Home » » Cara Memperbaiki Windows Installer yang Rusak

Cara Memperbaiki Windows Installer yang Rusak

Posted by Flash Droid Pedia on Tuesday, November 13, 2018

Cara mudah memperbaiki dan mengatasi windows Installer yang rusak di laptop atau pc windows 7/8/8.1 dan windows 10 - Pernahkah Anda berfikir jika menginstal perangkat lunak dan komponen baru ke dalam komputer adalah aktivitas yang sangat beresiko. Selama bertahun-tahun, windows sendiri telah mengambil langkah untuk melindungi sistem komputer agar tetap aman ketika terjadi instalasi yang buruk, tetapi semua resiko kerusakan masih mungkin terjadi. Bahkan instalasi yang buruk bisa mengakibatkan kerusakan pada windows installer itu sendiri, sehingga akan mengakibatkan windows installer tidak berfungsi ketika Anda ingin memasang perangkat lunak yang baru. Tentu Anda akan merasa jengkel apabila hal ini terjadi karena akan selalu mengalami kegagalan saat melakukan instalasi. Lalu bagaimana pemecahan dari masalah ini? Berikut ini adalah cara memperbaiki windows installer yang rusak.

1. Memperbaiki Registry Keys yang Terindikasi Corrupted Melalui Microsoft Fix It Solution Center
Dalam beberapa kasus yang sudah ada, registry key adalah salah satu masalah yang membuat windows installer Anda rusak. Microsoft sendiri juga sudah mengatasi masalah ini dengan fasilitas perbaikan secara otomatis. Anda dapat mengunjungi Pusat Solusi Microsoft Fix it dan mempelajari tentang masalah yang Anda cari. Anda dapat mengetikkan pada kolom search dengan kata kunci "programs cannot be installed or uninstalled" tanpa tanda petik dan klik cari. Setelah Anda menemukan beberapa solusi terhadap masalah tersebut dan sudah diterapkan pada komputer Anda, maka restar ulang dan coba lakukan instalasi lagi perangkat lunak.

2. Memperbaiki Pembaruan Windows dengan Microsoft Fix It Solution
Jika Anda mengalami masalah khusus terhadap pembaruan windows, kunjungi Microsoft Fix Solution (sama pada poin 1) dan ketikan kata kunci pada penelusuran "Fix the problem with Microsoft Windows Update that is not working" tanpa tanda kutip. Pelajari semua masalah yang berhubungan dengan pembaruan windows untuk dapat memecahkah masalah ini.

3. Unregister dan Registrasi Ulang Windows Installer Anda
Unregister dan registrasi ulang windows installer adalah salah satu cara untuk membersihkan informasi data yang corrupted. Buka (Windows+R) dan ketikan "MSIEXE/UNREGISTER" tanpa tanda kutip ke bidang pencarian, lalu tekan OK/Enter. Kembali (Windows+R) lagi ke bidang pencarian dan kali ini ketik "MSIEXEX/REGSERVER" tanpa tanda kutip, dan bersihkan sistem registry.

4. Melakukan Modifikasi Registry
Jika Anda masih mengalami masalah dengan windows installer, Anda dapat memebersihkan beberapa data registry pada sistem yang mungkin penyebab dari rusaknya windows installer. Namun Anda harus berhati-hati, karena memodifikasi pengaturan registry yang tidak benar dapat membuat komputer Anda tidak dapat digunakan lagi. Sebelum melakukan ini, sebaiknya Anda membuat cadangan file untuk pemulihan sistem. Setelah semuanya siap, tekan tombol (Windows+R) dan ketik "regedit" tanpa tanda petik di kolom pencarian. Klik "Ya/OK" jika windows meminta izin Anda untuk melakukan perubahan registry editor pada komputer Anda.

Selanjutnya navigasikan ke direktori berikut ini: HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionInstaller Kemudian arahkan kesini: HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareMicrosoftUpdates. Klik pada folder "Update" → Klik dua kali pada tombol "UpdateExeVolatile" disisi kanan jendela→ masukan data sebagai "0" tanpa tanda kutip→ Klik OK. Restart komputer Anda dan coba lakukan pemasangan kembali untuk mengeceknya. Apabila cara diatas tidak berhasil, atau jika "UpdateExeVolatile Key" tidak ada, maka jangan terlalu dikhawatirkan karena "UpdateExeVolatile Key" berkaitan dengan instalasi perangkat lunak.

Selanjutnya Anda bisa menuju navigasi  berikut ini: HKEY_LOCAL_MACHINESystemCurrentControlSetControlSession Manager, Klik kanan pada tombol "PendingRenameOperations" disisi kanan jendela→ klik "Delete" dari menu dropdown→ kemudian konfirmasi "OK" ketika diminta. Restart komputer Anda dan coba lakukan pemasangan kembali untuk mengeceknya. Dan apabila cara diatas tidak berhasil, atau jika "PendingRenameOperations Key" tidak ada, maka jangan terlalu dikhawatirkan karena "PendingRenameOperations Key" berkaitan dengan instalasi perangkat lunak.

Selanjutnya Anda bisa menuju navigasi  berikut ini: HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionInstaller. Klik pada folder installer→ klik kanan tombol "InProgress" disisi kanan jendela→ klik "Delete" dari menu drop down→ kemudian konfirmasi "OK" ketika diminta. Restart komputer Anda dan coba lakukan pemasangan kembali untuk mengeceknya. Jika semua solusi diatas tidak berpengaruh terhadap perbaikan windows installer Anda, Maka restore kembali Komputer Anda melalui back up data yang dilakukan pada awal tutorial ini.
Langkah terakhir mungkin melakukan instal ulang terhadap komputer Anda atau Anda dapat memanggil teknisi komputer yang sudah mampu mengatasi masalah tersebut. Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki Windows Installer yang Rusak. Semoga Artikel ini dapat membantu Anda memecahkah masalah yang sedang Anda temui terhadap windows installer. Terimakasih :)

Sumber https://www.komputerwindows.org/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}