Home » » Berkeringat Saat Tidur, Berbahayakah?

Berkeringat Saat Tidur, Berbahayakah?

Posted by Flash Droid Pedia on Thursday, October 25, 2018

kebiasaan-sebelum-tidur-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Terkadang saat kita bangun tidur, kita menemukan sprei atau kasur kita basah karena kita mengeluarkan banyak keringat di malam hari. Sebenarnya, apakah hal ini menandakan adanya masalah kesehatan yang serius?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa penyebab utama dari keluarnya keringat saat kita tidur malam adalah suhu udara atau ruangan yang cukup panas. Secara alami, tubuh akan mengeluarkan keringat demi menurunkan suhu internal tubuh.

Saat kita tidur, sistem saraf kita sebenarnya masih aktif dan mengelola suhu internal tubuh, denyut jantung, tekanan darah, dan hal-hal lainnya. Jika sampai kita terpapar suhu udara yang cukup panas di malam hari, maka tubuh akan secara alami mengeluarkan keringat demi mengimbanginya sehingga organ-organ atau berbagai sistem di dalam tubuh tetap dalam kondisi normal.

Sayangnya, terkadang berkeringat saat tidur disebabkan oleh ganguan tidur, termasuk diantaranya adalah sleep apnea. Kondisi sleep apnea menyebabkan penderitanya mengalami gangguan pernapasan saat tidur. Hal ini akan membuat tubuh kekurangan asupan oksigen dengan cukup dan akhirnya membuat jantung berdegup dengan lebih kencang layaknya sedang berolahraga. Kondisi ini akhirnya berimbas pada keluarnya keringat dalam jumlah yang banyak.

Sleep apnea bisa terjadi pada kaum pria, khususnya yang berusia dewasa. Kaum hawa, khususnya yang sudah berada dalam fase menopause juga rentan untuk mengalami gangguan tidur ini mengingat terjadi perubahan kadar hormon estrogen dan progesterone di dalam tubuh dengan signifikan.

Mereka yang hobi mengonsumsi minuman beralkohol ternyata juga lebih rentan untuk berkeringat saat tidur. Hal ini disebabkan oleh kandungan di dalam alkohol yang bisa melemaskan otot dan mengganggu saluran pernapasan. Kondisi ini bisa berimbas pada munculnya sleep apnea. Selain minum alkohol, gangguan kecemasan juga bisa menyebabkan efek yang sama.

Beberapa masalah kesehatan lain yang bisa menyebabkan munculnya keringat saat tidur adalah infeksi seperti tuberkulosis, kondisi hipertiroidisme, kondisi hipoglikemia yang terkait dengan diabetes, gangguan saraf, dan konsumsi obat-obatan tertentu. Melihat adanya fakta ini, jika memang suhu udara di malam hari tidak panas namun kita tetap berkeringat saat tidur, ada baiknya kita memeriksakan kondisi ini ke dokter.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}