Home » » Ingin Diet Lebih Sukses Saat Puasa, Konsumsi 5 Buah Ini

Ingin Diet Lebih Sukses Saat Puasa, Konsumsi 5 Buah Ini

Posted by Flash Droid Pedia on Sunday, June 3, 2018

doktersehat pisang
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Beberapa orang umumnya takut mengalami kegagalan diet saat sedang puasa. Pasalnya jam makan akan berbeda dan waktu makanan terbanyak terjadi pada malam hari. Sementara itu saat malam hari kita cenderung pasif dan tidak melakukan apa-apa.

Dengan kondisi yang seperti ini mungkinkan diet untuk menurunkan berat badan bisa berhasil? Apakah makan terlalu malam tidak menyebabkan tubuh mengalami penambahan lemak yang masif? Jawabannya bisa ya dan tidak.

Nah, kalau Anda ingin tetap sehat saat puasa, nutrisi terpenuhi, dan diet berhasil hingga akhir, coba konsumsi beberapa buah di bawah ini saat berbuka atau untuk camilan sebelum tidur.

  1. Pepaya

Pepaya adalah salah satu buah yang memberikan rasa kenyang lebih cepat. Kandungan serat pada buah ini membuat Anda tidak perlu makan lagi ketika akan tidur sehingga timbunan lemak yang ada di dalam tubuh tidak bertambah.

Anda bisa menyiapkan pepaya segar untuk dikonsumsi secara langsung. Kalau Anda malas makan pepaya yang tidak diolah, boleh dibuat menjadi jus bersama dengan beberapa buah segar seperti jeruk dan juga apel.

Pepaya cocok untuk menu takjil karena bisa memberikan rasa kenyang instan sehingga Anda tidak kalap saat makan. Selanjutnya saat akan tidur dan merasa lapar, gunakan pepaya sebagai camilan sehat yang kaya akan vitamin C.

  1. Avokad

Salah satu buah terbaik untuk puasa yang bisa dikonsumsi kapan saja khususnya camilan malam adalah avokad. Anda bisa memakannya langsung tanpa campuran apa-apa atau mengolah dahulu menjadi jus yang segar dan mengenyangkan.

Avokad dipilih sebagai salah satu buah yang baik untuk diet karena kandungan lemaknya yang tinggi. Meski lemak cukup tidak direkomendasikan, lemak dari avokad justru baik untuk kesehatan jantung dan juga membantu Anda mendapatkan energi yang banyak.

Kalau Anda sedang menjalani diet rendah karbohidrat, avokad sangat cocok untuk mengganti kalori dari nasi. Selain itu, kandungan lemak yang banyak juga menyebabkan Anda mudah kenyang.

  1. Apel

Apel baik dikonsumsi sebagai pengganti takjil yang terlalu manis atau bersantan. Anda bisa mengonsumsi beberapa potong apel hijau sebagai ganjalan sementara dan membuat pencernaan menjadi lebih nyaman. Selanjutnya makanan lain bisa masuk tanpa ada rasa begah sama sekali.

Apel juga bisa dikonsumsi saat Anda mau tidur. Satu butir apel cukup untuk memberikan rasa kenyang karena kandungan seratnya cukup tinggi. Selain itu apel juga memberikan asupan vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh.

  1. Pisang

Pisang adalah salah satu super food yang harus ada saat puasa. Buah ini mengandung banyak karbohidrat kompleks yang akan memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu buah ini juga memberikan rasa nyaman pada perut sehingga cocok untuk makanan takjil.

Pisang bisa dimakan langsung saat masih segar. Kalau Anda tidak mau makan dalam kondisi segar pisang bisa diolah menjadi kolak, pisang bakar, atau makanan lain asal tidak ditambah gula berlebihan.

  1. Semangka

Semangka cocok untuk teman diet karena buah ini memiliki kandungan air yang besar sehingga bisa menghidrasi tubuh saat berbuka puasa. Selain itu rasa manis dari semangka juga membuat Anda lebih kenyang sehingga tidak akan makan terlalu berlebihan.

Semangka bisa dikonsumsi langsung setelah dipotong, dibuat jus, atau dicampur dengan buah lainnya dalam salad buah yang segar dan mengenyangkan.

Semoga ulasan tentang buah yang bisa membantu Anda diet saat puasa di atas bermanfaat!


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}