Home » » Sejarah Fakta Jack’O Lantern, Lentera Halloween yang Ikonik

Sejarah Fakta Jack’O Lantern, Lentera Halloween yang Ikonik

Posted by Flash Droid Pedia on Monday, October 22, 2018

Sejarah & Fakta Jack’O Lantern – Halloween sendiri berasal dari kata “All Hallows’ Evening” yang berarti malam para kudus, malam untuk mengenang orang-orang yang telah meninggal. Salah satu ciri khas perayaan Halloween adalah kehadiran dekorasi lentera labu atau buah labu yang diukir berbentuk wajah monster yang menyeramkan. Labu khas Halloween ini sendiri dikenal dengan nama “Jack’O Lantern”.


Lalu, apa sebenarnya “Jack’O Lantern” ini dan bagaimana ia bisa menjelma menjadi ikon dari perayaan Halloween? Yuk, cari tahu lebih banyak mengenai sejarah dan fakta dari labu Halloween “Jack’O Lantern”!


Baca juga: 8 Mitos Malam Halloween Unik yang Buat Merinding


Sejarah Asal Mula Jack’O Lantern


 Salah satu ciri khas perayaan Halloween adalah kehadiran dekorasi lentera labu atau  Sejarah  Fakta Jack’O Lantern, Lentera Halloween yang Ikonik
Sumber gambar: Behance


Mengintip pada legenda dan cerita rakyat dari Irlandia, kehadiran “Jack’O Lantern” erat kaitannya dengan kisah Stingy Jack. Nama asli dari Stingy Jack sendiri adalah Jack, namun ia mendapatkan julukan tersebut karena sifatnya yang pemalas, pemabuk dan suka berbohong.


Suatu saat warga di desa tempat ia tinggal sudah tak tahan karena Jack kerap mecuri makanan mereka. Dikejar oleh warga-warga yang terbakar amarah, Jack berhasil selamat dengan bersembunyi di Goa.


Di Goa inilah Jack bertemu dengan Iblis yang hendak mencabut nyawanya. Namun, Jack memohon kepada Iblis tersebut untuk memberikannya kesempatan untuk mengembalikan semua hutangnya pada warga.


 Salah satu ciri khas perayaan Halloween adalah kehadiran dekorasi lentera labu atau  Sejarah  Fakta Jack’O Lantern, Lentera Halloween yang Ikonik
Sumber gambar: Pixabay


Sang Iblis akhirnya berhasil dibujuk dan menjelma menjadi uang-uang koin emas untuk dibagikan ke warga yang selama ini telah dibohongi oleh Jack. Namun, tentu saja hal ini juga merupakan salah satu satu tipu muslihat Jack, koin-koin tersebut kemudian ia kunci disebuah dompet bersama salib untuk mengurung sang Iblis.


Alhasil kini sang Iblislah yang memohon pada Jack untuk dilepaskan. Setelah berjanji untuk tidak mengambil roh Jack, iblis inipun dibebaskan. Tahun-tahun berlalu akhirnya Jack menua dan akhirnya meninggal. Namun, arwahnya terjebak dan gentanyangan di bumi karena rohnya tak bisa naik ke Surga, dan neraka juga tidak merimanya karena sang Iblis telah berjanji untuk tidak membawa Jack bersamanya.


Setelah itu Jack yang gentayangan di bumi kerap mengeluh karena gelapnya malam. Iblis yang ditipu Jack kemudian melemparkannya bara api neraka yang kemudian dimasukkan jack kedalam sebuah labu untuk dijadikannya lentera. Sejak saat itulah, ia mulai dikenal sebagai “Jack’O Lantern” dan sering dikait-kaitkan dengan perayaan Halloween di berbagai penjuru dunia.


 Salah satu ciri khas perayaan Halloween adalah kehadiran dekorasi lentera labu atau  Sejarah  Fakta Jack’O Lantern, Lentera Halloween yang Ikonik


Fakta Unik Jack’O Lantern


Merupakan Alat Penerangan Abadi untuk Arwah Jack’O Lantern


Seperti yang dijabarkan pada kisah diatas, Lentera Labu ini merupakan alat penerangan untuk “Jack’O Lantern”. Terbuat dari bara api neraka, cahaya pada lentera labu ini tak akan pernah padam.


Penggunaan labu sendiri dipercaya karena buah labu merupakan makanan kesukaannya. Kini ia menggunakan lentera ini untuk menemukan tempat peristirahatan terakhir untuknya.


Digunakan untuk mengusir Roh Jahat


Meskipun merupakan alat penerangan roh “Jack’O Lantern”, penggunaan lentera labu yang diukir menyerupai kepala ini justru awalnya digunakan masyarakat Irlandia untuk mengusir roh-roh jahat yang keluar pada saat Halloween, termasuk arwah “Jack’O Lantern”.


Sempat menggunakan Lobak


Meskipun labu sudah sangat erat dengan citra “Jack’O Lantern”, menurut sejarah seni mengukir labu yang pertama kali berasal dari Irlandia awalnya justru menggunakan bahan berupa lobak. Akan tetapi, ukuran lobak yang terlalu kecil dan lebih sulit untuk

diukir, mulai populerlah penggunaan Labu sebagai penggantinya.


Baca juga: Makanan Khas Halloween dari Berbagai Negara


Unik dan menarik sekali bukan kisah “Jack’O Lantern” si lentera Labu khas Halloween ini. Tertarik ikut hadirkan dekorasi labu untuk perayaan Halloween tahun ini? Yuk, temukan berbagai perlengkapan kerajinan terlengkap untuk buat dekorasi Halloween di Tokopedia! Sempurnakan juga perlengkapan Halloween dengan kostum-kostum Halloween kekinian dan juga make-up untuk riasan Halloween terbaikmu!


 Salah satu ciri khas perayaan Halloween adalah kehadiran dekorasi lentera labu atau  Sejarah  Fakta Jack’O Lantern, Lentera Halloween yang Ikonik



Sumber https://dennypedia.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}