Home » » Turunkan Tekanan Darah dengan Menarik Napas

Turunkan Tekanan Darah dengan Menarik Napas

Posted by Flash Droid Pedia on Sunday, October 21, 2018

Doktersehat-infeksi-saluran-pernapasan-akut

DokterSehat.Com– Memiliki tekanan darah yang tinggi bisa memberikan dampak yang tidak baik bagi kondisi kesehatan tubuh. Jika dibiarkan, maka kita pun akan lebih berisiko terkena hipertensi, kondisi yang bisa berimbas pada datangnya penyakit jantung, stroke, hingga masalah kesehatan serius lainnya. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita untuk rajin-rajin melakukan pemeriksaan tekanan darah secara berkala. Jika memang tekanan darah dalam tubuh sudah dianggap berisiko, maka kita bisa segera mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Hanya saja, kita juga bisa melakukan hal yang sederhana untuk membantu menurunkan tekanan darah. Cara ini adalah dengan menarik napas dalam-dalam. Latihan yang sangat mudah untuk dilakukan ini ternyata bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks dan kita pun akan lebih mudah untuk menurunkan tekanan darah dengan efektif.

Dilansir dari Health Me Up, terdapat penelitian yang membuktikan manfaat latihan pernapasan ini dalam menurunkan tekanan darah dengan signifikan. Karena alasan inilah ada baiknya kita melakukannya setiap hari, apalagi jika pikran sudah mulai penat atau terkena stres. Dengan mengelola stres dengan lebih baik, maka kita tentu tidak akan mudah terkena peningkatan tekanan darah.

Sebenarnya, penjelasan yang paling mudah dari efek menarik napas dalam-dalam bagi tekanan darah adalah latihan ini mampu membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks. Selain itu, aktivitas ini sebenarnya juga mampu membantu proses pemecahan garam di dalam tubuh.

Sebagaimana kita ketahui, garam bisa memberikan efek meningkatkan tekanan darah dengan signifikan. Jika kita juga cenderung malas berolahraga, maka pola pernapasan di dalam tubuh memburuk sehingga organ ginjal kita pun mengalami tekanan dengan berlebihan untuk memproses garam. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita untuk menurunkan asupan garam dan rajin berolahraga jika memiliki tekanan darah tinggi dan ingin mencegah datangnya penyakit berbahaya.

Selain bisa menurunkan tekanan darah, menarik napas dalam-dalam juga bisa membantu memperlancar sirkulasi darah sehingga darah yang kaya akan nutrisi dan oksigen bisa mengalir ke berbagai penjuru tubuh. Hal ini akan berimbas pada hilangnya racun dari dalam tubuh dan akhirnya membuat tubuh menjadi lebih sehat.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}