Home » » Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Sahur Agar Bisa Fokus Kerja Sepanjang Siang

Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Sahur Agar Bisa Fokus Kerja Sepanjang Siang

Posted by Flash Droid Pedia on Tuesday, May 22, 2018

doktersehat makanan baik untuk otak
photo credit: Pexels by Twenty20

DokterSehat.Com – Saat sedang puasa, pola makan dan pola tidur kita berubah cukup drastis. Pola tidur akan berkurang cukup banyak hingga 2-3 jam. Kita akan tidur lebih malam karena setelah berbuka puasa masih ada ibadah lainnya. Sementara itu saat dini hari, kita sudah harus bangun untuk sahur agar kuat menjalani puasa seharian.

Pola makan berubah cukup signifikan. Siang yang harusnya kita bisa makan sampai kenyang, kini harus menahan lapar hingga Magrib. Saat kerja kita tidak boleh mengonsumsi makanan dan minuman sehingga tubuh akan mengalami penurunan fungsi yang cukup besar. Saat bekerja kita akan sering gagal fokus sehingga pekerjaan harus dikerjakan dengan perlahan.

Masalah yang muncul di siang hari saat puasa

Masalah yang sering muncul di siang hari saat bulan puasa adalah rasa lemas yang cukup besar. Pada hari biasanya kita akan makan setiap 6 jam sekali. Saat puasa kita baru bisa makan setelah menahan lapar selama 13 jam lebih sedikit. Rasa lemas ini akan sering muncul saat siang dan membuat kita jadi gagal fokus saat mengerjakan apa pun.

Siang hari kita juga kerap mengalami pusing yang mendadak datang begitu saja. Rasa pusing ini bisa muncul karena perut sedang lapar atau karena tubuh mengalami dehidrasi yang cukup parah. Kondisi kekurangan cairan pada tubuh bisa mengurangi konsentrasi sehingga pekerjaan yang dilakukan sering mengalami gangguan.

Makanan yang bisa meningkatkan fokus

Agar tubuh bisa fokus saat bekerja karena nutrisi yang dibutuhkan telah terpenuhi, konsumsi beberapa makanan di bawah ini.

  1. Bayam

Sayuran hijau yang bisa diolah menjadi aneka makanan ini mengandung zat besi yang baik untuk darah. Mengonsumsi bayam akan membuat tubuh tidak mudah lemas karena anemia. Selanjutnya, sayuran ini juga mengandung lutein, folat, dan beta-karoten yang baik untuk menjaga sel-sel otak sehingga penurunan kualitas kerjanya bisa diminimalkan.

  1. Telur

Telur adalah salah satu bahan makanan yang mudah sekali didapatkan, murah, dan bisa diolah menjadi apa saja. Anda bisa menggoreng telur secara langsung untuk dimakan dengan nasi atau direbus dahulu untuk dimakan bersama makanan lain.

Bahan makanan ini mengandung cukup banyak nutrisi seperti lemak dan protein yang bisa memberikan energi pada tubuh. Selain itu terdapat pula omega-3 dan kolin yang bisa menutrisi otak dan meningkatkan daya ingat.

  1. Brokoli

Brokoli yang kita konsumsi saat sahur bisa memberikan asupan vitamin K dan Kolin yang bisa melindungi sel otak. Mengonsumsi brokoli secara rutin setiap hari bisa membuat konsentrasi meningkat dengan signifikan. Lebih lanjut, brokoli juga memberikan asupan energi cukup besar sehingga Anda tidak lemas saat siang hari.

  1. Avokad

Avokad mengandung nutrisi yang cukup besar untuk tubuh termasuk lemak sehat. Mengonsumsi avokad saat sedang sahur bisa membuat Anda kenyang lebih lama saat siang hari. Selain itu, buah ini juga mengandung cukup banyak vitamin yang bisa menjaga gula darah, kolesterol, dan meningkatkan aliran darah ke otak.

  1. Salmon

Salmon dipilih untuk menu sahur karena bahan makanan ini memiliki omega 3 yang tinggi. Kandungan asam lemak itu bisa mencegah otak dari peradangan dan meningkatkan kesehatannya. Mengonsumsi ikan salmon saat sahur bisa meningkatkan daya ingat sehingga konsentrasi kerja bisa meningkat signifikan.

Saat sahur Anda sering mengonsumsi apa? Adakah salah satu makanan di atas selalu ada untuk menemani santap sahur setiap harinya?


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}