Pada tahun 2016, ketika Apple memperkenalkan MacBook Pro pertama dengan model Touch Bar, ahli perbaikan di iFixit menemukan notebook memiliki SSD yang tidak dapat dilepas , disolder ke papan logika, yang memicu kekhawatiran bahwa pemulihan data tidak akan mungkin jika dewan logika gagal. Untungnya, bukan itu masalahnya.
Apple memiliki alat khusus untuk model 2016 dan 2017 dari MacBook Pro dengan Touch Bar yang memungkinkan Genius Bar dan Penyedia Layanan Resmi Apple untuk memulihkan data pengguna ketika dewan logika gagal, tetapi SSD masih utuh.
Alat ini pada dasarnya adalah kotak hitam kecil yang mampu mentransfer data dari papan logika yang gagal ke MacBook Pro yang berfungsi. Kotak memiliki kabel flex yang terhubung ke port pemulihan data pada papan logika yang gagal, sementara kotak dan MacBook Pro yang berfungsi terhubung melalui USB-C ke kabel USB-C.

Alat Migrasi Data Pelanggan Internal Apple
Setelah papan logika ditempatkan ke dalam dudukan khusus, dan semua kabel tersambung, teknisi cukup menyalakan MacBook Pro yang berfungsi, buka Asisten Migrasi, dan lanjutkan dengan langkah-langkah standar untuk transfer data .

Konektor Alat Migrasi Data Pelanggan di papan logika MacBook Pro 2016
Meskipun tidak gagal-bukti, alat ini adalah pilihan, nyaman terakhir untuk pemulihan data ketika papan logika MacBook Pro pergi rusak. Namun, sayangnya, tampaknya alat ini tidak akan berfungsi dengan model terbaru.
Minggu lalu, iFixit menyelesaikan pembongkaran MacBook Pro 2018 , menemukan bahwa Apple telah menghapus konektor pemulihan data dari papan logika pada model 13-inci dan 15-inci dengan Touch Bar, menunjukkan bahwa Alat Migrasi Data Pelanggan tidak dapat terhubung lagi.
MacRumors menghubungi beberapa sumber terpercaya di Penyedia Layanan Resmi Apple untuk mempelajari lebih lanjut, dan berdasarkan informasi yang kami peroleh, tampaknya alat ini tidak kompatibel dengan 2018 MacBook Pro dengan model Touch Bar.
Beberapa sumber mengklaim bahwa data tidak dapat dipulihkan jika papan logika telah gagal pada MacBook Pro 2018. Jika notebook masih berfungsi, data dapat ditransfer ke Mac lain dengan mem-boot sistem dalam Mode Disk Target , dan menggunakan Migration Assistant, yang merupakan proses standar yang bergantung pada port Thunderbolt 3.
Port pemulihan data kemungkinan dihapus karena 2018 MacBook Pro model fitur chip T2 kustom Apple , yang menyediakan enkripsi perangkat keras untuk penyimpanan SSD, seperti iMac Pro, kata sumber kami.
Panduan Kesiapan Layanan MacBook Pro 2018 internal Apple, yang diperoleh oleh MacRumors, menyarankan teknisi untuk mendorong pelanggan agar kembali ke Time Machine sering, dan kami sangat menyarankan mengikuti saran ini, karena sekarang tampaknya menjadi satu-satunya cara untuk melindungi data Anda dalam kejadian langka yang gagal MacBook Pro Anda.
MacRumors juga menegaskan bahwa dokumen internal Apple untuk Alat Migrasi Data Pelanggannya belum diperbarui untuk mencerminkan penggunaan dengan MacBook Pro 2018, dan tidak ada yang lain yang pernah kita lihat menguraikan solusi alternatif apa pun.
Meskipun Apple sendiri tidak dapat memulihkan data dari gagal 2018 MacBook Pro, Panduan Kesiapan Layanan menyatakan bahwa pelanggan dapat berkonsultasi dengan perusahaan spesialis pemulihan data, seperti DriveSavers, Knoll, Seagate, dan Payam, tetapi tidak jelas bagaimana mereka mungkin dapat membantu.
Kami telah menghubungi Apple untuk klarifikasi. Jika kami menerima informasi apa pun, kami akan memperbarui artikel ini dengan sesuai.
Sumber https://indoint.com/

0 comments:
Post a Comment