Home » » Habis Makan yang Manis Lalu Mual, Ini Penyebabnya

Habis Makan yang Manis Lalu Mual, Ini Penyebabnya

Posted by Flash Droid Pedia on Wednesday, September 12, 2018

kue-manis-doktersehat
Photo Source: Flickr/jonathanmcintosh

DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak suka mengonsumsi makanan manis seperti kue, biskuit, atau bahkan permen? Makanan manis bisa membuat kita ketagihan karena adanya kandungan gula yang merupakan sumber energi bagi otak kita. Hanya saja, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya kita tidak mengonsumsi makanan manis dengan berlebihan karena bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan meningkatkan risiko diabetes. Selain itu, kita juga cenderung lebih mudah merasa mual setelah makan makanan manis dalam jumlah banyak.

Menurut pakar kesehatan, jika lambung mendapatkan asupan gula terlalu banyak, maka rasa mual pun akan muncul. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan pemanis buatan pada makanan manis yang kita konsumsi.

Sebagai informasi, terdapat 2 jenis gula yang biasa kita konsumsi, yakni gula alami yang bisa didapatkan dari buah-buahan dan gula olahan. Gula olahan bisa berupa sukrosa atau sirup jagung yang tinggi kandungan fruktosa. Kandungan inilah yang membuat perut bisa menjadi tidak nyaman atau bahkan mengalami mual-mual jika dikonsumsi dengan berlebihan.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang manis juga bisa memberikan dampak buruk lainnya. Sebagai contoh, kandungan gula bisa merusak gigi kiita, apalagi jika kita bukanlah orang yang rajin membersihkan gigi dan mulut dengan baik. Selain itu, pakar kesehatan juga menyebut makanan manis bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan merusak hati.

Melihat adanya fakta ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak terlalu sering mengonsumsi makanan manis demi menjaga kesehatan tubuh.

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!

*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}