Home » » Mudah, Begini 3 Cara Agar Terbiasa Makan Sayur saat Sarapan

Mudah, Begini 3 Cara Agar Terbiasa Makan Sayur saat Sarapan

Posted by Flash Droid Pedia on Sunday, June 24, 2018

doktersehat-sarapan

DokterSehat.Com– Coba perhatikan seberapa sering Anda mengonsumsi sayur saat sarapan? Tidak hanya pada anak-anak, ternyata mengonsumsi sayur pada orang dewasa, apalagi saat sarapan, juga cukup sulit dilakukan, lho.

Hal ini sebenarnya wajar mengingat sarapan umum dilakukan pada waktu yang cukup terbatas, namun hal tersebut bukanlah sesuatu yang baik untuk dijadikan kebiasaan, ya.

Seperti yang kita tahu, kebutuhan serat harian orang dewasa bisa dipenuhi jika kita mengonsumsi sayur dan buah minimal lima porsi dalam sehari.

Angka tersebut bisa dipenuhi dengan mengonsumsi 2-3 porsi buah dalam sehari, yang setara dengan 3 buah apel ukuran sedang hingga besar, dan 2-3 porsi sayur.

sayuran-mentah-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

Untuk sayur, satu porsi termasuk cukup besar, yaitu setara dengan 5-10 sendok besar/ sendok sayur jenis sayur berdaun.

Agar mudah memenuhinya, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah mengusahakan konsumsi buah atau sayur pada setiap waktu makan, baik makan utama maupun camilan.

Untuk itulah pemilihan sayur saat sarapan akan sangat membantu kita memenuhi kebutuhan konsumsi buah dan sayur harian.

Lalu, bagaimana sih agar kita bisa terbiasa mengonsumsi sayur dan buah saat sarapan?

Ada beberapa cara mudah dan praktis yang bisa kita terapkan jika kita ingin terbiasa mengonsumsi sayur saat sarapan. Beberapa cara yang bisa kita lakukan, diantaranya adalah:

1.Ganti kebiasaan minum kopi atau teh dengan jus sayur

Cara mudah pertama adalah dengan menggnti jenis minuman Anda saat pagi hari. Usahakan Anda bisa memeuhi kebutuhan konsumsi serat dari sayur dengan membuat jus dari 1 porsi sayur.

Pilih sayur yang menyegarkan agar Anda bisa terhidarasi dengan baik di awal hari, jus bayam dengan madu atau timun dengan seledri tentu cukup praktis dan mudah untuk dibuat di pagi hari bukan?

doktersehat-sayur-sehat-jus

Tidak hanya nikmat dan mudah dibuat, jus dari sayur juga sangat bermanfaat karena mengandung vitamin, mineral, fitonutrien dan jenis serat yang lengkap dan akan membuat nafsu makan jadi lebih terkontrol sepanjang hari.

2.Pilih menu masakan yang menggunakan sayur

Salad sayur dengan daging dan kentang, nasi goreng dengan campuran mix vegetable, atau lontong dengan sayur labu siam yang disajikan dengan kuah santan encer, bisa Anda pilih sebagai menu sarapan yang menggunakan banyak sayur.

doktersehat-wanita-makan-salad-sayur-buah-tulang-gigi
Hal ini akan efektif membiasakan Anda untuk memilih menu makanan dengan sayur saat sarapan.

Meskipun sayur penting, jangan lupa pastikan juga bahwa sajian sarapan Anda harus tetap seimbang dan bervariasi.

Selalu sajikan sayur dengan makanan berkarbohidrat dan berprotein agar tubuh Anda siap memulai hari denga asupan gizi yang optimal.

3.Campurkan sayuran dalam olahan telur saat sarapan

Telur seakan telah menjadi primadona saat sarapan, ya. Hal ini tentu wajar mengingat telur merupakan bahan makanan yang sangat praktis diolah dan juga tetap bergizi.

Jika biasanya Anda menyajikan telur dengan sosis atau keju, maka kini ganti kebiasaan tersebut dengan menyajikan telur bersamaan dengan sayuran, ya.

doktersehat-telur-pisang-kuning
pic credit: dan zen

Tak sulit kok memilih dan membuat sajian telur dengan sayuran. Anda bisa mecampurkan telur dengan jamur, wortel atau sayur berdaun saat membuat omelet telur.

Menyajikan telur urik, mix vegetable dan kentang tumbuk dengan taburan bumbu lada dan bubuk bawang, juga tentu sangat praktis dan super sehat untuk memulai hari, bukan?

Nah, itu dia tiga cara mudah agar Anda bisa terbiasa mengonsumsi sayur saat sarapan. Kira-kira, dari 3 tips di atas, mana yang akan Anda coba terlebih dahulu?


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}