Home » » 4 Manfaat Olahraga Saat Menstruasi

4 Manfaat Olahraga Saat Menstruasi

Posted by Flash Droid Pedia on Friday, August 17, 2018

doktersehat wanita hobi olahraga

DokterSehat.Com– Setiap wanita pasti akan mengalami siklus bulanan yang disebut sebagai menstruasi. Menstruasi sendiri ditandai dengan keluarnya darah dari rahim yang satu periodenya antara 3 sampai 9 hari. Namun, waktu normalnya adalah sekitar seminggu atau 7 hari saja.

Ketika sedang menstruasi, kebanyakan wanita akan lebih memilih berdiam diri di rumah karena alasan sakit pada perutnya. Padahal, dengan berdiam diri saja justru bisa membuat nyeri dan sakit itu semakin menjadi-jadi. Sebab, tak hanya bisa meredakan nyeri saja, tapi olahraga saat menstruasi juga akan memberikan manfaat lain. Apa saja manfaat tersebut? Berikut diantaranya.

1. Meredakan Nyeri

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, olahraga ketika sedang menstruasi bisa membuat nyeri menjadi berkurang. Hal ini dikarenakan adanya otot yang bekerja untuk menutupi rasa sakit itu. Oleh karenanya, lakukanlah olahraga ringan ketika sedang menstruasi.

2. Meningkatkan Mood

Manfaat selanjutnya adalah bisa meningkatkan mood Anda. Seperti diketahui, wanita menstruasi akan mengalami kekacauan hormon yang menyebabkan moodnya terganggu. Akibatnya, menjadi mudah emosi dan sangat sensitif. Nah, agar tidak terjadi hal tersebut, lakukanlah olahraga ringan saat sedang menstruasi.

3. Menormalkan Siklus Haid

Bukan hal yang aneh lagi jika siklus haid seorang wanita kadang tidak normal dan berbeda-beda dalam setiap periodenya. Hal tersebut dikarenakan terjadinya ketidakstabilan hormon di dalam tubuh sehingga membuat darah yang keluar menjadi tidak lancar. Oleh karenanya, olahraga sangat penting untuk menstabilkan hormon tersebut sehingga melancarkan siklus menstruasi.

4. Menghindari Aroma Tak Sedap

Perlu diketahui, ketika sedang menstruasi, organ intim wanita akan mengeluarkan aroma tak sedap. Hal itu terjadi akibat darah yang masih menempel dan tidak keluar secara total. Maka dari itu, olahraga adalah solusi yang tepat karena bisa membantu mengeluarkan darah tersebut.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}