Home » » Inilah Jenis Olahraga yang Cocok untuk Lansia

Inilah Jenis Olahraga yang Cocok untuk Lansia

Posted by Flash Droid Pedia on Monday, August 20, 2018

lansia-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Tidak hanya anak muda saja, lansia pun juga harus selalu menjaga keseahatan dan kebugaran tubuh. Pasalnya, saat menginjak usia lanjut, tubuh akan mudah sakit. Umumnya, untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, kita akan melakukan olahraga, baik olahraga ringan maupun berat. Namun, bagi orang yang sudah lanjut usia dengan kondisi tubuh yang sudah tidak kuat lagi, apakah masih bisa berolahraga?

Tentu saja bisa. Akan tetapi, jenis olahraga yang dilakukan berbeda dengan Anda yang masih berusia muda dengan kondisi tubuh yang masih prima. Lantas, jenis olahraga seperti apa yang cocok untuk lansia? Berikut penjelasannya.

1. Berjalan

Berjalan merupakan aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Aktivitas ini bisa dijadikan sebagai olahraga yang mudah dilakukan. Bahkan, berjalan bisa menjadi olahraga yang aman bagi lansia. Walaupun cukup sederhana, nyatanya berjalan kaki bisa memberikan manfaat seperti meningkatkan stamina, memperkuat otot tubuh, dan membantu melawan penyakit tulang yang umumnya terjadi di usia lanjut.

2. Yoga

Yoga merupakan olahraga yang berfungsi untuk melenturkan tubuh, meregangkan dan memperkuat otot tubuh. Yoga bisa dikatakan sebagai olahraga yang tidak menggunakan tenaga terlalu banyak, sehingga sangat cocok bagi lansia. Manfaat yang bisa didapatkan dari yoga adalah seperti menurunkan denyut jantung, menurunkan tekanan darah, mengurangi kecemasan dan depresi.

3. Tai Chi

Tai chi merupakan salah satu jenis senam yang aman dilakukan oleh lansia. Hal ini dikarenakan gerakan di dalam senam tai chi sangat pelan dan lembut sehingga cocok bagi lansia yang tidak bisa bergerak aktif. senam ini dapat memberikan manfaat seperti bagus untuk keseimbangan tubuh, memperbaiki kesehatan tulang dan jantung. Selain itu, senam tai chi juga dapat emmbantu meringankan rasa sakit, kekakuan, arthritis, dan bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}