Home » » Enak Sih, Tapi Buah Ini Sebaiknya Tidak Dijus

Enak Sih, Tapi Buah Ini Sebaiknya Tidak Dijus

Posted by Flash Droid Pedia on Wednesday, May 23, 2018

jus-alpukat-doktersehat
Photo Credit: flickr/ Kjokkenutstyr Net

DokterSehat.Com– Banyak orang yang mengaku malas mengonsumsi buah atau sayuran meskipun tahu bahwa makanan-makanan ini memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh dan mencegah penyakit. Biasanya, rasa dari sayuran dan buah yang tidak seenak makanan dari bahan hewani menjadi alasan utama mengapa kita malas untuk mengonsumsinya.

Demi mengakalinya, banyak orang yang memilih untuk membuat sayuran atau buah sebagai jus. Dengan mengonsumsi jus, maka kita bisa mengonsumsinya dalam jumlah yang lebih banyak. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, membuat jus dari buah atau sayuran tertentu ternyata justru bisa menurunkan manfaatnya.

Sebagai contoh, kita terbiasa mengonsumsi jus avokad yang memiliki rasa yang enak dan mengenyangkan. Sayangnya, membuatnya menjadi jus justru bisa membuat beberapa sarinya menghilang. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk membuat avokad menjadi smoothie yang jauh lebih sehat.

Beberapa buah lain yang sebaiknya tidak kita jus adalah buah apel dan nanas. Membuat jus dari buah apel dikhawatirkan akan membuat bijinya ikut terlarut di dalam jus yang kita konsumsi. Hal ini disebabkan oleh kandungan biji apel yang memiliki amygdalin yang bisa berubah menjadi racun jika dimetabolisme oleh sistem pencernaan. Sementara itu, buah nanas akan kehilangan kandungan serat dan vitaminnya jika kita ubah menjadi jus.

Sayuran yang kerap dijadikan jus adalah brokoli. Jika kita mengonsumsi sayuran yang kaya akan nutrisi dan vitamin ini dalam bentuk jus, maka kita akan lebih rentan terkena masalah perut kembung atau kram perut.

Konsumsilah buah dan sayuran tersebut dalam bentuk yang utuh saja agar bisa mendapatkan manfaat terbaiknya bagi kesehatan.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}