Home » » 12 Obat Gusi Bengkak Cara Mengobati secara Alami

12 Obat Gusi Bengkak Cara Mengobati secara Alami

Posted by Flash Droid Pedia on Monday, October 1, 2018

Doktersehat-sinus-gigi

DokterSehat.Com – Mengalami gusi bengkak memang sedikit mengganggu bagi setiap orang. Penyakit gusi bengkak umum dapat dialami oleh semua orang. Biasanya gusi bengkak akan mengalami perdarahan pada gusi yang bengkak. Banyak obat gusi bengkak secara alami yang mudah dilakukan.

Sebelum lebih jauh membahas cara mengobati gusi bengkak, kita cari tahu apa saja penyebab gusi bengkak. Penyebabnya adalah bakteri yang terdapat pada plak kemudian menginfeksi jaringan gigi sehingga dapat menyebabkan infeksi pada gigi yang membuat gusi bengkak, kemerahan, sakit dan mudah berdarah. Selain itu gusi bengkak juga dapat disebabkan oleh gingivitis, kehamilan, malnutrisi, dan infeksi.

Obat Gusi Bengkak yang Alami

Berikut ini adalah cara mengatasi gusi bengkak dengan bahan-bahan alami dan mudah didapat. Apa saja obat gusi bengkat yang dapat Anda gunakan?

1. Garam

Obat untuk gusi bengkak yang pertama adalah garam. Bahan yang satu ini memang menjadi bahan makanan yang umum untuk mengobati gusi bengkak. Anda cukup menggunakan satu sendok teh garam dan mencampurnya dengan air hangat. Aduk hingga rata dan setelah itu gunakan untuk berkumur. Lakukan secara rutin minimal 3 kali dalam sehari dan Anda akan merasakan gusi bengkak sembuh dalam waktu yang cepat.

2. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apabila Anda akan menggunakan minyak ini untuk mengobati gusi bengkak secara cepat maka Anda harus menggunakan minyak cengkeh yang asli. Cara menyembuhkan gusi bengkak, Anda cukup mengoleskan minyak tersebut pada gusi yang sakit. Lakukan dengan rutin minimal 2 kali dalam sehari. Dalam waktu yang cepat gusi yang bengkak akan kembali normal.

3. Jeruk nipis

Anda cukup menggunakan jeruk nipis yang sudah matang dan setelah itu peras jeruk nipis tersebut. Tambahkan satu gelas air hangat dan aduk hingga merata. Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur. Akan lebih baik jika Anda menggunakan ramuan ini pada malam hari sebelum tidur dan juga pada saat Anda bangun pagi.

4. Madu

Madu adalah bahan makanan yang memiliki banyak manfaat. Dalam madu terdapat zat yang bisa membuat pembengkakan menjadi reda. Apabila Anda akan menggunakan madu untuk mengatasi gusi bengkak Anda cukup mengoleskan madu tersebut pada bagian gusi yang sakit. Oleskan minimal 3 kali dalam sehari dan setelah itu Anda akan merasakan gusi yang bengkak akan sembuh. Anda harus memastikan madu yang digunakan adalah madu alami.

5. Bawang merah

Bawang merah juga memiliki zat yang bisa meredakan pembengkakan. Anda cukup melembutkan bawang merah dan oleskan pada gusi yang sakit. Cara menyembuhkan gusi bengkak yang satu ini sangat ampuh. Tetapi banyak orang yang enggan untuk menggunakan cara ini karena tidak tahan dengan rasa dan bau dari bawang merah. Anda juga bisa mencampurkan bawang merah tersebut dengan garam.

6. Lemon dan air hangat

Lemon dan air hangat adalah cara mengobati gusi bengkak yang cukup ampuh, Anda hanya perlu menggunakan ¼ lemon, lalu peras airnya dan campurkan dangan ½ gelas air hangat. Kemudian kumur-kumur, lakukan cara ini 2 kali sehari maka gusi Anda akan cepat sembuh dari pembengkakan.

7. Banyak minum air putih

Perbanyaklah minum air putih untuk mengurangi bakteri pada mulut dan juga Anda bisa menggantikan fungsi air liur yang berkurang dengan meminum banyak air putih.

8. Mengurangi stres

Kesehatan gigi dan gusi merupakan hal yang juga dipengaruhi oleh adanya stres. Maka dari itu kurangilah stres dan carilah waktu untuk refreshing dan menyegarkan pikiran Anda. Dengan menghindari stres kesehatan mulut akan menjadi lebih baik.

9. Pijatan gusi

Anda bisa melakukan pijatan pada gusi dengan menggunakan jari telunjuk dan memijat gusi yang bengkak dengan gerakan melingkar dan juga berulang-ulang. Namun pastikan untuk menggunakan tangan yang bersih agar tidak memicu bakteri lain pada mulut Anda.

10. Modifikasi diet

Hindarilah makanan yang kurang baik bagi gusi dan menggantikannya dengan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. Jadi tambahkanlah menu pada diet Anda dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin yang baik bagi tubuh.

11. Hydrogen atau baking soda

Obat kumur bisa Anda buat sendiri dengan mencampurkan air dan juga hidrogen peroksida atau baking soda. Anda bisa terbantu dengan obat kumur tersebut, yang bisa mengurangi rasa sakit di gusi. Anda bisa berkumur beberapa dalam kali sehari untuk mencegah produksi dan penyebaran bakteri di mulut.

12. Kulit andong

Kulit andong atau tanaman hanjuang juga sangat bermanfaat mengobati gusi. Cara menyembuhkan gusi bengkak, siapkan garam dapur secukupnya serta kulit dari tanaman andong. Cucilah kulit andong sampai benar-benar bersih sampai kotoran yang tertempel benar-benar hilang, Anda bisa mengunyah kulit andong dan berilah garam dapur secukupnya lalu masukkan pada gusi yang sedang sakit.

Nah sudah tahu kan apa saja penyebab gusi bengkak. Jika Anda mengalami sakit pada area tersebut, Anda dapat menggunakan berbagai cara mengatasi gusi bengkak di atas. Selain alami, obat gusi bengkak tersebut sangat mudah didapat dan digunakan.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}