sering terjadi adalah perasaan lemak yang sangat kuat dan berjalan terus-menerus. Selanjutnya beberapa wanita juga sering mengalami nyeri di perut dan mual berkali-kali khususnya saat pagi.

Penurunan kesehatan fisik pada wanita bisa berdampak besar pada kehidupannya. Kondisi ini bisa mengganggu kondisi dari janin yang n tumbuh. Oleh karena itu, wanita disarankan melakukan beberapa hal di bawah ini agar kesehatan tubuh mengalami peningkatan dan kehamilan saat trimester pertama tidak alami gangguan.

  1. Beristirahat dengan cukup

Pada trimester awal kehamilan biasanya seorang wanita akan mudah sekali mengalami lemas dan pusing. Mereka tidak bisa melakukan aktivitas terlalu berat dan cenderung lebih banyak tidur. Kalau Anda sering mengalami kondisi ini manfaatkan waktu istirahat sebaik mungkin karena kalau sudah mual dan pusing kadang susah untuk tidur.

Kondisi morning sickness ini memang wajar terjadi karena sensitivitas wanita meningkat. Meski demikian, wanita tidak bisa hanya diam saja. Sesekali wanita juga harus melawan rasa malas dan lemas yang muncul. Dengan melakukan ini siklus harian akan berjalan dengan lebih lancar.

  1. Mengatur asupan nutrisi dengan benar

Wanita yang hamil muda akan susah sekali makan dalam jumlah banyak dan cenderung sering muntah. Kondisi ini akan jadi sangat buruk kalau terlalu berlarut-larut. Wanita harus bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan baik bagaimana pun caranya.

Perbanyak makanan dan minuman yang bisa diterima oleh tubuh. Kalau masih merasa kekurangan nutrisi bisa minum susu untuk menambah protein yang dibutuhkan oleh tubuh dan memberikan efek kenyang.

  1. Masih melakukan olahraga secara rutin

Wanita yang hamil muda memang lebih malas dalam melakukan aktivitas. Kondisi ini kalau terus dituruti bisa menyebabkan gangguan pada tubuh dan rasa tidak nyaman semakin datang.

Ada baiknya Anda tetap melakukan olahraga setiap harinya secara rutin. Dengan melakukan olahraga secara rutin, Anda bisa mempertahankan kondisi tubuh menjadi lebih baik dan pertumbuhan janin berjalan lancar.

  1. Menghindari sesuatu yang memicu muntah

Wanita yang sedang hamil muda akan mudah sekali mengalami gangguan pada tubuhnya. Saat pagi hari mereka akan mengalami morning sickness sehingga tubuh kerap mengalami mual, muntah, pusing, dan perasaan tidak nyaman lainnya. Kondisi ini bisa menyebabkan janin yang ada di dalam kandungan mengalami gangguan.

Wanita yang sering mengalami morning sickness biasanya susah makan sehingga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan mengalami penurunan. Kalau Anda terbiasa pusing dan mual di pagi hari, sebaiknya hindari hal-hal yang memicunya. Beberapa wanita tidak tahan dengan aroma nasi, aroma rokok, hingga aroma keringat suaminya. Kenali penyebabnya agar bisa mengendalikan morning sickness.

  1. Tidak melakukan kontak dengan hewan tertentu

Wanita yang sedang hamil muda sangat sensitif dengan apa yang dipegangnya. Penyakit juga mudah masuk ke dalam tubuh sehingga kemungkinan terjadi infeksi pada janin akan besar. Oleh karena itu, hindari melakukan kontak langsung dengan sesuatu yang berbahaya termasuk hewan tertentu untuk sementara waktu.

Beberapa hewan yang sangat dilarang untuk disentuh adalah kucing. Meski kucing terlihat bersih, masih ada kemungkinan terjadi infeksi toksoplasma. Kalau Anda memelihara kucing jauhkan kucing dari kamar atau letakkan di lokasi tersendiri. Kalau ada kotoran kucing, minta pasangan segera membersihkannya agar peluang terjadi infeksi jadi kecil.

Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda yang sedang hamil muda atau sedang merencanakannya!


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}