Home » » Cara Merubah Tampilan Termux di Android

Cara Merubah Tampilan Termux di Android

Posted by Flash Droid Pedia on Sunday, October 7, 2018

Bagi Anda pemilik smartphone yang ingin menjalankan beberapa aplikasi menggunakan Linux, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk menjalankan perintah Linux. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Termux di android. Meskipun tampilan Termux sangatlah sederhana, Anda bisa mengubah menjadi lebih berwarna. Di bawah akan ada tutorial cara merubah tampilan Termux di android.


Sebelum menuju ke tutorial cara mengubah termux ke android, terlebih dahulu Anda harus memahami apa itu Termux dan apa saja manfaatnya. Ketika menggunakan smartphone android, Anda bisa menjalankan perintah Linux dengan beberapa aplikasi yang bisa diunduh secara gratis di Play Store. Salah satunya adalah Termux.


 yang ingin menjalankan beberapa aplikasi menggunakan Linux Cara Merubah Tampilan Termux di Android


Apa itu Termux?


Termux merupakan salah satu aplikasi terminal Linux di android yang cukup lengkap. Aplikasi ini mampu digunakan pada perangkat berarsitektur 32 dan 64 bit. Dan menariknya aplikasi Termux bisa dijalankan minimal android versi 5.0 (lolipop). Termux sendiri mampu menjalankan perintah Linux dengan menggunakan baris perintah yang mirip dengan Linux yang ada dalam PC.


Termux juga mampu digunakan oleh sebuah perangkat yang memiliki akses root, maupun yang tidak memiliki akses root. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk memilih Termux dibandingkan dengan Gnu Root untuk menjalankan Linux di android. Hal ini dikarenakan untuk menjalankan perintah Linux di android lebih cepat menggunakan Termux dibanding dengan Gnu Root.


Bagi Anda yang tertarik menggunakan Termux, Anda bisa menginstal aplikasi ini di Play Store ataupun f-droid. Saat menginstal Termux untuk pertama kalinya, Anda akan melihat kecepatan yang ditunjukkan Termux dibanding ketika Anda menginstal Gnu Root. Jika Gnu Root membutuhkan waktu instal lebih dari 5 menit, dengan Termux membutuhkan waktu kurang dari 1 menit.


Fungsi dan Kegunaan Termux


Termux merupakan aplikasi yang menggunakan base debian dan penggunaannya bisa disesuaikan dengan jaringan. Termux sendiri tidak banyak kostumisasi dan Anda bisa menginstal beberapa distro linux lainnya. Seperti uBuntu, Kali Linux, Fefora, Red Hat, Arch Linux, dan Blackarch Linux.


Beberapa fungsi Termux diantaranya:



  1. Termux sebagai SSH client

  2. Termux digunakan sebagai aplikasi editor berbasis terminal Linux pada android

  3. Termux dapat digunakan untuk keperluan hacking

  4. Termux sebagai local server

  5. Termux digunakan untuk menjalankan Phyton, PHP, Perl, dan Ruby

  6. Ternux bisa digunakan sebagai salah satu media untuk berinternet

  7. Termux juga bisa digunakan untuk membobol jaringan


Meskipun banyak fungsi yang bisa didapatkan dari Termux, tetapi tampilan Termux sangatlah sederhana. Mungkin tampilan Termux ini akan membuat Anda sedikit bosan. Sehingga Anda memerlukan cara merubah tampilan Termux di android.


Cara Mengubah Tampilan Termux di Android


Meskipun memiliki tampilan sederhana, Termux sendiri sudah memiliki Add On yang akan mempermudah kostumisasi. Beberapa kostumisasi yang bisa dilakukan adalah mengubah font, background, dan lain-lain. Hanya saja untuk bisa menikmati hal tersebut, Anda diharuskan mengeluarkan biaya berlebih untuk bisa menikmati kostumisasi tersebut.


Adanya perintah yang dijalankan untuk distro debian pada Termux akan membedakan perintah user root dan instalansi apletnya. Anda akan menemukan berbagai perintah apt-get instal (nama aplet), maka pada Termux Anda akan menemukan perintah apt instal (nama aplet) ataupun perintah pkg instal (nama aplet).


Bagi Anda yang menginginkan tampilan Termux di android lebih berwarna, Anda bisa mengubah tampilan Termux dengan menginstal Figlet dan ncurses-utils. Selain itu, Anda juga bisa mengubah kostumisasi Termux di android dengan melakukan beberapa langkah di bawah ini:



  1. Untuk mengubah tampilan Termux menjadi lebih berwarna, Anda harus menginstal beberapa aplet di bawah ini.

     yang ingin menjalankan beberapa aplikasi menggunakan Linux Cara Merubah Tampilan Termux di Android


  2. Setelah Anda menginstal aplet-aplet tersebut, Anda bisa menambahkan beberapa kode berikut ini.

     yang ingin menjalankan beberapa aplikasi menggunakan Linux Cara Merubah Tampilan Termux di Android


  3. Lalu Anda bisa menekan tombol vol bawah + X dan tekan tombol ‘y’ dan enter. Anda juga bisa menggunakan tombol ctrl jika smartphone Anda memiliki tombol tersebut, caranya tekan tombol ctrl + X, lalu tekan tombol ‘y’ dan enter.


Cara merubah tampilan Termux di android tersebut akan mempercantik tampilan Termux yang dominan dengan kode dan hanya berwarna hitam putih saja. Dengan cara tersebut Anda akan memperoleh tampilan yang lebih berwarna dan memiliki gambar yang lucu.


Pencarian Terkait :

cara merubah tampilan termux seperti komputer, cara mengganti background termux
Sumber https://indoint.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}