Home » » Telat Makan Sebabkan Masuk Angin?

Telat Makan Sebabkan Masuk Angin?

Posted by Flash Droid Pedia on Thursday, September 13, 2018

sakit-perut-masuk-angin-doktersehat

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah mendengar keluhan orang yang menyebutkan bahwa gara-gara telat makan, tubuh terasa tidak nyaman karena mengalami masuk angin. Sebenarnya, apakah telat makan memang bisa memberikan dampak ini?

Pakar kesehatan menyebut masuk angin sebagai kombinasi gejala maag dan flu. Kondisi ini membuat kita mengalami gejala seperti perut kembung dan begah, sakit perut, sering kentut, mual, batuk-batuk, badan pegal-pegal, kedinginan, atau bahkan demam. Yang tidak disangka adalah, telat makan ternyata memang bisa menyebabkan efek masuk angin.

Hal ini disebabkan oleh telat makan yang ternyata mampu merusak ritme sirkadian tubuh, jam biologis tubuh yang mengatur kinerja berbagai organ dan sistem, termasuk sistem pencernaan. Jika sampai kita telat makan, maka sistem pencernaan yang sudah terbiasa bekerja atau mengeluarkan asam lambung di jam-jam tertentu menjadi kebingungan karena tidak ada makanan yang dikonsumsi. Kita pun akan rentan terkena kram perut hingga kenaikan asam lambung.

Selain mengeluhkan gangguan pencernaan, kita juga akan mengalami sensasi badan tidak nyaman dan lemas. Hal ini mirip dengan sensasi masuk angin, meskipun tentu saja kita tidak akan mengalami gejala seperti flu, kedinginan, atau demam akibat hal ini.

Sering telat makan atau makan dengan tidak teratur bisa membuat tubuh tidak mendapatkan energi yang cukup. Kita juga akan lebih rentan mengalami gangguan metabolisme tubuh. Hal ini bisa mempengaruhi berat badan, kemampuan berpikir, hingga kesehatan mental kita. Karena alasan inilah ada baiknya kita selalu menjaga pola makan tetap sehat dan selalu makan tepat waktu setiap hari demi menjaga kesehatan tubuh.

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!

*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}